1. Welcome, Guest
    Sekolah Blogger adalah sebuah situs yang didedikasikan bagi anda yang ingin mempelajari lebih lanjut seputar cara mendapatkan penghasilan di internet, terutama Blog.
    Dismiss Notice

14 JENIS Video Yang PALING BANYAK DICARI di YouTube

Anak_Baru1Jul 1, 2016

Tags: Add Tags
  1. Anak_Baru1

    Anak_Baru1 Member

    Messages:
    295
    Like Diterima:
    6
    Trophy Points:
    18
    Joined
    Feb 14, 2016
    Pada sejumlah kasus, seorang YouTuber sering kali merasa kesal video yang di uploadnya hanya ditonton oleh beberapa viewers saja, yang otomatis mempengaruhi pendapatan yang didapat, dimana semakin kecil jumlah viewers, semakin kecil pula pendapatan yang didapat.

    Jika dipikir secara logika, ada sejumlah faktor yang mungkin menjadi penyebab kenapa video hanya ditonton oleh sedikit viewers, mulai dari faktor persaingan, kualitas video yang rendah, hasil re-upload, sampai video yang memang tidak begitu diminati oleh para netizen.

    Ini sama halnya dengan membeli makanan, walaupun tempe memiliki kandungan gizi yang sangat besar, kebanyakan orang akan lebih memilih untuk membeli mie instan karena dianggap lebih enak, nikmat dan mudah diolah.

    Dengan kata lain, sebesar apapun kualitas video yang Anda buat, selama video yang Anda buat kurang diminati audiance, viewers yang Anda dapatkan akan tetap sedikit.
    Di Indonesia, karena kualitas pertelevisian yang rendah, tak sedikit orang yang terpaksa untuk mencari sebuah alternatif untuk menikmati dunia hiburan, dan YouTube-lah jawabannya.

    [​IMG]

    Jika dilihat dari sudut pandang saya sebagai pengguna Internet, kebanyakan orang yang berkunjung ke YouTube memiliki tujuan untuk mencari hiburan, mengingat variasi hiburan di situs yang disebut-sebut sebagai web streaming terbesar di dunia ini sangatlah beragam, mulai dari troll, film (bajakan ataupun original), musik dan masih banyak lainnya dapat ditemukan disini.
    Video tutorial memang sering dicari di YouTube, akan tetapi, daripada menonton video, untuk beberapa alasan tertentu, jika tutorial tersebut merupakan tutorial yang sudah umum, alias mainstream, rasanya orang orang lebih memilih untuk membaca artikel di blog-blog untuk mendapatkan tutorial tersebut, setidaknya itulah yang saya rasakan.

    Beda lagi jika misalkan video tersebut menghadirkan tutorial fresh serta unik yang mampu untuk memancing jutaan pasang mata untuk menontonnya. (Contoh: cara membuat slime, cara melakukan hacking, cara membuat anak, dsb)

    Selain itu, dari sekian banyak YouTuber Indonesia saat ini, kebanyakan dari mereka yang sukses memiliki ribuan subcribers adalah mereka yang berkecimbung di dunia hiburan.
    Maka dari itu, pada thread kali ini, saya akan mencoba merangkum dan merekomendasikan sejumlah kategori video yang menurut saya pribadi cukup diminati di YouTube. Barangkali jika Anda sedang bingung untuk menentukan video apa yang harus di bahas di channel Anda, Anda dapat memilih salah satu kategori video yang akan saya rekomendasikan, berikut diantaranya:

    1. Kategori "Prank"



    Jahil-menjahili adalah salah satu ciri khas manusia

    Seperti judulnya, video prank adalah sebuah video yang berisi aksi dimana Anda menjahili orang lain dengan kejutan, trap, atau lelucon, yang nantinya bertujuan untuk membuat penonton terbawa suasana dan tertawa melihat tingkah jahil Anda terhadap orang lain.

    Bagi mereka yang sedang menjalani hari harinya dengan hal-hal membosankan, tidak sedikit orang mencoba untuk menghibur diri dengan melihat video-video prank, karena dianggap cukup efektif untuk menghilangkan rasa kantuk dan bosan.

    Dalam pembuatan video, usahakan untuk tidak membuat prank yang over, seperti kejutan yang berlebihan, karena bukan tidak mungkin, target Anda pada saat melakukan shooting memiliki jantung lemah, dan karena kejutan yang Anda berikan, mereka meninggal. Walaupun tidak berniat untuk membunuh, Anda bisa saja dijebloskan ke penjara karena tindakan Anda tersebut merenggut nyawa seseorang.

    Saat ini, channel YouTube yang membahas seputar prank di Indonesia masih sedikit, jadi Anda dapat memanfaatkan kesempatan untuk menjadi #1 Pranker di tanah air.

    2. Kategori "Gaming"


    Dimulai dari PewDiePie, channel gaming di YouTube kian hari, kian membanyak. Channel gaming memiliki keunikannya tersendiri, dimana seorang YouTuber dituntut untuk memperlihatkan ekspresi konyol, lucu, menunjukan hal hal menakutkan, mengungkap misteri, dan disaat memainkan sebuah game.

    Mengejutkannya, channel-channel semacam ini sangat diminati oleh para penonton.

    Hal ini mungkin dikarenakan ada sensasi tersendiri yang dirasakan disaat menonton orang lain memainkan sebuah game, selain itu, hal hal semacam ini tidak dapat ditemui di acara televisi, jadi untuk menciptakan suasana baru, menonton live-reaction dari seorang YouTuber saat memainkan game adalah salah satu hal yang dapat dicoba.
    Hanya dengan bermodalkan aplikasi perekam deskop, webcam, laptop, dan sebuah game untuk dimainkan, seorang YouTuber yang membahas seputar gaming dapat memulai membuat video untuk diunggah di YouTube.
    Seperti temanya, target audiance dari channel yang satu ini adalah orang orang yang memiliki ketertarikan dengan game.

    3. Kategori "Teen life"


    Nah ini dia channel yang cocok buat kamu yang merasa masih berada pada masa-masa remaja.

    Seperti yang kamu tahu, masa remaja adalah masa yang paling menyenangkan dalam kehidupan sebelum menginjakan kaki ke jenjang kedewasaan, memasuki masyarakat, bekerja, dikejar deadline, yang tak jarang membuat orang orang mengalami stress. Itupun jika mereka mendapatkan pekerjaan, jika status NEET (Not in Education, Employment, or Training), alias penggangguran masih melekat pada dirinya, tingkat stress yang didapat tak kalah besarnya pada saat bekerja. Kerja gak dapet, pacar gak dapet, duit gak dapet, makan gak dapet, lengkap dah.

    Dapat dikatakan masa remaja adalah awal dari penderitaan yang sesungguhnya didalam kehidupan, maka dari itu, manfaatkan masa muda Anda dengan sebaik mungkin.

    Di masa remaja, ada banyak hal menarik yang dapat kamu ekspos kepada publik, seperti persahabatan (friendship), percintaan (relationship), serta hal hal menarik yang kamu dapatkan selama masih remaja, itu dapat kamu uangkan di YouTube dengan mengunggahnya kedalam bentuk video.

    Buat sebuah kelompok, yang berisi kombinasi yang seimbang antara pria laki laki dan perempuan, kemudian lakukan perencanaan, video seperti apa yang akan Anda kerjakan, buat skenario yang kreatif dan fresh, lakukan shooting, dan akhirnya upload di YouTube.

    Percayalah, video semacam ini sangat diminati, baik itu untuk kalangan remaja, ataupun dewasa. Dimana melalui video yang Anda buat, orang dewasa dapat mengenang masa remaja-nya, dan jika yang menonton video yang Anda buat berasal dari kalangan remaja, mereka hanya bisa cengar-cengir melihat tingkah laku yang biasa mereka lakukan dalam bentuk video yang dikemas dengan cara yang menarik.

    4. Kategori "Parodi"


    Parodi adalah sebutan kegiatan dimana Anda menirukan suatu hal, baik itu scene di film, anime, drama, tingkah laku politisi atau apapun yang dianggap menarik dan menjadikannya sebagai sebuah guyonan.

    Sebagai contoh, beberapa waktu yang lalu, film dengan judul 300 sempat populer dengan kalimat "This is sparta!", dengan film tersebut sebagai bahan, Anda dapat membuat sebuah video yang memiliki scene serupa dengan "This is sparta" dan menyajikannya dalam bentuk komedi.

    Agar video parodi dicari oleh banyak viewers, usahakan untuk membuat video yang berasal dari sesuatu yang nge-hits.

    Video semacam ini diminati karena penonton memiliki keinginan ingin melihat sisi lain dari suatu hal, dan Anda menghadirkan suatu hal tersebut didalam parodi yang Anda buat.

    5. Kategori "Vine"

    Suka buka sosmed? Tahu apa yang dimaksud dengan vine, kan?

    Vine adalah sebuah aplikasi yang memberikan layanan berbagi video berdurasi pendek. Dibuat pada Juni 2012 dan diakuisisi oleh Twitter ada Oktober 2012. Namun bagi pandangan banyak orang, vine itu adalah videonya, bukan aplikasinya, itu salah yah!

    Umumnya, video vine adalah sebuah video yang memiliki durasi 7 detik, dimana dengan durasi yang sangat singkat tersebut, creator video dituntut untuk membuat sesuatu yang heboh, menarik, menghibur, dan mudah dimengerti oleh penotnton.

    Walau begitu, sejumlah YouTuber, Kevin Anggara contohnya, sudah berhasil membuat ratusan, bahkan ribuan video vine dengan ketentuan tersebut, dan untuk mempermudah penonton menonton setiap vine miliknya, dia merangkum setiap video tersebut kedalam sebuah kompilasi.

    6. Kategori "Review"


    Mengulas sesuatu terkadang akan menjadi menarik jika misalkan ada orang yang membayar kan?

    Bagi orang orang yang ingin menggunakan, atau membeli sesuatu, biasanya orang tersebut akan mencari informasi tentang barang yang mereka beli terlebih dahulu, apakah kualitasnya bagus atau tidak, murah atau tidak, berguna atau tidak, dan sebagainya. Disinilah, Anda dapat dapat memanfaatkan keperluan mereka dengan melakukan review pada produk terkait.

    Sebagai contoh, jika Anda memiliki laptop ASUS dengan spesifikasi RAM 4 GB, vga 1gb, processor i5, dan bla bla bla, kemudian ketika ada orang yang ingin mengetahui performa laptop dengan spesifikasi tersebut, Anda dapat membuatkan sebuah video yang menunjukan performa dengan menggunakan laptop Anda, kuat main game itu lah, apa lah, kuat untuk software grafis atau tidak,dan sebagainya.

    Yang dibahas tidak harus review tentang komputer, tidak perlu pikir jauh jauh, cukup review yang mudah mudah untuk dilakukan saja. Contoh: review sabun cuci, kartu SIM HP, smartphone, kosmetik, kamera dan lain lain.

    7. Kategori "Fakta unik"



    Salah satu hiburan terlaku, baik itu di TV ataupun YouTube adalah hiburan yang membahas seputar fakta fakta unik yang terjadi di dunia saat ini.

    Sebagai contoh besar, OnTheSpot adalah sebuah siaran TV yang disiarkan di Trans 7. Bagi Anda yang masih ingat, pasti ingat bahwa dulu, OnTheSpot bukanlah sebuah acara yang membahas seputar fakta unik seperti saat ini, melainkan sebuah acara yang membahas seputar musik, namun karena alasan yang tak diketahui, seiring dengan berjalannya waktu topik yang dibahas di OnTheSpot berubah haluan, dari musik menjadi pembahasan fakta unik.

    Karena dianggap memberikan pengetahuan baru kepada penontonnya, tidak sedikit orang yang rela memprioritaskan acara ini dibanding acara lainnya dan duduk dengan manis setiap kali jam tayang acara ini dimulai. Tertarik untuk membuat channel YouTube seperti ini?



    8. Kategori "Film bajakan"



    Walaupun YouTube tidak memperbolehkan penggunanya untuk mengupload film bajakan, untuk mendapatkan viewers, seorang YouTuber memiliki sejuta cara agar membuat video yang diuploadnya tidak disadari dan dihapus oleh YouTube.​

    Bukan merupakan rahasia lagi kalau YouTube adalah salah satu situs untuk menonton berbagai macam video, termasuk film bajakan. Sebenarnya, YouTube jelas jelas telah melanggar penggunanya untuk tidak mengupload film bajakan, dan otomatis menghapus video jika terdeteksi sebagai video bajakan.

    Sayangnya, seorang YouTuber memiliki 1001 cara untuk mengakali hal ini.

    Seperti yang Anda tahu, sebelum mempublish video, YouTube akan melakukan pemeriksaan, apakah video tersebut mengandung konten yang melanggar hak cipta atau tidak, jika terbukti melanggar, video akan langsung dihapus, sebaliknya, jika video terbukti bersih, video akan langsung di publish.

    Namun perlu Anda tahu, yang melakukan pemeriksaan apakah video melanggar atau tidak bukanlah manusia, melainkan bot, robot, atau sistem. Maka dari itu, hanya dengan melakukan sedikit pengeditan, YouTube tidak akan menyadari bahwa video yang Anda upload melanggar hak cipta.
    Dalam pengeditan tersebut, Anda dapat menambahkan watermark, mengubah frekuensi suara, menambahkan opening dan ending khusus, membagi video menjadi beberapa bagian, menambahkan background khusus, dan masih banyak cara lainnya.

    9. Kategori "Rekomendasi"


    Umumnya, sebelum seseorang menggunakan, menonton, atau membeli sesuatu, mereka akan mencari informasi terkait sesuatu tersebut sebelum menggunakan produk tersebut.

    Sebagai contoh, Anda dapat merekomendasikan penonton untuk menonton film horror yang paling populer, game yang asik dimainkan, anime dengan cerita yang menarik, merekomendasikan laptop/PC dan hal hal semacam itu.

    Orang orang biasa mencari video seputar rekomendasi untuk mendapatkan referensi, apakah apa yang mereka cari sesuai dengan apa yang mereka butuhkan atau tidak.

    Dalam pembuatan video rekomendasi, Anda dapat memulainya dengan menentukan sebuah topik untuk dibahas, sediakan beberapa pilihan (opsi) kepada penonton, dan berikan perbandingan antara produk yang satu dengan yang lainnya, dan jelaskan dengan jelas, apa kelebihan dan apa kekurangan dari produk tersebut.

    10. Kategori "Eksperimen"




    Mengekspolasi suatu hal yang sebelumnya tidak diketahui adalah hal yang menarik untuk dipelajari, selain untuk menambah wawasan, dapat melihat hal hal yang tak terduga juga ikut menjadi faktor kenapa channel YouTube eksperimen mendapatkan ribuan subcriber.

    Namun seperti yang Anda tahu, untuk membuat channel YouTube seperti ini, pemilik channel harus memiliki wawasan dan pengetahuan yang luas untuk melakukan sesuatu yang mampu membuat penonton terkejut dengan apa yang Anda lakukan, karena jika tidak, rasanya mustahil untuk mendapatkan viewers jika eksperimen yang Anda lakukan adalah hal yang umum untuk dilakukan.

    Beda cerita jika Anda hanya melakukan re-upload dari channel YouTube lain
    Maka dari itu, persiapkan pengetahuan yang cukup luas sebelum Anda mencoba membuat channel dengan kategori eksperimen, itupun jika Anda berniat untuk menjadikan channel milik Anda sukses dan dikenal karena inovasi-inovasi baru yang Anda ciptakan.

    11. Kategori "Dewasa"


    Berbeda dengan channel dengan kategori lainnya, channel YouTube dengan kategori dawasa (adu*t) hanya boleh dikelola oleh orang dewasa yah, rasanya gak enak liat YouTuber umur 13 tahun, masih SD, udah tahu pengetahuan seputar sodok-menyodok.

    YouTube memang menginjikan seorang YouTuber untuk mengupload konten dewasa, dengan catatan, video yang diupload harus berada dalam batas yang wajar, dimana bagian kelamin orang orang yang berada didalam video tersebut disensor atau di-cut.

    Karena pada dasarnya YouTube bukanlah situs p0rn0, mereka hanya memperbolehkan seorang YouTuber untuk mengupload video dengan konten dewasa yang tergolong kedalam kategori ringan, alias semi.
    Berbeda dengan channel lainnya, channel yang memuat konten dewasa memiliki ketentuannya sendiri, dimana Anda harus memasang label "Age Restricted YouTube Videos" pada video, dimana hanya orang orang yang berumur 18 tahun yang boleh menonton video tersebut. Karena jika tidak, ditakutkan channel akan dibanned oleh YouTube secara paksa.
    Peminat dari channel YouTube dengan konten dewasa memang cukup besar, namun sebelum membuat channel dengan kategori yang satu ini, coba pikirkan terlebih dahulu konsekuensi yang harus ditanggung.

    12. Kategori "Masakan"



    Saat ini, memasak adalah salah satu hobi yang cukup diminati, selain karena menyenangkan, masakan yang dibuat dengan tangan sendiri terasa jauh lebih enak daripada masakan restoran manapun.

    Selain itu, ilmu memasak tidak lagi hanya dibutuhkan oleh para kaum hawa, bahkan kaum adam-pun kini mulai bersaing dengan kaum hawa untuk membuat masakan-masakan enak, dan tidak sedikit dari mereka yang menjadikan hobinya sebagai sebuah karir (chef).

    Singkatnya, channel memasak juga ikut menjadi salah satu jenis channel paling diminati di YouTube, selain memiliki audiance yang besar, hanya dengan merekam diri sendiri pada saat memasak, Anda sudah memiliki bahan yang cukup untuk diupload ke YouTube. Terdengar menarik bukan?

    13. Kategori "Menggambar"


    Seiring dengan populernya anime, manga dan game dengan artstyle ala Jepang di Indonesia, minat dari orang orang yang ingin membuat karyanya sendiri semakin membesar, baik itu menggambar dengan memanfaatkan software, ataupun menggunakan cara tradisional, pensil dan kertas.

    Dengan tekad ingin menjadi seorang komikus, banyak orang yang mencoba mempelajari bagaimana cara untuk menggambar, mulai dari pembuatan mata, tubuh, kaki, tangan, rambut, serta atribut pendukung seperti background, blur, dan pewarnaan.

    Jika Anda memiliki bakat atau hobi dalam bidang ini, tak ada salahnya untuk merekam proses saat Anda menggambar, dan menguploadnya di YouTube.
    Selain untuk menyalurkan hobi, Anda juga akan mendapatkan penghasilan dari itu, seperti yang disebutkan dalam peribahasa, sambil menyelam minum air.

    14. Kategori "How to"


    How to atau bagaimana cara adalah sebuah channel yang menghadirkan petunjuk untuk melakukan sesuatu, apapun itu, terserah, asalkan unik, dan menarik.

    Diantara semua channel yang saya tuliskan disini, mungkin How to adalah kategori yang memiliki jangkauan pembahasan terluas, karena semua hal yang membahas 'bagaimana cara' dapat Anda dibahas disini.

    Namun jangan salah sangka dulu, How to itu tidak hanya sekedar video tutorial (example: Cara menggunakan facebook, Cara menggunakan IDM untuk mendownload, Cara menggunakan smartphone, dan ain sebagainya).

    Selain tutorial di channel dengan kategori How to Anda dapat membahas seputar hal hal menarik 'untuk melakukan sesuatu', sebagai contoh, "Cara melakukan PDKT ala kekinian", "Teknik jitu nembak cewek", "Cara tampil layaknya BIG BOS di depan adik kelas", dan sebagainya.

    Jadi, silahkan perluas ide-ide Anda tentang How to seluas mungkin, dan tunjukan imajinasi serta kekreatifan Anda tersebut kedalam bentuk video.

    Penutup
    Saya rasa, itulah sejumlah channel yang sering kali menjadi target perburuan para netizen untuk mengisi waktu luang. Barangkali, jika Anda sedang bingung untuk membuat sebuah channel baru, namun tidak tahu apa yang harus dibahas, Anda dapat memilih salah satu dari kategori video diatas.

    Menurut saya, itulah sejumlah video yang paling berpotensi untuk menghasilkan uang

    Seperti yang Anda tahu, salah satu faktor yang mempengaruhi besar kecilnya penghasilan sebagai seorang YouTuber adalah banyaknya orang yang menonton video yang Anda miliki, semakin banyak orang yang menonton video Anda, semakin besar pula pendapatan yang didapat, sebaliknya, jika yang menonton video Anda hanya sedikit, semakin sedikit pula penghasilan yang didapat.

    Dan salah satu strategi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan viewers adalah memilih topik yang paling sering dicari audiance.
    Namun sebelum menerapkan salah satu dari kategori video diatas, ada baiknya Anda menyesuaikan, apakah Anda mampu untuk membuat video dengan kategori tersebut atau tidak, karena memaksakan untuk membuat sesuatu yang tidak mampu Anda lakukan justru akan berdampak pada kualitas video yang Anda buat.
     
    Last edited: Jan 3, 2017
  2. Pengajar

    Pengajar Administrator Staff Member

    Messages:
    179
    Like Diterima:
    2
    Trophy Points:
    18
    Joined
    Feb 3, 2016
    1
     
  3. xperiague

    xperiague New Member

    Messages:
    1
    Like Diterima:
    0
    Trophy Points:
    1
    Joined
    May 4, 2017
    hehe lengkap gan,,, boleh jadi referensi blog saya ya
     
  4. RD Channel
    This message by RD Channel has been removed from public view.
    Aug 13, 2017 Show
  5. sasteel

    sasteel New Member

    Messages:
    5
    Like Diterima:
    0
    Trophy Points:
    1
    Joined
    Feb 8, 2018
Verifikasi
Draft saved Draft deleted
.