1. Welcome, Guest
    Sekolah Blogger adalah sebuah situs yang didedikasikan bagi anda yang ingin mempelajari lebih lanjut seputar cara mendapatkan penghasilan di internet, terutama Blog.
    Dismiss Notice

Cara Mengecek (Mengetahui) Keunikan Sebuah Artikel

Anak_Baru1May 22, 2016

Tags: Edit
  1. Anak_Baru1

    Anak_Baru1 Member

    Messages:
    294
    Like Diterima:
    7
    Trophy Points:
    18
    Joined
    Feb 14, 2016
    aplikasi pengisian pulsa "Semakin unik sebuah artikel, semakin bagus juga blog atau artikel dimata Google", itulah kata kata yang biasa disisipkan oleh kebanyakan blog yang membahas tentang bagaimana cara untuk meningkatkan volume pengunjung sebuah blog atau website. Pada kenyataannya, kata kata tersebut memang benar adanya.

    Google sangat menyukai blog blog yang menyajikan konten yang unik, semakin unik sebuah konten yang dimuat di sebuah blog, semakin besar pula kemungkinan mesin pencari seperti Google, Bing, ataupun Yahoo memberikan posisi yang lebih di hasil pencarian search engine. Tak hanya itu, disaat anda mencoba mendaftarkan blog ke Google Adsense, Google hanya akan menerima blog blog yang memiliki konten unik dan memenuhi beberapa kriteria lain berdasarkan kebijakan yang telah mereka tetapkan.
    Dalam penerimaan menjadi publisher Google Adsense, makna dari kata "unik" yang disebutkan Google adalah bagaimana sebuah blog mampu menghadirkan artikel artikel yang berinovasi, berbeda dan tidak pernah / jarang dibahas di blog lain, dimana hal ini ditujukan agar hasil dari halaman pencari semakin terisi serta menjadi lebih lengkap. Sedangkan dalam hal SEO sendiri, makna dari kata "unik" lebih mengarah pada bagaimana sebuah artikel atau postingan dinilai fresh dan tidak pernah dituliskan di situs lain dengan menggunakan isi kata-kata, kalimat, dan paragraf yang sama dengan artikel yang Anda tuliskan.
    Bisa, untuk menglustrasikan hal ini, kita membutuhkan 2 obyek, obyek pertama yakni blog anda (sebut saja blog A), dan obyek kedua adalah blog orang lain (sebut saja blog B). Berikut adalah illustrasi untuk mengartikan apakah yang dimaksud dengan unik dalam SEO:
    Pada titik ini, artikel yang Anda tuliskan dinyatakan sudah tidak unik lagi dimata Google.

    Seperti yang saya tuliskan dalam illustrasi diatas, selama sebuah kata kata, kalimat, atau paragraf di Artikel yang Anda buat memiliki kemiripan, bahkan sama, Google tidak lagi menganggap artikel yang Anda tuliskan kedalam kategori unik, dikarenakan duplikasi dari artikel itu sendiri telah dibuat atau tersedia di blog lain.

    Untuk membuat artikel yang unik tidaklah sulit, Anda hanya harus membuat sebuah artikel yang berasal dari ide dan Anda ketik sendiri, mengingat tidak mungkin setiap orang memiliki pemikiran yang sama dalam hal alur, tata bahasa, dan bagaimana mereka menjelaskan isi artikel yang mereka muat di blog mereka.

    mengetahui keunikan sebuah artikel.png

    Akan tetapi, saat ini di Internet sudah beredar banyak tools untuk dapat mengakali keunikan sebuah artikel. Sebagai contoh, tools article rewrite dan spin article mampu mengubah sebuah artikel hasil copas menjadi sebuah artikel yang terkesan baru dan fresh dengan cara mengganti kata kata tertentu dengan sinonim dari kata yang di-spin (contoh, jika Anda menggunakan article rewrite, kata "Saya" bisa di-spin dan diubah menjadi kata "Aku" secara otomatis).
    Namun sebelum menggunakan artikel copas yang telah di-spin dan mempublish-nya, Anda harus memastikan bahwa artikel tersebut sudah benar benar unik dan terlihat fresh agar tidak terdetect oleh Google. Hal ini juga lakukan untuk menghindari sebuah blog copas menjadi korban keganasan algoritma Google.

    Saat ini, sudah banyak situs dan tools yang dapat digunakan untuk mengecek persentase keunikan sebuah artikel, sebagai contoh Seoreviewtools, Copyscape (Unique Content Checker), Plagiarisma, Plagtracker, plagscan, Solidseotools (Plagiarism Checker), dan masih banyak lainnya. Namun pada thread ini, saya akan memperkenalkan tools favorit saya untuk mengecek keunikan sebuah artikel, yakni SmallSeoTools, dengan salah satu layanannya, yaitu Plagiarism Checker.

    Apa itu SmallSeoTools?
    [​IMG]
    SmallSeoTools adalah sebuah situs yang menyediakan berbagai macam tools SEO yang dapat digunakan secara gratis. Mereka sudah menyediakan berbagai macam layanan yang sangat bermanfaat dan membantu para blogger mengembangkan blog-nya menjadi lebih baik di situs mereka, diantaranya:
    • Plagiarism Checker
    • Reserve Image Search
    • Article Rewriter
    • Keyword Posisition
    • Grammar Checker
    • Backlink Checker
    • Website SEO Score Checker
    • Google Pagerank Checker
    • Online Ping Website Tool
    • Backlink Maker
    • Link Tracker
    • Reserve Ip Domain Check
    • Check Server Status
    • Word Counteer
    • Spell Checker
    • Class ip Checker
    • What is My Ip
    • Domain Age Checker
    • Website Page Speed Checker
    • Website Page Size
    • Domain Authority Checker
    • Page Authority Checker
    • Google Index Checker
    • Similar Page Checker
    • Find Facebook ID
    • Website Link Analyzer Tool
    • Adsense Calculator
    • dan masih banyak lainnya
    Namun mengingat yang ingin kita lakukan adalah mengecek persentase keunikan sebuah artikel, tool yang kita gunakan disini hanyalah Plagiarism Checker.
    Cara Menggunakan Plagiarism Checker Untuk Mengetahui Keunikan Persentase keunikan Sebuah Artikel
    1. Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengunjungi situs SmallSeotools dan cari tool Plagiarism Checker
    2. Setelah Anda sampai di tool Plagiarism Checker, Anda dapat memulai melakukan pengecekan keunikan sebuah artikel dengan mem-paste artikel Anda di bagian "Paste content here to check Plagiarism". Jika misalkan artikel anda cukup panjang (lebih dari 1000 kata), Anda dapat melanjutkan mem-paste artikel di tab kedua pada tool tersebut untuk melakukan pengecekan artikel secara menyeluruh dalam sekali jalan.
      [​IMG]
      Tambahan:
      Pada bagian Advance option // Exclude a spesific URL, anda dapat mengisi atau mengosongkannya begitu saja. Bagian tersebut digunakan untuk membuat sebuah pengecualian terhadap sebuah URL, agar URL tersebut tidak dihitung dalam pengecekan plagiat artikel (Disini, anda dapat mengetikan URL artikel Anda)

      Selain melakukan copy-paste kedalam kolom yang disediakan, Anda juga dapat melakukan pengecekan dengan mengupload file Ms. Word (.docx) dan txt pada bagan a OR // Select a file (.docx/txt).
    3. Setelah Anda mem-paste artikel Anda, Masukan Security Code dan klik Check Plagiarism
    4. Biarkan Plagiarism Checker untuk mengecek situs situs yang memiliki kesamaan kata-kata, kalimat, atau paragraf yang sama dengan artikel yang Anda miliki. Lama tidaknya proses ini memakan waktu sesuai dengan panjang artikel yang ingin Anda cek, semakin panjang, semakin lama pula waktu yang diperlukan.
    5. Setelah scanning selesai, hasil akan dimunculkan. Berikut contohnya:
      [​IMG]
      Dalam screenshoot diatas, artikel yang saya cek memiliki persentasi keunikan hingga 80/100 atau setara dengan 80%.
    Untuk mendapatkan hasil yang masuk ke zona aman, Ada baiknya Anda memastikan bahwa artikel yang Anda buat memiliki tingkat keunikan lebih dari 70/100, hal ini ditujukan agar Google tidak berfikir bahwa blog/artikel Anda merupakan hasil copy-paste. Akan tetapi, jika Anda menuliskan artikel dengan mengetiknya sendiri, Anda dapat mengabaikan hasil yang diperlihatkan oleh tool ini, karena dipastikan kalau artikel yang ditulis dengan ide dan kata-kata sendiri memiliki tingkat keunikan 100/100

    Ditakutkan jika sebuah artikel tidak unik dan sudah banyak dibahas di blog lain, Artikel yang Anda tuliskan sulit untuk melakukan persaingan di search engine dan justru membuat blog Anda jatuh dari SERP, yang kemudian akan membuat blog menjadi sepi pengunjung.
    Penutup
    Jika dipikir secara logika, Google menerapkan pemberian peringkat SERP yang menyertakan sistem keunikan artikel menjadi salah satu faktornya diterapkan dengan tujuan untuk menghindari hasil pencarian yang berisi konten yang sama. Bayangkan, walaupun semua hasil mesin pencari menghasilkan hasil pencarian yang sama, walaupun kualitas artikelnya tinggi, namun jika konten yang dihadirkan sama, pengguna akan merasa jenuh karena informasi yang mereka dapatkan hanya itu itu saja.

    Maka dari itulah, hindari perbuatan untuk melakukan praktek copy-paste, selain merugikan orang lain, Anda sendiri juga akan kena batunya, waktu habis dihabiskan dengan cara melakukan copy-paste, namun pada akhirnya Google mendeteksi kecurangan Anda dan tidak memberikan peringkat yang baik di search engine, sebaliknya, jika Anda melakukan hal hal seperti ini copy-paste dengan tujuan untuk meng-clone artikel blog orang lain secara terus-menerus, bisa jadi blog Anda akan dihapus, atau bahkan mendapatkan penangguhan akun Blogger (tidak dapat mengakses blogger.com, alias banned) oleh Google .
     
    Last edited: Jun 1, 2016
  2. Pengajar

    Pengajar Administrator Staff Member

    Messages:
    179
    Like Diterima:
    2
    Trophy Points:
    18
    Joined
    Feb 3, 2016
    111
     
.
Loading...
Thread Terkait
  1. Anak_Baru1
    Replies:
    0
    Views:
    2,669
  2. Anak_Baru1
    Replies:
    0
    Views:
    3,546
  3. Anak_Baru1
    Replies:
    0
    Views:
    1,646
  4. Anak_Baru1
    Replies:
    0
    Views:
    2,145
  5. Anak_Baru1
    Replies:
    2
    Views:
    23,176
  6. Anak_Baru1
    Replies:
    1
    Views:
    1,657
  7. Anak_Baru1
    Replies:
    11
    Views:
    2,700
  8. Anak_Baru1
    Replies:
    1
    Views:
    2,893
  9. Anak_Baru1
    Replies:
    1
    Views:
    2,573
  10. Anak_Baru1
    Replies:
    1
    Views:
    2,296
×
beli pulsa online dengan harga murah