1. Welcome, Guest
    Sekolah Blogger adalah sebuah situs yang didedikasikan bagi anda yang ingin mempelajari lebih lanjut seputar cara mendapatkan penghasilan di internet, terutama Blog.
    Dismiss Notice

2 Cara Mengindex Artikel di Google Dalam Hitungan Detik!!!

Anak_Baru1Nov 23, 2016

Tags: Add Tags
  1. Anak_Baru1

    Anak_Baru1 Member

    Messages:
    294
    Like Diterima:
    7
    Trophy Points:
    18
    Joined
    Feb 14, 2016
    aplikasi pengisian pulsa Ketika sebuah blog baru dibuat, besar kemungkinan semua artikel yang dimuat di blog atau website tersebut akan menjadi susah untuk muncul di halaman pencari, yang akhirnya menyebabkan blog tersebut mengalami kesulitan dalam mendapatkan banyak pengunjung.

    Jika Anda mengalami hal yang sama, itu wajar.

    Pada kondisi-kondisi tertentu, search engine seperti Google akan mengalami kesulitan untuk memunculkan sebuah halaman dari suatu situs di hasil pencarian. Adapun penyebab dari terjadinya fenomena ini adalah karena Google 'tidak dapat', atau lebih tepatnya, 'kesulitan' dalam mengirimkan bot-bot yang bertugas untuk mengcrawl suatu URL dari situs yang baru dibuat, dan disaat bersamaan mereka (Google) sendiri memiliki tanggung jawab untuk mengcrawl jutaan URL setiap harinya.
    Mudahnya, selain karena beratnya tugas yang mereka miliki, terbatasnya informasi yang dimiliki Google untuk mengindex situs baru menjadi kendala dalam hal pengindexan suatu URL.

    cara mengindex artikel postingan blog dalam hitungan detik 3_mudah.jpg
    Bahkan Google sekalipun memiliki masalahnya sendiri...

    Karena hal itulah, beberapa artikel, postingan atau halaman dari suatu situs mungkin tidak dapat terindex dalam waktu yang singkat dan dibutuhkan waktu hingga konten-konten tersebut berhasil di-crawl dan di-index oleh mesin pencari.
    Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, alasan kenapa suatu URL tidak dapat terindex di Google adalah karena mereka (Google) mengalami kesulitan untuk mengirimkan bot-bot yang digunakan untuk menjamah atau mengcrawl URL tersebut.

    Dengan kata lain, ketika mereka tidak dapat mengcrawl suatu URL di blog Anda, mereka tidak dapat memasukan URL tersebut kedalam daftar index mereka, sebab Google tidak tahu akan keberadaan URL, dan sistem akan menganggap URL tersebut tidak pernah ada.

    Nah, agar mesin pencari dapat mengindex blog Anda kedalam sistem mereka , Anda harus memberitahu Google URL artikel, halaman, beserta segala konten yang ada di blog Anda ke mesin pencari secara manual agar mereka tahu dan mengindex situs Anda.

    Jika diilustrasikan dengan cara yang lebih mudah, disini Anda akan belajar bagaimana cara untuk memberitahu Google tentang keberadaan alamat rumah Anda (URL blog Anda), dan meminta mereka untuk memasukan alamat rumah Anda ke Google Map, yang didalamnya terdapat jutaan alamat lainnya (URL blog milik orang lain)

    Dan Google telah menyediakan dua fitur bernama Search Console dan yang satunya merupakan salah satu fitur yang dapat Anda temui di Webmaster Tools, yakni Crawler yang dapat menjalankan tugas tersebut (memberitahu Google untuk mengindex suatu URL secara manual).

    cara mengindex artikel postingan blog dalam hitungan detik 2.PNG
    Salah satu layanan yang dapat digunakan untuk mensubmit URL ke Google, Search Console

    cara mengindex artikel postingan blog dalam hitungan detik_mudah.jpg

    Salah satu layanan yang dapat digunakan untuk mensubmit URL ke Google, Crawler, yang dapat ditemui di Google Webmaster Tools

    Dengan menggunakan bantuan salah satu dari tools tersebut, Anda akan dapat mengindex artikel Anda di search engine dan memunculkannya di halaman pencari dalam hitungan detik.

    Tidak percaya? Berikut screenshootnya:

    cara meningkatkan traffic blog 5.PNG
    Hanya butuh 31 detik untuk mengindex dan memunculkan suatu artikel di halaman pencari

    cara mengindex artikel postingan blog dalam hitungan detik 4.PNG
    Hanya butuh 16 detik untuk mengindex dan memunculkan suatu artikel di halaman pencari

    cara mengindex artikel postingan blog dalam hitungan detik 5.PNG
    Hanya butuh 22 detik untuk mengindex dan memunculkan suatu artikel di halaman pencari

    Itulah beberapa screenshoot yang dapat saya ambil pada saat artikel yang saya buat terindex di Google hanya dalam hitungan detik, hanya dengan memanfaatkan salah satu layanan submit URL milik Google.

    Lalu, bagaimana? Tertarik untuk menggunakan cara ini untuk mengindex artikel Anda di Google? Jika iya, silahkan baca panduan ini lebih lanjut!

    Karena saya hanya mengenal 2 layanan, yakni Search Console dan Crawler, saya hanya akan menjelaskan penggunaaan kedua layanan tersebut saja.

    Untuk tutorial tentang bagaimana cara mengindex artikel atau postingan di search engine lain, seperti Bing atau Yahoo, Anda dapat membaca referensi di artikel lain, karena tutorial kali ini hanya berlaku untuk mengindex artikel di mesin pencari yang paling banyak digunakan saat ini, Google.

    Untuk selengkapnya, silahkan ikuti panduan penggunaan Search Console dan Crawler dibawah ini untuk mengindex artikel Anda di Google:

    a. Mengindex artikel atau postingan di Google dengan menggunakan Search Console - URL Crawl
    Search Console - URL Crawl adalah salah satu dari dua layanan yang dapat digunakan untuk dapat mengindex artikel di mesin pencari Google.

    Dalam penggunaannya sendiri, search console ini lebih mudah digunakan daripada Crawler (baca poin b untuk mengetahui penggunaan layanan ini untuk mengindex artikel di Google) karena tampilannya yang begitu sederhana, dimana layanan ini hanya mengharuskan penggunanya untuk memasukan URL yang ingin di-submit ke Google, menyelesaikan CAPTHA, dan kirim permintaan, itu aja.

    cara mengindex artikel postingan blog dalam hitungan detik 2.PNG
    Tampilan halaman Search Console - URL Crawl

    Jika Anda hanya mengindex URL tunggal, saya sendiri menyarankan Anda untuk menggunakan tools yang satu ini.

    Kemudian jika Anda ingin mengindex banyak URL secara massal, baru kemudian Anda penggunakan fitur Crawler yang dapat Anda temui di Google Webmaster Tools (sekarang telah berubah nama menjadi Search Console), untuk tutorialnya sendiri dapat Anda baca di poin b.
    Secara keseluruhan, tak ada persyaratan khusus yang diperlukan untuk dapat menggunakan tools ini, namun Anda harus berada dalam keadaan login ke akun Gmail sebelum menggunakan layanan ini.

    Untuk selengkapnya, silahkan baca panduan dibawah ini untuk menggunakan layanan ini untuk mengindex artikel ke Google:
    1. Pertama, silahkan kunjungi halaman layanan Search Console - URL Crawl
    2. Jika sudah, Anda seharusnya akan dialihkan ke halaman seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini:
      cara mengindex artikel postingan blog dalam hitungan detik 2.PNG
      Untuk menggunakan layanan ini, silahkan copy-paste URL yang ingin Anda submit ke Google (contoh: http://panduan-ngeblog.com/belajar-ngeblog-bersama.html) dan selesaikan CAPTHA
    3. Jika Anda sudah memasukan URL dan menyelesaikan CAPTHA, klik tombol Kirim Permintaan untuk mengirim permintaan agar Google mengcrawl dan mengindex URL yang Anda masukan.
    4. Seharusnya, jika semuanya berjalan dengan lancar, maka Anda akan mendapatkan pemberitahuan yang bertuliskan "Permintaan Anda telah diterima dan akan segera diproses."
      cara mengindex artikel postingan blog dalam hitungan detik 6.PNG
      Setelah Anda mendapatkan pemberitahuan tersebut, silahkan tunggu beberapa saat hingga Google mengcrawl URL tersebut dan mengindexnya di halaman pencari.
    Cara paling sederhana yang dapat kalian lakukan apakah artikel atau postingan yang Anda submit pada saat mengikuti langkah-langkah diatas berhasil terindex atau tidak adalah dengan mengetikan judul artikel yang Anda miliki di halaman pencari.

    Sebagai contoh, jika Anda memiliki sebuah artikel berjudulkan "Bagaimana cara mengindex artikel di search engine", maka silahkan ketikan kembali judul tersebut di kotak pencarian. Jika Artikel yang Anda buat muncul di halaman pencari (biasanya, artikel yang baru saja terindex akan muncul posisi di halaman pertama mesin pencari, namun ada baiknya Anda mengecek halaman-halaman berikutnya untuk jaga-jaga), maka artikel Anda dinyatakan sudah berhasil terindex ke Google.

    Jika artikel Anda tetap tidak muncul di halaman pencarian dalam kurun waktu 3 jam, maka ada tiga kemungkinan yang bisa terjadi, berikut diantaranya:
    • Terjadinya antrian yang panjang pada saat melakukan crawl (URL artikel Anda mungkin melakukan persaingan pada keyword dengan tingkat persaingan yang tinggi dan ini membuat Google membutuhkan waktu sedikit lebih lama untuk mengcrawl dan menentukan posisi yang tepat untuk artikel Anda.

      Jika ini yang menjadi penyebab kenapa artikel Anda tidak muncul di halaman pencarian dalam kurun waktu 3 jam, Anda hanya harus menunggu sedikit lebih lama, dalam kurun waktu 1x24 jam pasti terindex kok!).
    • Artikel mendapatkan posisi yang buruk di halaman pencari (artikel mungkin telah terindex di search engine, namun mendapatkan posisi yang buruk di mesin pencari, karena artikel muncul di halaman kedua, ketiga, keempat, dan mungkin lebih buruk daripada itu. Biasanya ini diakibatkan karena kualitas artikel yang buruk)
    • Google menolak URL yang ingin Anda submit (biasanya disebabkan karena artikel melakukan suatu pelanggaran, seperti karena artikel hasil copas, artikel melanggar UU ITE, atau terkena domain blog Anda terkena deindex)
    Namun dalam keadaan normal, hanya butuh beberapa menit agar artikel dapat terindex di Google, bahkan jika Anda beruntung, artikel akan terindex dalam hitungan detik, seperti yang pernah saya alami.

    b. Mengindex artikel atau postingan di Google dengan menggunakan Crawler
    Crawler di Google Webmaster Tools (kini telah berubah nama menjadi Search Console) adalah salah satu dari dua layanan yang dapat digunakan untuk dapat mengindex artikel di mesin pencari Google.

    cara mengindex artikel postingan blog dalam hitungan detik 3_mudah 2.jpg
    Walaupun fitur yang tersedia sama persis, beberapa waktu yang lalu Google memutuskan untuk mengubah nama layanan 'Google Webmaster Tools' menjadi 'Search Console'

    Berbeda dengan halnya Search Console - URL Crawler, yang tak memiliki syarat khusus dalam penggunaannya, untuk menggunakan Crawler Anda perlu menghubungkan blog Anda dengan Search Console/Google Webmaster Tools terlebih dahulu untuk dapat mengakses fitur Crawler.

    Untuk tutorialnya tidak akan saya bahas disini, Anda dapat mencari referensi di artikel lain untuk melakukan hal tersebut (Menghubungkan blog dengan Search Console).
    Disini, saya akan beranggapan bahwa Anda telah menghubungkan blog dengan Search Console/Google Webmaster Tools dan telah siap pakai.

    Jadi, silahkan pastikan bahwa Anda telah melakukan sinkronisasi blog dengan Search Console, karena saya tidak akan membahas tutorial untuk melakukan hal tersebut disini, karena disini saya mau berfokus pada penggunaan Crawler untuk mengindex artikel di Google.

    Seumpama jika Anda telah siap, silahkan ikuti panduan dibawah ini untuk menggunakan layanan Crawler untuk mengindex artikel di Google:
    1. Pertama, silahkan kunjungi halaman Search Console
    2. Setelah Anda mengunjungi halaman Search Console, silahkan pilih web yang ingin Anda kelola
      cara mengindex artikel postingan blog dalam hitungan detik 7.PNG
    3. Setelah Anda masuk ke dashboard Search Console dari web yang ingin Anda kelola, di bagian kiri halaman tersebut, pilih menu Perayapan--> Ambil sebagai Google
      cara mengindex artikel postingan blog dalam hitungan detik 8.PNG
    4. Jika sudah, copy-paste URL dari artikel atau postingan yang ingin Anda index pada kolom yang telah disediakan.
      cara mengindex artikel postingan blog dalam hitungan detik 9.PNG
      Dalam melakukan copy-paste ini, cukup ketikan URL halamannya saja, tanpa nama domain, karena sistem sudah mengetikan nama domain secara otomatis. (Contoh, jika URL artikel aslinya adalah http://panduan-artikel.com/belajar-blog-bersama-kita.html, maka Anda hanya perlu mengcopy paste bagian belajar-blog-bersama-kita.html saja)

      Jika Anda sudah melakukan hal tersebut, Pilih Deskop pada menu drop-down.

      Setelah itu, klik Ambil
    5. Setelah Anda mengklik Ambil, silahkan lihat pada bagian daftar URL.

      Disana, seharusnya ada sebuah tombol baru yang muncul, yakni Mulai pengindeksan, silahkan klik tombol itu.
      cara mengindex artikel postingan blog dalam hitungan detik 10.PNG
    6. Setelah Anda melakukan hal tersebut, sebuah pop-up akan muncul untuk menanyakan jenis crawl yang Anda inginkan.

      Ada 2 pilihan yang akan muncul, yakni Rayapi URL ini saja dan Rayapi URL ini dan tautan langsungnya.
      cara mengindex artikel postingan blog dalam hitungan detik 11.PNG
      Ada beberapa hal yang membedakan antara Rayapi URL ini saja dengan Rayapi URL ini dan tautan langsungnya. Berikut beberapa diantaranya:
      • Batasan penggunaan
        Dalam hal penggunaan, "Rayapi URL ini saja" lebih bebas digunakan daripada "Rayapi URL ini dan tautan langsungnya". Karena Anda diberikan kesempatan untuk mengcrawl 500 URL per bulan menggunakan "Rayapi URL ini saja", sedangkan untuk "Rayapi URL ini dan tautan langsungnya", Anda hanya diberikan kesempatan untuk mengcrawl 10 URL per bulannya.

        Untuk alasan penyebab keterbatasan ini, Anda dapat membacanya di poin berikutnya
      • Perbedaan fungsi
        "Rayapi URL ini saja" memiliki fungsi untuk mengcrawl URL tunggal, biasanya fitur ini untuk mengcrawl suatu halaman, postingan, atau artikel. Sedangkan untuk "Rayapi URL ini dan tautan langsungnya" berfungsi untuk mengcrawl suatu URL beserta cabang-cabang dari URL tersebut, biasanya fitur ini digunakan untuk mengcrawl suatu artikel bercabang (yang memiliki banyak link internal yang mengarah ke artikel lain yang ada di suatu artikel), label/kategori, tag, sitemap atau mengindex URL suatu domain secara menyeluruh.

      Singkat cerita, jika Anda ingin mengindex artikel atau postingan saja, cukup gunakan "Rayapi URL ini saja".

      Setelah menyelesaikan CAPTHA, langsung saja klik tombol Kirim.
    7. Selesai.
      cara mengindex artikel postingan blog dalam hitungan detik 12.PNG
      Jika semuanya berjalan dengan lancar, seharusnya status telah berubah menjadi Selesai, seperti yang terlihat pada screenshoot diatas.

      Setelah Anda mendapatkan pemberitahuan yang sama, Anda hanya tinggal menunggu hingga Google selesai mengindex artikel atau postingan Anda.
    Pada langkah ke-4, ada banyak orang yang menanyakan kepada saya apa yang membedakan antara "Ambil" dengan "Ambil dan Render".

    Jika Anda merupakan salah satu diantara mereka, perkenankan saya untuk menjelaskan perbedaan antara kedua tombol tersebut.

    Ambil dan Ambil dan Render pada dasarnya memiliki fungsi yang sama, yakni mengcrawl suatu URL. Adapun yang membedakan antara kedua fitur tersebut adalah Ambil dan Render dapat digunakan untuk menampilkan bagaimana Google memandang blog (mulai dari memperlihatkan meta tag, link, gambar, kode tersembunyi dan semua yang ada pada URL yang dicrawl) Anda pada saat bot-bot mereka mengcrawl URL, sedangkan Ambil tidak dapat melakukan hal tersebut.

    cara mengindex artikel postingan blog dalam hitungan detik 13.PNG
    Pada saat Anda memilih Ambil, hanya tab Mengambil yang akan muncul.
    Tab mengambil ini akan memunculkan kode-kode yang berhasil dicrawl oleh bot Google pada saat merayapi suatu URL.

    cara mengindex artikel postingan blog dalam hitungan detik 14.PNG
    Pada saat Anda memilih Ambil dan Render, tab Mengambil dan Mereder akan muncul.
    Tab merender ini akan menampilkan tampilan bagaimana Google memandang URL tersebut. Untuk alasan privasi, saya harus mensensor beberapa bagian, jadi mohon dimaklumi.
    Bagian yang disensor ini menampilkan tampilan website, seperti Anda melihat website Anda. Hanya saja ini adalah tampilan website dari sudut pandang Google.

    Alasan lain kenapa saya menyarankan memilih Ambil kebanding Ambil dan Render adalah karena Ambil dan Render membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama untuk melakukan crawl saat menunggu status URL sebelum siap melakukan Minta pengindeksan.

    Tentunya, ini terjadi karena mereka diminta untuk melakukan tugas tambahan (yang tidak terjadi pada saat memilih tombol Ambil), yakni merender URL.

    Penutup
    Kurang lebih, itulah beberapa hal yang dapat saya sampaikan terkait bagaimana cara untuk mengindex artikel atau postingan blog di Google dan memunculkannya di halaman pencarian.

    Jika Anda merasa ragu atau bingung dengan apa yang saya tuliskan diatas, jika berkenan, silahkan tinggalkan sebuah feedback di kolom komentar yang berisi tentang rasa ragu Anda, dan jika memungkinkan, saya akan menjawab feedback yang Anda kirimkan secepat yang saya bisa.
     
    Last edited: Nov 23, 2016
.
Loading...
Thread Terkait
  1. Anak_Baru1
    Replies:
    0
    Views:
    2,669
  2. Anak_Baru1
    Replies:
    0
    Views:
    1,646
  3. Anak_Baru1
    Replies:
    0
    Views:
    2,145
  4. Anak_Baru1
    Replies:
    2
    Views:
    23,176
  5. Anak_Baru1
    Replies:
    1
    Views:
    1,657
  6. Anak_Baru1
    Replies:
    11
    Views:
    2,700
  7. Anak_Baru1
    Replies:
    1
    Views:
    2,893
  8. Anak_Baru1
    Replies:
    1
    Views:
    2,573
  9. Anak_Baru1
    Replies:
    1
    Views:
    2,296
  10. Anak_Baru1
    Replies:
    1
    Views:
    4,742
×
beli pulsa online dengan harga murah