1. Welcome, Guest
    Sekolah Blogger adalah sebuah situs yang didedikasikan bagi anda yang ingin mempelajari lebih lanjut seputar cara mendapatkan penghasilan di internet, terutama Blog.
    Dismiss Notice

17 Kesalahan FATAL Yang Sering Dilakukan Blogger Pemula

Anak_Baru1Mar 8, 2016

  1. Anak_Baru1

    Anak_Baru1 Member

    Messages:
    295
    Like Diterima:
    7
    Trophy Points:
    18
    Joined
    Feb 14, 2016
    Didalam dunia blogging, ada banyak teknik/metode yang yang hampir tak terhitung jumlahnya yang biasa dilakukan seorang blogger untuk dapat muncul di halaman pertama pencarian google, mulai dari mencari backlink, seo on-page, seo off-page, dan link building dan masih banyak lainnya.

    Namun terkadang, ada beberapa teknik/metode yang justru merugikan orang yang mempraktekan teknik tersebut. Yang saya maksudkan disini dengan merugikan bukan sekedar membuat traffic/pengunjung blog mengalami penurunan, namun juga membuang/menghabiskan waktu secara percuma! (jika mempraktekan teknik/metode SEO yang salah)

    [​IMG]

    Disini, saya akan mencoba mengulas beberapa kesalahan tersebut agar dapat membuat anda terhindar dari hal hal useless yang hanya merugikan dan membuang buang waktu anda. Berikut adalah beberapa hal yang sering dilakukan seorang blogger yang justru merugikan dirinya sendiri

    1. Menggunakan Jingling
    Jingling adalah sebutan untuk sebuah software yang mampu membuat blog mengalami peningkatan traffic. Namun perlu anda tahu, traffic yang dihasilkan dari jingling bukanlah traffic alami, melainkan bot.

    Bot adalah sebutan untuk false visitor yang dihasilkan dari sistem sebuah server untuk mengunjungi sebuah situs . Google juga menggunakan bot untuk melakukan crawl untuk blog anda agar artikel di blog anda dapat terindex ke sistem mereka, namun berbeda dengan bot google, bot yang dihasilkan dari jingling sama sekali tidak berguna!

    Memang, jika anda menggunakan jingling, traffic blog anda akan mengalami peningkatan dalam beberapa waktu tertentu, namun apa yang anda lakukan tersebut tidak akan berpengaruh pada SEO! Ditambah lagi, traffic hanya mengalami peningkatan ketika anda menggunakan software jingling, ketika anda tidak menggunakannya, traffic blog anda akan kembali seperti semulau

    Dari pengalaman saya, jingling juga menghabiskan cukup banyak kuota internet.

    2. Terlalu Terfokus Akan Alexa Rank
    Seperti yang anda tahu, Alexa Rank adalah sistem pemberi rangking terpopuler dan paling sering digunakan para blogger untuk mengetahui seberaba besar ranking blog yang mereka miliki. Banyak orang yang berfikiran, semakin besar alexa rank sebuah blog, semakin banyak juga traffic yang akan didapat.

    Namun anda salah......

    Alexa rank sama sekali tidak ada sangkut pautnya dengan SEO, tentu saja, Alexa juga tidak mempengaruhi SERP (Search Engine Results Page) sebuah artikel/blog. Alexa merupakan perusahaan luar yang tidak 1 perusahaan dengan Google, dan Alexa dengan jelas jelas sudah menjelaskan bahwa mereka adalah perusahaan pemberi ranking pada sebuah situs/blog, tidak lebih dan tidak kurang.

    Peringkat Alexa Rank akan bertambah sesuai dengan banyaknya visitor dan pageview yang dimiliki blog anda.

    3. Nyepam Untuk Mendapatkan Backlink
    Backlink merupakan salah satu hal yang mempengaruhi SEO sebuah blog, yang juga dapat membuat sebuah blog mengalami peningkatan traffic. Mencari backlink bukanlah hal yang salah, namun jika anda melakukannya dengan cara yang salah, ini justru dapat membuat blog anda mengalami penurunan traffic.

    Seperti yang anda tahu, saat ini ada jutaan situs yang tersebar di seluruh dunia, platform ataupun domain yang digunakan-pun berbeda beda. Dalam kasus ini, Google benar benar sangat menyukai backlink .Edu dan .Gov, alasannya, situs situs dengan domain .edu dan .gov sangat sulit untuk dibuat (banyak persyaratan untuk membuat situs dengan domain ini), maka dari itu, situs dengan domain ini dinyatakan cukup langka.

    Saya yakin, jika anda biasanya mencari backlink, anda akan meninggalkan backlink anda di situs/blog acak. Namun dari pernyataan banyak pakar SEO, mereka menyatakan bahwa akan lebih baik anda hanya menempatkan backlink blog anda di situs dengan otoritas dan popularitas tinggi.

    Katanya sih
    , 1 backlink dari domain .edu / .gov setara dengan 100 backlink dari situs pasaran, seperti blogspot dan wordpress.

    4. Selalu Cek Skor SEO Template Blog di Chkme
    Chkme adalah sebuah situs yang digunakan untuk melakukan banyak kegiatan terkait optimasi SEO, dan salah satu layanan yang populer di situs tersebu adalah pengecekan SEO template blog. Namun perlu anda tahu, mengecek skor SEO template blog di chkme benar benar merupakan sebuah kegiatan yang cuma menghabiskan waktu saja, kenapa begitu?

    Dalam dunia SEO, Google tidak hanya menilai SEO template-nya saja, banyak pertimbangan yang dilakukan oleh Google (yang mungkin banyak tidak kita tahu) untuk mengurutkan blog blog hingga muncul di halaman pertama Google.

    Selain itu, hasil yang dihasilkan dari situs chkme menurut saya tidak akurat. Walaupun anda berhasil menemukan sebuah template yang mendapatkan nilai 100%, saya tidak yakin anda akan mendapatkan traffic yang setara dengan nilai sempurna tersebut.

    Sebagai contoh, silahkan bandingkan nilai skor seo template blog anda dengan blog blog yang jelas memiliki traffic tinggi, disana anda akan melihat kenyataan bahwa mengecek skor seo di chkme adalah hal yang cuma menghabiskan waktu saja (hasil, bahkan Google dan facebook-pun dinilai hanya memiliki skor dibawah 60%).

    5. Menghabiskan Banyak Waktu Hanya Untuk Mengganti Template
    Jika anda sering gona-ganti mengganti template, segera hilangkan kebiasaan anda tersebut, karena hal itu justru hanya merugikan diri anda sendiri. Bukan karena mempengaruhi SEO (yang membuat traffic mengalami penurun), melainkan karena hal itu hanya membuang membuang waktu saja!

    Dari pengalaman saya dulu, saya disarankan oleh banyak blog yang memiliki template yang memiliki loading 'sangat cepat', 'responsive', dll, namun sekarang, saya menyesali hal tersebut, karena hal itu hanya menghabiskan waktu saja. Bayangkan, hanya untuk mengganti sebuah template blog, saya menghabiskan waktu hampir seminggu untuk menemukan template terbaik dan membuat saya lupa untuk membuat artikel/postingan.

    Seperti yang saya bahas pada poin no 4, Google tidak menilai sebuah blog dari template saja, banyak perhitungan yang dilakukan blogger untuk mengurutkan peringkat blog blog, dan sampai saat ini, KONTEN adalah perhitungan terbesar.

    Saat ini, saya hanya memakai template yang sederhana saja, dengan syarat: Template support mobile-friendly dan responsive. Cukup dengan itu saya sudah berhasil membuat traffic blog menjadi stabil.

    6. Lebih Mementingkan Kuantitas dibandingkan Kualitas Artikel/Postingan
    Saat ini, berapa jumlah artikel yang anda buat per harinya? 5? 10? 20? atau mungkin 100? Jika anda mampu, silahkan saja, namun beda cerita kalau artikel yang anda tersebut memiliki kualitas yang rendah, seberapa banyak-pun anda mengupdate artikel, anda tidak akan mendapatkan peningkatan traffic.

    Dalam hal ini, kualitas artikel yang rendah yang saya maksud adalalah artikel yang tidak informatif, tidak lengkap, ngasal-ngasal, dan tidak menarik untuk dibaca.

    Usahakan untuk membuat artikel yang memiliki kualitas baik, walaupun anda hanya bisa melakukan update hanya 1 kali sehari, itu lebih baik jika dibandingkan anda memaksakan diri untuk membuat puluhan artikel per hari namun semua artikel tersebut sama sekali tidak menarik.

    Google tidak pernah membatasi berapa banyak anda mengupdae artikel per harinya, jika anda mampu membuat 1000 pos per hari, Google akan semakin menyukai blog anda, dengan catatan anda tidak melakukannya seperti spam dan setiap artikel memiliki kualitas baik.

    7. Pemikiran/Anggapan Salah: "Nge-Blog Dapat Kaya Dalam Waktu Singkat"
    Seperti yang disebutkan di judul thread ini, kita tidak hanya membahas masalah SEO, kita disini akan membahas segala hal yang berkaitan dengan kesalahan kesalahan yang sering dilakukan seorang blogger pemula. Salah satunya adalah pemikiran salah kaprah yang berfikir kalau 'Nge-Blog Akan Dapat Membuat Anda Kaya Dalam Sekejap Mata'

    Nge-blog tidak ada bedanya dengan pekerjaan di dunia nyata, semakin banyak usaha yang anda buat, semakin banyak pula hasil yang anda buat. Sama dengan pekerjaan di dunia nyata, nge-blog juga membutuhkan waktu agar dapat menghasilkan uang.

    Anda tidak dapat membuat blog anda menghasilkan uang secara instan, karena yang ingin mendapatkan uang dari ngeblog tidak hanya anda saja, banyak orang yang akan saling berebut untuk mendapatkan traffic terbanyak, disini anda akan bersaing dari jutaan blogger lainnya untuk mendapatkan pengunjung di blog anda.

    Paling tidak, anda harus menunggu agar blog anda berumur 6 bulan dan diterima menjadi publisher Google Adsense (program pengiklan terbaik yang dapat membuat blogger dapat menghasilakan uang dari blog-nya). Itupun jika anda diterima, jika ditolak?

    Intinya, dalam nge-blog juga memiliki fase fase/tahapan yang harus anda lalui sebelum mencapai kesuksesan. Jadi, jika anda ingin mendapatkan uang dalam jumlah besar dalam waktu dekat, sepertinya nge-blog bukanlah pilihan yang tepat.

    8. Melakukan Ritual Setan: Copy-Paste
    Nge-blog tidak dapat dipisahkan dari praktek setan ini, saya yakin, entah anda blogger professional atau pemula sekalipun pernah melakukan copy-paste. Karena dianggap sebagai 'jalan pintas' untuk dapat memperbanyak konten blog, praktek copy paste adalah suatu fitur yang selalu dipuja puja.

    Namun setelah saya melakukan percobaan, copy-paste tidak mempan jika harus melawan Google, walaupun anda berhasil memperbanyak konten, Google tidak akan membiarkan blog blog kotor pengguna CTRL+C--> CTRL+V merajalela di halaman pencariannya.

    Sebagai contoh, sampai saat ini hasil pencarian untuk kategori teknik teknik SEO tidak ada yang memiliki kesamaan sebanyak 100% antara artikel satu dengan artikel lainnya. Ini dapat membuktikan bahwa google bukanlah sebuah sistem yang dapat anda bodohi dengan mudah.

    Jikapun anda berhasil menduduki peringkat yang lebih baik dibandingkan artikel aslinya (yang anda copas), saya pikir posisi tersebut tidak akan bertahan lama. Paling tidak, dalam waktu 3-4 minggu artikel hasil copy-paste tersebut akan lenyap ditelan dari halaman pencari google.

    Selain itu, dari awal Google memang tidak menyukai blog hasil copy-paste, sedikit demi sedikit Google akan menjatuhkan penalty kepada blog yang melakukan teknik curang ini, dan jika anda melakukannya dalam jangka waktu panjang, jangan harap blog anda akan mendapatkan peningkatan traffic.


    9. Tidak Menggunakan Template Mobile-Friendly
    Mengingat penggunaan smartphone akhir akhir ini mengalami peningkatan pesat, Google baru baru ini memperbaharui logika dimana mereka akan memprioritaskan blog blog yang menggunakan template mobile-friendly. Maka dari itu, jika anda tidak menggunakan template friendly, persiapkan diri anda akan penurunan traffic yang drastis

    Mobile-Friendly atau berahabat dengan tampilan mobile ditentukan dari bisa tidaknya website anda diakses melalui mobile device. Untuk mengecek apakah blog anda memiliki template friendly atau tidak, anda dapat mengecek-nya di link dibawah ini:
    Jika misalkan benar template anda tidak mobile friendly, silahkan segera mengganti template.

    10. Mementingkan Kuantitas Dibanding Kualitas--> Kualitas Backlink Rendah
    Kembali membahas tentang backlink, seperti yang saya sebutkan pada point ke-3, akan lebih jika anda mencari backlink yang berkualitas, karena (katanya), backlink yang berkualitas itu ratusan kali lebih baik jika dibandingkan backlink berkualitas rendah.

    Backlink dari situs yang memiliki traffic, otoritas, popularitas tinggi. Usahakan juga untuk mencari backlink dari situs .edu dan .gov

    11. Penggunaan Bold, Italic, dan Underline Yang Berlebihan

    Penggunaan Bold, Italic dan Underline memang dapat meningkatkan seo on-page suatu blog, namun usahakan untuk menggunakan ketiga fitur tersebut dengan baik dan tidak berlebihan.

    Penggunaan yang berlebihan justru akan membuat blog anda tidak menarik untuk dibaca, dan lebih cendrung ke arah "menganggu". Gunakan ketiga fitur tersebut hanya disaat diperlukan saja.

    12. Terlalu Terobsesi Dengan Page Rank (PR), Domain Authority (DA), dan Page Authority (PA)
    Hal yang sering menjadi pembicaraan diantara para blogger sampai saat ini adalah tentang seberapa tinggi page rank, domain authority, dan page authority sebuah blog. Jika anda juga merupakan salah satu diantara mereka yang juga memperdebatkan hal ini, ada baiknya anda untuk berhenti.

    Perlu diketahui bahwa Google sudah tidak lagi mengupdate Page Rank sejak 2 tahun yang lalu, jadi sampai kapan-pun blog anda tidak akan mendapatkan peningkatan page rank, seberapa keras-pun anda mencoba.

    Untuk Domain Authority dan Page Authority sendiri sampai saat ini masih tetap diupdate, namun ada baiknya anda tidak memikirkan hal ini, karena DA dan PA akan naik seiring berjalannya waktu.

    13. Terlalu Fokus Dengan SEO, Namun Jarang Untuk Membuat Artikel
    SEO memang penting, namun konten/artikel jauh lebih penting!
    Itulah pernyataan yang tepat untuk anda yang saat ini terlalu memikirkan SEO terlalu dalam sampai sampai lupa untuk memperbanyak konten.

    Bayangkan, jika anda misalkan menghabiskan waktu hingga seminggu untuk mempelajari sebuah teknik SEO, anda tidak akan memiliki waktu untuk membuat artikel, jika tidak ada artikel yang dimuat, tidak ada alasan bagi pengunjung untuk mengunjungi situs anda.

    Untuk sekarang, saya sarankan usahakan untuk perbanyak artikel/postingan terlebih dahulu, untuk SEO cukup pelajari disaat ada waktu luang saja.

    14.Tidak Memiliki Topik Tertentu Untuk Dibahas di Blog
    Karena tidak tahu apa yang harus dibuat, kebanyakan orang akhirnya memilih untuk untuk membuat blog-nya berisikan konten dengan topik yang tidak menentu, kadang game, kadang tips dan tutorial, kadang download, kadang film dan semua ini dimuat dalam 1 blog sekaligus, kira kira apa yang akan terjadi?

    Jika dipikir secara logika, jika anda membuat blog gado gado, pengunjung yang anda dapatkan tidak lebih dari pengunjung yang berasal dari search engine saja, anda tidak akan mendapatkan pengunjung tetap karena pengunjung sendiri tidak tahu topik apa yang dibahas didalam blog anda.

    Sedangkan dalam sudut search engine sendiri, sampai saat ini saya sangat jarang menemukan blog gado gado yang memiliki traffic tinggi, kebanyakan dari mereka memiliki sebuah topik tertentu untuk dibahas dan dimuat di blog agar terlihat lebih konssisten.

    15. Tidak Menggunakan Google Webmaster Tools
    Google menyediakan beberapa tools gratis yang sangat penting untuk keperluan SEO. Salah satu tool yang wajib untuk digunakan adalah Google webmaster tools.

    Dengan Google webmaster tools kita bisa melihat bagaimana performa blog kita di mesin pencari. Kita bisa melihat blog kita seperti bagaimana Google melihat blog kita.

    Kita bisa mengecek backlink, kata kunci yang paling populer, jumlah index halaman, berbagai macam error yang ada di blog kita, dan masih banyak lagi.

    Jadi sebuah kesalahan besar jika kita tidak memanfaatkan secara maksimal tool yang satu ini.

    16. Tidak Menggunakan Teknik Artikel Berantai
    Artikel berantai adalah sebutan untuk sebuah artikel yang tidak dapat diselesaikan hanya dengan membaca 1 artikel saja, untuk menyelesaikan membaca artikel, pengunjung harus membaca artikel lain (yang juga anda buat)

    Teknik ini biasanya digunakan dalam blog dengan niche Tutorial, Tips dan Trik, dan SEO, dimana sebuah artikel tidak dapat diselesaikan dalam 1 artikel saja.

    Menggunakan teknik ini terbukti dapat membuat blog anda mendapatkan peningkatan pageview dan membuat link-building yang terstruktur.

    17. Berfikir Kalau Traffic Akan Meningkat Dalam Waktu Dekat
    SEO semakin kesini semakin sulit karena google semakin cerdas. Jadi jangan pernah mengharapkan hasil instan dari SEO karena semua butuh proses.

    Jadi, jika anda merasa kalau traffic anda tidak kunjung mengalami peningkatan, anda tidak perlu khawatir, karena google mungkin sedang mensortir mana artikel yang layak untuk menempati halaman pencarian pertama mereka. Dan bukan tidak mungkin artikel anda-lah yang akan ditempatkan pada posisi tersebut.

    Umumnya, sebuah blog akan mengalami peningkatan traffic secara drastis pada bulan ketiga, dan itupun tergantung pada seberaba banyak dan kualitas artikel yang anda miliki.
     
  2. Pengajar

    Pengajar Administrator Staff Member

    Messages:
    179
    Like Diterima:
    2
    Trophy Points:
    18
    Joined
    Feb 3, 2016
    1
     
.
×
beli pulsa online dengan harga murah