1. Welcome, Guest
    Sekolah Blogger adalah sebuah situs yang didedikasikan bagi anda yang ingin mempelajari lebih lanjut seputar cara mendapatkan penghasilan di internet, terutama Blog.
    Dismiss Notice

Panduan CARA MENDAPATKAN UANG dari BLOG untuk PEMULA

Anak_Baru1Jun 15, 2016

Tags: Add Tags
  1. Anak_Baru1

    Anak_Baru1 Member

    Messages:
    294
    Like Diterima:
    7
    Trophy Points:
    18
    Joined
    Feb 14, 2016
    Bagi kaum awam, blog tidak lebih dari sebuah wadah yang dijadikan sebagai sumber informasi, baik itu tutorial, ilmu pengetahuan, info menarik, game dan hal hal lainnya. Namun pernahkan Anda berfikir kalau ngeblog itu dapat dijadikan sebagai sumber penghasilan?

    Kebanyakan orang menjawab "tidak".

    Akan tetapi, mau percaya atau tidak, ngeblog itu dapat dijadikan sebagai sumber penghasilan bagi Anda yang hobi nge-net atau mungkin menulis artikel.

    Tidak ada modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis ini, hanya dengan bermodalkan koneksi Internet dan sebuah PC atau laptop, Anda sudah dapat mulai ngeblog.
    Sejujurnya, pada awalnya saya juga sempat berfikiran hal yang sama. Namun seiring dengan berjalannya waktu, saya mulai serius untuk ngeblog dan walaupun sedikit, blog yang saya kelola kini telah mulai menghasilkan uang.

    Jika Anda merupakan seorang pemula, pastinya ada sejumlah keraguan yang membuat Anda ragu, apakah benar ngeblog dapat menghasilkan uang?

    [​IMG]
    Sama seperti halnya Anda, pertanyaan pertanyaan tersebut selalu membayang bayangi saya, antara lanjut atau tidak (ngeblog).

    Jika Anda mengalami hal yang sama, saya akan mencoba mengulas sejumlah pertanyaan yang biasa ditanyakan orang awam tentang bagaimana cara membuat sebuah blog yang dapat menghasilkan uang.

    Sebelumnya, saya mau memperkenalkan diri terlebih dahulu...

    Perkenalkan, saya adalah seorang remaja yang baru saja lulus dari SMK jurusan TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan) angkatan 2015/2016, dan tak tahu harus melanjutkan untuk bekerja atau kuliah, Anda bisa berkata kalau saat ini saya masih berstatus PENGANGGURAN. Namun di waktu senggang, saya biasa mengisi waktu luang dengan cara mengisi blog yang saya kelola, yang juga merupakan sumber penghasilan saya selagi masih belum mendapatkan pekerjaan tetap.

    Namun jangan salah sangka dulu, walaupun hanya digunakan untuk mengisi waktu luang, saat ini blog yang saya kelola telah berhasil menghasilkan penghasilan yang sudah cukup untuk menghidupi kehidupan sehari hari dan kedepannya, saya berencana untuk mengumpulkan penghasilan yang saya dapatkan dari blog untuk melanjutkan studi ke bangku kuliah.
    Walaupun saat ini penghasilan yang didapat masih dapat dikatakan lebih kecil dari gaji PNS, setidaknya penghasilan yang didapat akan terus bertambah seiring dengan berjalannya waktu, mengingat saya sendiri masih tergolong kedalam kategori "pemula" dan baru memulai belajar menggunakan blog sebagai sumber penghasilan sejak awal tahun 2014 dan baru bisa menghasilkan uang pada pertengahan 2015.

    Seperti yang saya sebutkan diatas, tidak ada modal yang diperlukan untuk dapat memulai karir sebagai seorang blogger, hanya dengan bermodalkan laptop/PC dan koneksi Internet, Anda sudah dapat memulai membuat sebuah blog yang dapat menghasilkan uang. Tidak punya koneksi Internet? Silahkan nyolong wifi tetangga.

    Sebelum Anda mulai belajar untuk dapat menghasilkan uang dari blog, ada baiknya Anda mempelajari hal hal dasar perlu diketahui untuk dapat membuat blog yang Anda kelola dapat dijadikan sebagai pundi pundi uang. Tahu apa saja itu? Berikut saya ulasannya:

    # Dasar : Hal hal dasar yang wajib dimiliki dan diketahui untuk dapat menghasilkan uang dari blog
    Pada bagian ini, saya akan mencoba menjelaskan apa saja hal hal perlu Anda ketahui dan butuhkan untuk dapat menghasilkan uang dari blog, jika Anda memang merupakan seorang pemula yang masih sangat sangattt SANGATTT awam tentang monetize blog, sangat direkomendasikan untuk membaca bagian ini untuk mengetahui bagaimana mekanisme dasar dalam bidang monetize blog.

    Barang kali, bagian dari ulasan ini dapat membantu Anda untuk menghilangkan keraguan keraguan yang Anda miliki sebelum membangun sebuah blog yang dapat menghasilkan uang.

    Berikut ulasannya:

    Sebuah blog
    Siapkan senjata sebelum perang

    Untuk memulai karir sebagai seorang blogger, Anda pastinya membutuhkan sebuah blog.

    Jika Anda baru saja memulai menjadi seorang blogger, Anda dapat membuat blog gratis dengan menggunakan platform Blogger.com atau Wordpress.Com, dan jika Anda sudah cukup jago, Anda dapat beralih untuk menghosting web Anda secara mandiri.

    Untuk dapat membuat sebuah blog, Anda tidak memerlukan pengetahuan programming, jadi bagi Anda yang sangat asing dengan bahasa pemprograman, Anda tidak usah khawatir, karena hal yang perlu Anda lakukan hanyalah perlu menuliskan artikel (blog dan tampilan situs sudah langsung siap untuk pakai), namun akan lebih baik lagi jika Anda paham dengan beberapa bahasa pemprograman web, seperti HTML, CSS, jQuery, JavaScript untuk mempermudah memodifikasi situs sesuai keinginan Anda.

    Sebagai langkah awal, silahkan tentukan jenis blog yang ingin Anda buat. Jika Anda merupakan seorang pemula, saya sangat menyarankan untuk memulai dengan membuat blog gratis.
    Membuat blog gratis
    Untuk membuat sebuah blog secara gratis, Anda dapat memanfaatkan platform Blogger.com atau Wordpress.com (free).

    Silahkan pilih platform blog sesuka Anda, namun saya sendiri lebih menyarankan membuat blog dengan platform Blogger.com, karena dalam hal pemakaian, Blogger.com lebih mudah dipakai dibanding Wordpress.com.
    Selain itu, dengan menggunakan platform Blogger.com, peluang Anda mendapatkan penghasilan lebih besar dari Wordpress.com, dikarenakan dengan menggunakan platform Blogger, Anda dapat mendaftarkan blog ke Google Adsense, sedangkan untuk wordpress tidak.
    Membuat blog berbayar
    Berbeda dengan blog gratis, jika Anda ingin membuat blog secara berbayar, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan. Diantaranya:
    • Domain
      Domain adalah sebutan lain untuk nama/alamat situs (example: blogku.com)
      Dan untuk mendapatkan domain, Anda dapat membelinya di provider hosting yang menyediakan registar domain.
    • Hosting
      Hosting adalah sebutan lain untuk server yang digunakan untuk menampung data web.
    • Content Management System (CMS)
      Content Management System adalah sebuah software yang memudahkan Anda untuk mengelola situs Anda.
    Jika Anda sudah menentukan jenis blog yang Anda buat, silahkan perhatikan poin berikutnya sebagai dasar dalam pembuatan blog.

    Menentukan topik yang dibahas di blog
    Sebelum memulai menjalankan blog Anda, silahkan pilih topik yang ingin dibahas di blog, hal ini dilakukan agar blog Anda dapat berjalan ke arah yang pasti dan dapat menargetkan audiance sesuai sasaran dan juga mempermudah Anda dalam mengelola blog itu sendiri.

    Sebagai contoh, jika Anda ahli dalam bidang photoshop, silahkan buat blog yang bertopik photoshop, dengan menuliskan artikel yang dibuat berdasarkan pengalaman dan pengetahuan pribadi, Anda tidak perlu pusing untuk membuat artikel apa saja yang harus dimuat di blog, karena Anda hanya perlu menuliskan apa saja yang Anda tahu dan membagikannya di blog Anda, tanpa harus mencontek dari blog lain (melakukan copy-paste)


    Tekad dan rasa sabar
    Perlu Anda ketahui, tidak sedikit orang yang ingin mencoba menghasilkan uang dari blog berakhir dengan menyerah di tengah jalan, tanpa pernah merasakan uang dari blog yang mereka kelola. Kenapa hal itu dapat terjadi?

    Kebanyakan dari mereka yang gagal menghasilkan uang dari blog itu disebabkan karena tekad dan rasa sabar yang kurang. Blogging bukanlah sebuah pekerjaan yang dapat dilakukan secara instan.

    "Buat blog langsung bisa dapat duit"

    Itu salah!

    Jujur saja, saya sendiri membutuhkan waktu kurang lebih setahun untuk membuat blog ramai pengunjung dan mulai mendapatkan penghasilan.
    Dalam kurun waktu tersebut, saya mempelajari banyak hal dalam bidang monetize blog, mulai dari metode untuk mendapatkan uang dari blog, teknik meningkatkan pengunjung blog, SEO, dan masih banyak hal lainnya.
    Jadi jika Anda ingin mendapatkan uang dalam jumlah banyak dalam waktu singkat, sepertinya nge-blog bukanlah pilihan yang tepat.

    Ngeblog tidak dapat dilakukan secara instan
    Sepertinya halnya memakan telur, sebelum memakannya, Anda harus memecahkan cangkangnya terlebih dahulu, karena semua membutuhkan proses.

    Ketika Anda membuat sebuah blog, Anda tidak bisa begitu saja membuat blog tersebut menghasilkan uang, dibutuhkan sejumlah proses yang harus dilalui untuk dapat mencapai hal tersebut.

    Seperti halnya saya yang membutuhkan waktu lebih dari setahun untuk membangun blog yang layak untuk dibaca, baru setelah itu blog dapat menghasilkan penghasilan.

    Di luar sana, mungkin banyak beredar artikel yang membahas tentang bagaimana menghasilkan ratusan juta dari blog dalam hitungan bulan, namun ada baiknya Anda tidak begitu saja dengan artikel tersebut, karena kebanyakan dari mereka hanya bait yang bertujuan agar artikelnya banyak dibaca.

    Padahal dalam realitanya, blog berumur setahun saja belum tentu dapat menghasilkan seperser uangpun jika dikembangkan dengan cara yang salah.

    Maka dari itu, jika Anda memikirkan bahwa Anda dapat menghasilkan banyak uang dalam waktu singkat dengan cara ngeblog, Anda salah.

    Mengetahui bahwa yang ingin menjadi sukses (dalam dunia blogging) bukan hanya Anda
    Ngeblog itu kurang lebih sama dengan halnya pekerjaan fisik di dunia nyata, dimana selalu ada pesaing yang siap bersaing dengan Anda untuk dapat mendapatkan yang terbaik.

    Untuk memenangkan persaingan, Anda harus rajin dan tekun untuk mengisi blog dengan artikel artikel baru untuk dapat memenangkan persaingan di mesin pencari agar mendapatkan lebih banyak pengunjung.

    Pengetahuan dasar: semakin banyak pengunjung yang mengunjungi blog Anda, semakin banyak pula penghasilan didapat
    Jika Anda bertanya, bagaimana cara meningkatkan penghasilan blog, maka jawabannya adalah tingkatkan volume pengunjung yang mengunjungi blog Anda.

    Dalam dunia blogging, sebelum mendapatkan uang, Anda wajib untuk membuat blog yang Anda kelola ramai dikunjungi pengunjung.

    Hal ini dilakukan agar blog Anda mendapatkan popularitas dan jika nantinya blog telah dipasangi iklan, banyak orang yang akan melihat iklan tersebut, dan semakin banyak orang yang melihat iklan tersebut, semakin banyak pula Anda mendapatkan penghasilan.
    Anda hanya perlu mendaftar di jaringan pengiklan, mendaftarkan blog Anda disana dan memasang script iklan di blog, dengan begitu Anda akan mendapatkan sumber penghasilan dari memasang iklan.

    Gak juga. Gampang kok!

    Untuk selengkapnya, nanti akan saya jelaskan di bagian # Mulai melakukan monetize blog

    Siapa yang akan membayar dan bagaimana cara uang agar sampai di tangan saya?
    Ya tergantung bagaimana cara Anda melakukan monetize blog.

    Saya sendiri melakukan monetize blog dengan cara memasang iklan Google Adsense, dengan kata lain, pihak yang memberikan saya gajian adalah Google.
    Jika Anda memasang iklan Google Adsense seperti halnya saya, uang gajian dapat dikirimkan langsung melalui rekening bank lokal.
    Namun perlu Anda tahu, ada banyak cara untuk dapat membuat blog dapat menghasilkan uang.

    Jika misalkan Anda memasang iklan selain iklan Google Adsense, bisa saja metode pembayaran dengan mengirimkan uang langsung ke rekening bank tidak tersedia.

    Namun sebagai gantinya, seiring dengan berjalannya waktu, dengan perkembangan teknologi yang pesat, kita dapat menyimpan uang di penyimpanan uang virtual, seperti paypal, payza, payooner, webmoney, dan masih banyak lainnya.
    Kemudian, uang dari penyimpanan uang virtual tersebut, sebagai contoh PayPal, dapat dicairkan ke rekening bank lokal.
    Kurang lebih, inilah skema mekanisme kerja mendapatkan uang dari blog dengan cara memasangkan iklan:

    Buat blog--> Mendaftar di sebuah jaringan pengiklan---> Memasang script iklan di blog---> Uang dikirimkan ke penyimpanan uang virtual (PayPal, Payza, Payooner, dan lain lain)--> Mencairkan uang ke rekening bank

    Namun perlu diketahui, memasang iklan di blog bukan lah satu satunya cara untuk dapat mendapatkan uang dari blog, jika Anda cukup cerdik dan pintar mencari peluang, ada banyak metode yang dapat dilalui untuk dapat menghasilkan uang dari blog.

    Untuk selengkapnya, silahkan baca bagian # Mulai melakukan monetize blog

    Berapa banyak penghasilan yang saya dapatkan dari ngeblog?
    Tergantung dari usaha yang Anda lakukan, semakin besar usaha yang Anda lakukan, semakin besar pula hasil yang Anda dapat, sebaliknya, jika Anda hanya setengah setengah setengah dalam mengembangkan blog, jangankan dapat uang sejuta per bulan, dapet 500 perak aja udah beruntung banget.

    Percaya tidak percaya, silahkan Anda buktikan sendiri.

    # Mulai melakukan monetize blog

    Setelah Anda memantapkan diri Anda, perasaan ragu telah tersingkirkan, mari kita berlanjut dengan belajar bagaimana cara menjadikan blog Anda sebagai sumber penghasilan.

    Untuk dapat menjadikan blog sebagai sebuah sumber penghasilan, ada beberapa metode umum yang biasa dilakukan seorang blogger agar blog yang dikelolanya dapat dijadikan sebagai pundi pundi uang. Berikut diantaranya

    Mengikuti program Google Adsense
    Google Adsense adalah sebuah jaringan pengiklan berbasis PPC (Pay per Click) yang menghubungkan antara pengiklan (advertiser) dan penerbit (publisher).

    Bagi seorang blogger sendiri, Google Adsense dapat dijadikan sebagai sumber penghasilan yang menjanjikan, mengingat Adsense berada di bawah naungan Google yang terkenal professional dan sudah dipercaya di seluruh dunia.
    Untuk dapat mendapatkan pendapatan dari Google Adsense, Anda harus mendaftarkan blog Anda ke Google Adsense dan memasang iklan yang mereka berikan di blog Anda. Selain dengan menggunakan blog, mendaftar Google Adsense juga dapat dilakukan dengan menggunakan Channel YouTube.
    Jika Anda sudah memasang iklan Google Adsense di Blog, Anda akan dibayar sesuai dengan banyaknya pengunjung yang mengklik iklan tersebut. Dengan kata lain, semakin banyak orang yang mengklik iklan yang terpasang di blog Anda, semakin banyak pula penghasilan yang Anda dapat.

    Google akan memberi Anda komisi Rp.400 hingga Rp.1000 untuk setiap klik yang terjadi pada iklan. Misalkan ada 1 pengunjung mengklik iklan yang terpasang di blog Anda, Anda akan diberikan bayaran Rp.400, jika ada 2 orang yang mengklik iklan, Anda mendapat Rp.800, jika ada 3 orang yang mengklik iklan, Anda mendapat Rp.1200, dan seterusnya.

    Sederhananya, semakin banyak orang yang mengklik iklan di blog Anda, semakin banyak pula pendapat yang didapat.
    Anda akan dapat melakukan gajian ketika saldo akun Google Adsense Anda mencapai nominal $100 atau setara dengan 1,3 juta IDR. Ketika nominal tersebut sudah terpenuhi, Anda dapat mencairkan pendapatan melalui 3 metode pembayaran yang disediakan, yakni Wire transfer (langsung ke rekening bank), Western Union, dan cek.
    Akan tetapi, untuk dapat menjadi publisher Google Adsense tidaklah mudah, hanya blog blog dengan artikel dan konten berkualitas sajalah yang akan diterima untuk menjadi publisher dan menayangkan iklan mereka. Jadi, jika konten yang disajikan di blog Anda tidak berkualitas, besar kemungkinan blog Anda akan ditolak menjadi publisher.
    Memasang iklan PPC, CPM, CPA dan lain sebagainya
    Bagi sebagian orang, mendaftar Google Adsense adalah hal yang sulit untuk dilakukangan dan sering kali berakhir dengan penolakan. Namun jangan khawatir, karena masih ada jalan alternatif untuk dapat membuat blog Anda menghasilkan uang.

    Sama halnya dengan Google Adsense, kita disini akan memasang iklan yang diberikan dari jaringan pengiklan. Namun sebelumnya, silahkan pelajari istilah istlah mekanisme pembagian komisi berikut ini:
    Apa itu iklan PPC?
    PPC atau Pay per Click adalah sebuah metode pembagian komisi dimana Anda akan dibayar sesuai dengan banyaknya pengunjung yang mengklik iklan di blog Anda.
    Jaringan pengiklan PPC: Kliksaya, Idblognework, Google Adsense, dan lain lain
    Apa itu iklan CPM?
    CPM atau Cost per Mile adalah sebuah metode pembagian komisi dimana Anda akan dibayar sesuai dengan banyaknya pengunjung yang melihat iklan di blog Anda.
    Jaringan pengiklan CPM: PopCash, PopAds, PropellerAds, Exoclick, PopMyAds, Clickadu, dan lain lain
    Apa itu iklan CPA?
    CPA atau Cost per Action adalah sebuah metode pembagian komisi dimana Anda akan dibayar sesuai dengan banyanya aksi yang dilakukan pengunjung terhadap iklan. Aksi disini mencangkup mendaftar di sebuah situs, mengikuti survey, memainkan game, dan lain lain
    Jaringan pengiklan CPA: Innity
    Apa itu iklan CPI?
    CPI atau Cost per Install adalah sebuah metode pembagian komisi dimana Anda akan dibayar sesuai dengan banyaknya software yang diinstal pengunjung melalui iklan/link di blog Anda (sangat cocok untuk blog download)
    Jaringan pengiklan CPI: Anizan, Boostads, Uc Union
    Setelah Anda menentukan ingin memasang iklan apa itu blog Anda, langsung saja daftarkan blog Anda di salah satu jaringan pengiklan tersebut, pasang script iklan di blog dan dapatkan penghasilan.

    Untuk metode pembayarannya, hampir semua jaringan pengiklan support dengan metode pembayaran PayPal. Untuk info selengkapnya, silahkan cari informasi dari masing masing jaringan pengiklan yang ingin Anda pasang di blog (yang Anda kelola) di Google.

    Menyediakan jasa atau produk sendiri
    Bagi kamu yang membahas hanya 1 topik di blog yang kamu kelola, mendapatkan pendapatan dengan menyediakan jasa adalah hal yang sangat dapat dilakukan. Dengan catatan, blog yang Anda kelola sudah populer dan trusted (terpercaya) dalam bidang yang dibahas di blog.

    • Jago dalam bidang SEO: Membuat jasa submit backlink, membuka jasa SEO, melakukan optimasi seo pada situs client, konsultasi blog, dan lain lain
    • Jago dalam bidang programing web: Menawarkan modifikasi web, menjual plugin premium (contoh: plugin wordpress), menjual template, dan lain lain
    • Jago dalam bidang management server: Menawarkan jasa manage VPS, membuka usaha web hosting, jasa migrasi dari shared hosting ke vps dan lain lain
    • Jago dalam bidang design: Menjual gambar vector, mendesain logo, dan lain lain
    • Jago dalam bidang photoshop: Menawarkan jasa edit foto
    • Jago dalam bidang menulis: Membuka jasa penulisan artikel
    Sebagai contoh, jika Anda cukup mahil di dalam bidang programing web, sebagai contoh membuat template blog, Anda dapat menjual template tersebut di template marketplace terbesar di dunia saat ini, yang tak lain adalah themeforest.net, tak hanya template, disana Anda juga dapat menjual berbagai macam software yang berhubungan dengan web development, seperti plugin, cms, script, dan masih banyak lainnya.

    Anda hanya perlu memajang template Anda disana dan tunggu sampai ada orang yang membeli produk, dan penghasilan akan otomatis mengalir ke akun PayPal Anda, tentunya, karena Anda menumpang menjual produk di situs tersebut, Anda akan dikenakan sejumlah potongan (pembagian komisi antara penjual dengan pengelola situs).

    Sebagai gantinya, peluang produk terjual sangatlah besar.

    Mengikuti program afiliansi
    Afiliasi adalah cara menghasilkan uang dengan cara kita bergabung sebagai pemasar produk (affiliate marketers) kepada pemilik produk (affiliate merchant) untuk menjualkan produknya dan kita dibayar setelah berhasil menjual produk milik affiliate merchant tersebut

    Sederhananya, kita akan diminta untuk mempromosikan produk penjual di blog dan jika misalkan ada orang yang membeli produk melalui link/iklan yang terpasang di blog, Anda akan mendapatkan sejumlah bayaran/komisi yang telah disepakati.
    Untuk mendapatkan pendapatan dari metode ini, Anda dapat mengikuti sebuah program afiliansi dari situs situs yang menyediakan layanan afiliansi, memasang script iklan atau link di blog Anda, tunggu sampai ada orang yang membeli produk melalui iklan di blog, dan dapatkan penghasilan.

    Menerima donasi dari pengunjung
    Jangan malu malu untuk menerima donasi dari pengunjung, jika Anda merasa blog Anda cukup berjasa bagi pengunjung dan Anda membutuhkan bantuan financial untuk dapat membuat blog tetap beroperasi, tidak ada salahnya untuk meminta donasi dari pengunjung.

    Untuk meminta donasi dari pengunjung, siapkan informasi kontak dan jelaskan, melalui metode pembayaran apa yang tersedia agar mereka (pengunjung) dapat mengirimkan donasi kepada Anda.

    Siapa tau, kalau beruntung, ada pengunjung yang bersedia untuk menyisihkan uangnya untuk berdonasi di blog Anda.

    Menawarkan ruang kosong di blog untuk sponsor
    Semua bagian didalam blog dapat diuangkan, begitu pula dengan ruang kosong yang tersedia di blog.

    Jika Anda merasa blog yang Anda kelola memiliki ruang kosong, cobalah untuk menawarkan ruang kosong tersebut kepada orang orang berkunjung ke blog Anda untuk menyewa ruang tersebut untuk dipasangi iklan.

    Coba atur apa ruang apa saja yang tersedia, jenis iklan (pop-up, banner, live-chat, dan lain lain) apa saja yang dapat disewakan, dan jelaskan itu semua pada sebuah halaman khusus terkait penyewaan ruang di blog (buat halaman/page baru di blog)

    Untuk harga, buatlah sebuah kesepakatan dengan orang yang memasang iklan, usahakan jangan terlalu mahal, dan jangan terlalu murah, sesuaikan dengan banyaknya volume pengunjung dan popularitas di blog Anda.

    Menulis review
    Khusus bagi Anda yang merasa jago menulis, blog yang memiliki popularitas dan traffic yang sudah ramai pengunjung, mendapatkan kesempatan untuk meraub penghasilan dengan menulis review adalah hal yang bisa saja didapatkan.

    Biasanya, jika blog sudah cukup dikenal, akan ada orang (yang nantinya akan menjadi client Anda) yang menghubungi admin blog melalui informasi kontak yang disediakan di blog dan meminta Anda untuk menuliskan review produk mereka untuk mendongkrak popularitas produk yang mereka miliki.

    Dari kabar yang saya dengar, blog blog populer seperti duniaku.net dan jalantikus.com sudah sering mendapatkan job yang satu ini, dimana mereka diminta untuk me-review produk produk seperti smartphone, laptop, dan produk serupa untuk ditampilkan di situs mereka. Rumornya sih, mereka diberi honor ratusan hingga jutaan rupiah.

    Dalam urusan biaya, harga diputuskan atas keputusan bersama antara client dan penulis.

    Menjual blog
    Hal terakhir yang dapat dilakukan untuk dapat menghakhiri sekaligus menghasilkan uang dari blog adalah menjual blog itu sendiri.

    Memang sangat disayangkan, blog yang dikembangkan setelan sekian lama dan dipelihara layaknya seorang anak berakhir jatuh di tangan orang lain, namun bagaimana lagi, jika kondisi sedang kepepet dan butuh uang dalam jumlah besar dalam waktu singkat, menjual blog selalu menjadi pilihan terakhir yang dapat dilakukan seorang blogger.

    Biasanya, seorang blogger tidak akan rela menjual blognya, namun karena kondisi-kondisi tertentu, sebagai contoh pekerjaan di di dunia nyata semakin menjadi sibuk, yang menyebabkan mereka tidak memiliki waktu untuk mengelola blog, daripada terbengkalai, akhirnya mereka memutuskan untuk menjualnya.

    Sebuah blog dapat dijual dengan harga yang disesuaikan dengan banyaknya volume pengunjung, semakin banyak pengunjung, semakin besar pula harga dari blog tersebut.
    Anda dapat menjualnya di Flippa.com (situs yang melelang sebuah blog) atau menjajakannya di grup Facebook dan menggunakan jasa rekber (rekening bersama) sebagai langkah untuk mengantisipasi adanya penipuan.

    # Hal-hal yang paling sering dipertanyakan

    Biasanya, orang orang yang mencari info tentang bagaimana cara mendapatkan uang dari blog tidak puas hanya dengan ulasan diatas dan masih ada hal hal yang mengganggu pikirannya.

    Jika Anda memiliki hal hal yang masih mengganggu pikiran Anda, barangkali beberapa poin dibawah ini dapat menghilangkan keraguan Anda, berikut diantaranya:

    Apa metode yang paling sering digunakan seorang blogger untuk dapat menghasilkan uang dari blog?
    Menurut pengamatan saya, metode yang paling sering digunakan oleh blogger Indonesia untuk membuat blog yang dikelolanya dapat menghasilkan uang adalah dengan cara memasang iklan Google Adsense.
    Alasannya mungkin karena Google Adsense memiliki peluang terbesar dalam hal revenue dibandingkan program pengiklan lainnya, selain itu, iklan dari Google Adsense sangatlah friendly dan tidak menganggu kenyamanan pengunjung saat membaca artikel di blog.

    Kapan sebuah blog dinyatakan siap untuk dapat menghasilkan uang?
    Sebenarnya, sesaat setelah blog baru dibuat, blog tersebut sudah siap dijadikan sebagai sumber penghasilan, akan tetapi, saya ragu pendapatan yang didapat dapat digunakan untuk membeli sebuah permen.

    Sebelum memikirkan berapa atau bagaimana blog dapat menghasilkan uang, ada baiknya Anda memperbanyak konten dan buat blog menjadi seramai mungkin, karena seiring dengan meningkatnya kualitas blog Anda, uang akan datang dengan sendirinya, baik itu dari request pemasangan iklan, menuliskan review produk, kerja sama (cooperate), dan masih banyak lainnya.

    Kenapa penghasilan yang saya dapat kecil?
    Jika penghasilan yang Anda dapat kecil, kemungkinan besar blog Anda masih sepi pengunjung.

    Perlu Anda tahu, walaupun Anda memasang iklan Google Adsense, yang disebut sebut sebagai program pengiklan terbaik saat ini, di sebuah blog bertraffic 1000 pageview per hari, mendapatkan $0,50 per hari saja sudah merupakan sebuah kebahagiaan yang amat besar.

    Jadi, sebelum Anda mengeluhkan kenapa blog hanya mendapat penghasilan yang kecil, cobalah untuk meningkatkan traffic blog Anda terlebih dahulu, baru kemudian Anda dapat mengeluh jika penghasilan tak kunjung meningkat.

    Ke siapa?

    Yang jelas jangan ke saya.

    Intinya, tingkatkan traffic terlebih dahulu, urusan earning mah belakangan. Kalau traffic besar, otomatis earning yang didapat juga membesar.

    Bagaimana cara meningkatkan pengunjung blog?
    Buat artikel berkualitas, rajin update, lakukan optimasi SEO, jangan melakukan copas dan masih ada banyak metode lain yang dapat dilakukan untuk dapat meningkatkan pengunjung blog.
    Di Indonesia, berapa penghasilan rata-rata seorang blogger?
    Maaf gan, saya tidak tau.

    Blogger di Indonesia ada ribuan, bahkan jutaan, rasanya mustahil untuk mengetahui penghasilan rata-rata Blogger Indonesia tanpa melakukan sebuah survey, itupun juga mustahil untuk meminta seluruh blogger untuk mengikuti survey tersebut.

    Jadi, saya benar benar tidak tahu jawaban untuk pertanyaan ini.

    Siapa blogger terkaya di dunia?
    Berdasarkan laporan therichest.com pada tahun 2014, blogger terkaya di dunia adalah Michael Arrington, seorang blogger yang merupakan founder situs TechCrunch yang memuat informasi seputar perkembangan teknologi, pada laporan tersebut, dilaporkan bahwa Michael berhasil meraup untung hingga sebesar $500,000-$800,000 per bulan atau setara dengan 6,6-10,69 Milyar IDR.

    Kalau di Indonesia?
    Sayangnya, tidak ada laporan yang melaporkan siapa blogger terkaya di Indonesia.

    Namun ada 1 orang yang selalu dapat membuat Saya terkesima dengan penghasilan yang didapatnya dari blog yang dikelolanya.

    Siapa lagi kalau tidak mas Dian Umbara, seorang sesepuh blogger yang rutin membagikan foto gajiannya dari Google Adsense di timeline akun facebook-nya.


    panduan cara mendapatkan uang dari blog.jpg
    Tak tanggung tanggung, saking eksis-nya di dunia blogging, bahkan Dian Umbara sempat masuk di sebuah berita yang dimuat liputan6.

    Saya sarankan, jika ingin mendapatkan banyak uang, belajarlah dengan merampok duit mas dian.

    Kontak: facebook.com/elfatih1924

    Alasan kenapa blog Anda gagal menghasilkan uang
    Ngeblog sudah terbukti memang dapat menghasilkan uang, namun jika Anda tidak kunjung berhasil mendapatkan uang dari blog, berarti usaha yang Anda lakukan masih kurang.

    Lebih dari 70% kegagalan seseorang dalam dunia blogging diakibatkan karena mereka berhenti di tengah jalan, merasa kalau blog nya tak kunjung berhasil mendapatkan pengunjung dan akhirnya berhenti menjadi seorang blogger.

    Sebelum menjadi seorang blogger, Anda harus berkomitmen, "sekali melangkah, melangkahlah hingga akhir".

    Selain ngeblog, ada gak cara lain yang dapat dilakukan untuk dapat menghasilkan uang dari Internet?
    Ada? Banyak!

    Seiring dengan berjalannya waktu, pekerjaan tidak hanya dapat dilakukan secara fisik, kini telah hadir berbagai macam pekerjaan yang dapat dilakukan hanya dengan bermodalkan koneksi Internet dan PC/laptop, mulai dari menghasilkan uang dengan membuka channel YouTube, membuka toko online, mengumpulkan bitcoin, memulai bisnis game, dan masih banyak lainnya.

    Penutup
    Jika Anda ingin sukses menjadi seorang blogger, jika bisa, jangan pikirkan bagaimana cara mendapatkan uang dari blog terlebih dahulu.


    Memiliki sebuah tujuan sering kali dapat menjadi sebuah pacuan untuk dijadikan sebuah motivasi dalam meraih suatu hal, namun terkadang, tujuan tersebut dapat membutakan.

    Banyak blogger yang gagal karena blog yang dikelolanya hanya mendapatkan penghasilan yang sedikit, namun dia sendiri tidak menyadari kalau blognya tersebut hanya dikunjungi oleh sedikit pengunjung, merasa putus asa, dan berhenti sebagai seorang blogger.


    Saran saya, usahakan dulu untuk membuat blog ramai dikunjungi pengunjung, untuk urusan penghasilan dapat diurus belakangan, karena dengan membuat blog ramai pengunjung, uang pasti mudah didapat. mendapatkan uang.
     
    Last edited by a moderator: May 13, 2017
  2. Pengajar

    Pengajar Administrator Staff Member

    Messages:
    179
    Like Diterima:
    2
    Trophy Points:
    18
    Joined
    Feb 3, 2016
    1
     
.
×
beli pulsa online dengan harga murah