1. Welcome, Guest
    Sekolah Blogger adalah sebuah situs yang didedikasikan bagi anda yang ingin mempelajari lebih lanjut seputar cara mendapatkan penghasilan di internet, terutama Blog.
    Dismiss Notice

Alasan Penolakan Google Adsense Beserta Solusi-nya

Anak_Baru1May 18, 2016

  1. Anak_Baru1

    Anak_Baru1 Member

    Messages:
    295
    Like Diterima:
    7
    Trophy Points:
    18
    Joined
    Feb 14, 2016
    Semua orang tau, mendaftar menjadi publisher Google Adsense bukanlah perkara mudah, diperlukan kesabaran, ketekunan, dan tekad yang kuat untuk dapat menayangkan iklan pay per click yang satu ini.

    Dan bagi mereka yang menyerah di tengah jalan, kebanyakan dari mereka yang gagal akan mencoba menghancurkan blog mereka sendiri, baik dengan cara memasang iklan pop-up yang menganggu kenyamanan pengunjung atau melakukan black hat seo seperti AGC dengan tujuan untuk meningkatkan pengunjung blog dengan cara curang.

    Tak sedikit pula dari mereka memutuskan untuk berhenti menjadi seorang blogger karena penghasilan blog dengan memasang iklan selain Google Adsense sangatlah kecil, padahal masih ada banyak cara yang dapat ditempuh seorang blogger untuk dapat menghasilkan uang.
    Memang benar, untuk saat ini Google Adsense adalah sebuah program pengiklan dengan filter masuk menjadi publisher yang sangat ketat, dimana hanya blog blog yang memenuhi persyaratan dan kriteria tertentu lah yang akan diterima. Jika misalkan anda mengembangkan blog anda secara asal asalan dan iseng iseng, hanya sedikit kemungkinan anda diterima menjadi publisher, karena walau bagaimanapun, Google Adsense sudah termasuk kedalam area kerja.
    Seiring dengan banyaknya penolakan yang dilakukan robot Google Adsense, ada banyak alasan yang dilontarkan Adsense ketika mereka mengirimkan para pelamar (anda) email balasan terkait approval Google Adsense yang tak jarang membuat mereka merasa down akan setiap penolakan yang terus menerus terjadi, entah karena navigasi situs sulit, konten tidak memadai, konten tidak sesuai dengan kebijakan, dan masih banyak alasan penolakan lainnya.

    email penolakan Google Adsense 2.png

    Saya akan mencoba merangkum alasan alasan apa saja yang dilontarkan oleh Google Adsense sebagai alibi mereka menolak blog anda, serta bagaimana solusi yang mungkin dapat membantu anda untuk mengatasi permasalahan tersebut. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah sejumlah alasan penolakan Google Adsense serta solusi untuk mengatasinya:

    1. Tidak dapat meninjau situs
    Isi pesan
    :
    Penyebab:
    Jika misalkan anda mendapatkan penolakan dengan alasan ini, ada kemungkinan kalau bot Google tidak dapat melakukan crawl terhadap situs yang anda miliki. Terkadang, masalah ini muncul karena anda melakukan kesalahan ketika melakukan pengeditan terhadap robots.txt, tidak memasang kode iklan (memasangnya di lokasi yang tidak dapat dijamah bot), dan ada pula yang menyebut bahwa penolakan ini juga disebabkan karena loading template yang lambat.

    Jikapun ada alasan lain yang masuk akal dalam penolakan ini, itu adalah adanya kemungkinan server anda down (jika anda menggunakan self-hosted) pada saat masa review berlangsung, satu lagi alasan alasan konyol yang membuat anda mendapatkan penolakan ini adalah kesalahan Anda ketika mengetikan domain pada saat melakukan pendaftaran Google Adsense.
    Solusi:
    Jika anda yakin bahwa blog anda berada dalam keadaan baik baik saja, tidak mengalami penghapusan oleh Google ataupun server down, maka hanya ada 1 alasan logis yang mungkin, yakni kesalahan pada setting robots.txt

    Robots.txt adalah sebuah file yang mengatur tentang bagaimana sebuah situs memberikan ijin kepada search engine untuk mengirimkan bot dan mengcrawl anda. Robots.txt adalah sebuah file yang sangat sensitif, bahkan jika anda melakukan kesalahan pada pengeditan robots.txt, ada kemungkinan seluruh konten di blog anda tidak akan terindex. Jika misalkankan penyebab dari masalah yang anda alami terletak pada robots.txt, anda hanya perlu menyetting file robots.txt anda ke settingan default-nya.
    Penempatan iklan juga bisa jadi menjadi salah satu penyebabnya, penempatan iklan yang salah bisa menjadi alasan kenapa Google tidak bisa meninjau situs, dikarenakan script iklan yang anda pasang ditempatkan dilokasi yang tidak dapat dijamah Google. Untuk amannya, pastikan script iklan terpasang di sidebar dan memunculkan area blank (pada masa review, sebelum mendapatkan full approve) dengan ukuran yang sama dengan iklan yang ambil dari dashboard Google Adsense.

    Jika misalkan tidak mempan, dan anda tetap mendapatkan alasan penolakan yang satu ini, cobalah untuk mengganti template blog anda menjadi template yang memiliki loading yang tak terlalu berat.
    2. Situs tidak sesuai dengan kebijakan Google
    Isi pesan
    :
    Penyebab:
    Ada beberapa penyebab yang menyebabkan anda menerima alasan ini, diantaranya konten yang tidak unik, menayangkan iklan di halaman miskin informasi (di halaman 404, contact us, about us, dll), banyaknya error 404 not found.
    Solusi:
    Untuk mengatasi permasalahan ketika menghadapi penolakan dengan alasan yang satu ini, anda diwajibkan untuk membuat artikel yang unik. Dalam kasus ini, artikel unik tidak hanya sekedar artikel yang murni dibuat dengan ketikan tangan, melainkan artikel yang unik dalam artian tidak pernah / jarang dibahas di situs lain. Google mengharapkan publishernya untuk selalu menayangkan iklan mereka di situs yang memiliki konten yang bervariasi dan bukan konten yang sudah pasaran, alias mainstream.

    Di beberapa situs saya juga sempat membaca penolakan ini diakibatkan karena anda menayangkan iklan Google Adsense di halaman / artikel / postingan yang miskin informasi, sebagai contoh: halaman error 404, contact us, about us dan halaman miskin informasi lainnya. Untuk mengatasi hal ini, mulai saat ini buatlah artikel yang berisi informasi yang bermanfaat, paling tidak usahakan setiap artikel memiliki 300-500 kata untuk menghindari alasan penolakan yang satu ini.

    Banyak link error 404 juga menyebabkan blog terkesan tidak sehat (bermasalah), dan untuk mengetahui apa saja yang menjadi sumber masalahnya, anda harus menggunakan Google Webmaster Tools untuk memonitor, menganalisis dan mengatasi error ini:
    3. Situs terkait dengan alamat email lain
    Isi pesan
    :
    Penyebab:
    Hanya ada 2 hal yang menjadi penyebab utama penolakan ini dengan alasan yang satu ini, yakni 1.) Mendaftar melalui 1 PC, IP, dan area yang sama ketika anda sudah memiliki akun adsense yang telah disetujui (approve). 2.) Data data pada saat melakukan pengisian formulir sama dengan akun Adsense milik email lain
    Solusi:
    Jika anda mendapatkan alasan penolakan yang satu ini, dipastikan penyebabnya 100% persen berada pada diri anda dan bukan dikarenakan blog yang bermasalah.

    Google Adsense hanya memperbolehkan seseorang untuk memiliki satu buah akun Google Adsense, Google tidak memperbolehkan seseorang memiliki lebih dari satu akun Adsense, bagaimanapun alasannya. Walaupun begitu, masih ada banyak orang yang dapat mengakalinya dengan menggunakan data data orang tua, saudara, atau sepupu untuk dapat mendapatkan lebih dari satu akun, namun jika anda melakukannya dengan cara yang salah, dipastikan anda akan mengalami penolakan.

    Google dapat mendeteksi komputer mana yang anda gunakan ketika anda melakukan pendaftaran, dan jika kebetulan anda pernah login dengan menggunakan akun adsense anda yang sama, bersiaplah untuk menerima penolakan.

    Selain itu, jika anda memasukan data data yang sama dengan akun yang sudah di-approve tersebut, anda juga akan mendapatkan penolakan dengan alasan yang satu ini.

    Di banyak blog yang membahas hal yang sama tentang membuat akun adsense di satu komputer, banyak yang menyarankan untuk menghapus cookie / cache namun cara tersebut tidak mempan, begitupula dengan mengganti data data di menu setelan profil (ketika masa review kedua, kita diperbolehkan mengakses dashboard dan mengganti beberapa informasi dasar, termasuk data alamat pembayaran, nama penerima, alamat, dan lain lain).

    Saran saya, jika anda ingin membuat akun Adsense dan mendapatkan penolakan ini, buatlah jarak 1 bulan setelah anda mendapatkan penolakan untuk melakukan pendaftaran. Lakukan dengan menggunakan akun gmail baru dan di perangkat yang baru pula, entah itu nyewa komputer di warnet, temen atau mendaftar dengan menggunakan HP, dijamin anda tidak akan menerima penolakan dengan alasan yang satu ini.
    4. Alamat kontak salah, tidak lengkap, atau tidak dincantumkan
    Isi pesan:
    Penyebab:
    Seperti yang tertuliskan pada emailnya, penolakan ini sepertinya disebabkan karena adanya kesalahan pada alamat anda dan alamat kontak.
    Solusi:
    Solusinya, pastikan nomor kontak (HP) yang anda ketikan pada masa pendaftaran aktif, karena Google akan melakukan verifikasi keamanan bahwa nomor itu benar benar merupakan no kontak anda dan nantinya no ini akan mendapatkan panggilan dari account manager Google Adsense anda (jika saldo sudah mencapai titik tertentu)

    Jika masalah no. HP sudah terselesaikan, hal yang dapat Anda lakukan selanjutnya adalah memastikan bahwa alamat yang anda tuliskan sudah benar. Alamat ini harus diisi dengan benar, karena nantinya alamat ini nantinya akan menjadi alamat dimana surat PIN (verifikasi alamat) dikirimkan pada saat saldo akun anda sudah mencapai $10
    Anda perlu melakukan pengisian dengan benar, mulai dari alamat, kota dan provinsi harus sinkron. Rasanya tidak lucu jika anda menuliskan kota dengan isi "Semarang", namun anda menuliskan provisinsi "Jakarta"
    5. Navigasi situs sulit
    Isi pesan
    :
    Penyebab:
    Pada saat melakukan review, Bot Google mendeteksi bahwa blog memiliki navigasi situs yang sulit, dalam hal ini, navigasi situs mencangkup banyak hal dan membuat pengunjung merasa tidak nyaman, seperti banyaknya link yang tidak ditemukan (404 Not Found), navigasi seperti menu bar tidak diedit dengan baik, atau mungkin adanya script redirect ke halaman lain pada blog.
    Solusi:
    Untuk mengatasi permasalahan ini, anda diwajibkan untuk memenuhi segala navigasi yang nantinya digunakan untuk mempermudah pengunjung untuk mengakses halaman / artikel yang dimuat di blog anda di satu sesi yang sama ketika pengunjung mengunjungi blog anda melalui search engine.

    Navigasi ini dapat berupa menubar, widget recent post, popular post, dan related post, setidaknya dalam hal navigasi situs, 4 fungsi adalah fitur yang memegang peran paling besar.
    Tidak hanya navigasi yang dapat dilihat dengan kasat mata, karena yang melakukan review pada sebuah blog adalah robot, Anda juga harus memperhatikan bagaimana kesehatan situs anda, lakukan pengecekan apakah terjadi 404 Not pada blog anda atau tidak di Google Webmaster Tools dan periksa apakah adakah ada script pengalihan (redirect) atau tidak pada situs anda.
    6. Konten tidak memadai
    Isi pesan
    :
    Penyebab:
    Jika anda mendapatkan balasan yang satu ini, dipastikan kesalahan terdapat pada konten yang disajikan di blog anda tidak berkualitas.
    Solusi:
    Buat atau lakukan pengeditan pada sebuah sebuah artikel, biasanya hanya blog blog yang memiliki konten tidak berkualitaslah yang akan menerima error yang satu ini. Dalam hal ini, konten yang tidak berkualitas yang dimaksud Google ialah: 1. ) Artikel yang anda buat tidak unik 2.) Terlalu banyak gambar, miskin teks 3.) Konten didominasi dengan artikel yang terbuat dari kurang 200-300 kata.

    Artikel yang tidak unik disini bukan hanya sekedar artikel yang dibuat berdasarkan ketik tangan sendiri, melainkan bagaimana pemilik blog menghadirkan inovasi dan gebrakan baru untuk memenuhi halaman pencarian dengan hal hal baru, Google tidak akan menerima sebuah blog yang hanya dapat menuliskan artikel yang sudah banyak dibahas di banyak situs lain, mereka mengharapkan publishernya agar selalu membuat artikel yang tidak pernah / jarang dibahas.

    Google tidak menyukai artikel yang minim informasi dan hanya mengandalkan gambar sebagai daya tariknya, para blogger diharapkan untuk membuat artikel yang se-informatif mungkin agar pengiklan (advertiser) tidak merasa dirugikan karena menayangkan iklan mereka di situs yang tidak berkualitas. Paling tidak, buatlah artikel dengan gambar dan teks yang saling melengkapi, tidak terlalu berlebihan dan tak pula terlalu kurang, buatlah komposisi artikel yang pas, setidaknya mulai saat ini biasakan untuk membuat postingan dengan 400-600 kata.
    7. (Pada saat mengisi formulir) Url ini tidak tersedia untuk mendaftar Google Adsense
    Isi pesan
    :
    Penyebab:
    Berdasarkan pengalaman saya, hal ini dikarenakan karena anda mengalami penolakan dan mencoba mendaftar ulang kembali secara beruntun selama beberapa kali. Dalam beberapa kasus, hal ini juga disebabkan karena Anda melakukan penutupan akun (Cancel) disaat masa review.

    Menurut pembicaraan yang dibicarakan di situs luar, hal ini merupakan sebuah fitur baru yang diluncurkan oleh Google dengan tujuan melakukan pre-reject URL, dengan kata lain, ini adalah sebuah fitur dimana anda sudah mendapatkan penolakan bahkan sebelum dapat melakukan pengisian formulir pendaftaran secara menyeluruh (ketika anda mendapatkan pesan ini, anda tidak dapat beralih ke tahap ke-3).

    Banyak juga yang menyebutkan pre-reject ini adalah cara baru Google untuk menunjukan situs situs mana saja yang dibanned dari pengiklanan Google Adsense
    Solusi:
    Untuk saat ini, saya hanya mengetahui 2 cara pasti yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan ini, yakni melakukan penggantian domain dan membeli akun adsense non-hosted full approve. Saya tidak mengetahui solusi lain selain itu, mengingat sampai saat ini saya masih menghadapi masalah ini... (masih sayang dengan domain situs yang saya gunakan saaat ini, dan tidak adanya dana untuk membeli akun non-hoted)

    8. (Pada saat mengisi formulir) Mohon maaf, data kami menunjukkan bahwa saat ini Anda tidak memenuhi syarat untuk berpartisipasi di AdSense. Pastikan untuk meninjau
    Isi pesan:
    Penyebab:
    Pesan ini muncul pada tahap ketiga anda melakukan pengisian formulir Google Adsense, jika anda mendapatkan pesan ini, ada kemungkinan bahwa umur anda saat ini masih dibawah 18 tahun (berdasarkan umur yang anda tuliskan pada saat pertamakali mendaftar akun Gmail)
    Solusi:
    Untuk mengatasi masalah ini, anda dapat mengakalinya dengan mengganti tanggal lahir anda beberapa tahun lebih tua supaya terhitung umur anda yang saat ini minimal menjadi 18 tahun.
    Penutup
    Untuk saat ini, mungkin hanya alasan alasan umum itulah yang biasa digunakan Google sebagai alibinya menolak lamaran seorang blogger untuk menayangkan iklan mereka. Diharapkan setelah membaca thread ini, anda dapat melakukan perbaikan setelah mengetahui penyebab dan solusi yang barangkali dapat membantu anda.
     

    Attached Files:

    Last edited: Jul 9, 2016
  2. zhaahir

    zhaahir New Member

    Messages:
    1
    Like Diterima:
    0
    Trophy Points:
    1
    Joined
    Jun 29, 2016
    Ulasan mengenai alasan penolakan google adsense ini bisa membantu netter yang tengah berusaha meraih income melalui Adsense. Pada artikel ini juga diberikan solusi dari permasalahan yang ada.

    Artikel ini bermanfaat dan bisa dijadikan referensi gan.

    Zhaahir
    www.zhaahir.id
     
  3. Anak_Baru1

    Anak_Baru1 Member

    Messages:
    295
    Like Diterima:
    7
    Trophy Points:
    18
    Joined
    Feb 14, 2016
    Terimakasih atas feedbacknya. Semoga dapat membantu Anda jika misalkan Anda sedang mengalami masalah saat ingin menjadi seorang publisher Google Adsense
     
.
Loading...
×
beli pulsa online dengan harga murah