1. Welcome, Guest
    Sekolah Blogger adalah sebuah situs yang didedikasikan bagi anda yang ingin mempelajari lebih lanjut seputar cara mendapatkan penghasilan di internet, terutama Blog.
    Dismiss Notice

Dampak dari PERGANTIAN Domain TLD pada Blog/Web

Anak_Baru1Jan 2, 2017

Tags: Add Tags
  1. Anak_Baru1

    Anak_Baru1 Member

    Messages:
    294
    Like Diterima:
    7
    Trophy Points:
    18
    Joined
    Feb 14, 2016
    aplikasi pengisian pulsa Memiliki domain dengan nama sendiri tanpa menyertakan embel-embel nama perusahaan lain, seperti .blogspot.co.id atau .blogspot.com tentunya menjadi salah satu impian semua orang yang memiliki blog.

    Mengganti nama domain blogspot dengan domain sendiri, atau istilah kerennya adalah TLD (Top-level-domain) memang hal yang dapat dilakukan di Blogger, dimana kita dapat mengganti nama situs dengan menghilangkan embel-embel .blogspot, seperti sekolahblogger.net contohnya.

    akibat ganti domain dampak ganti domain akibat pergantian domain dampak negatif pergantian domain traffic turun ganti domain teknik redirect domain TLD efek ganti domain traffic turun setelah ganti domain TLD

    Dengan hanya bermodalkan 120 ribu, Anda sudah dapat membeli sebuah domain TLD di registar domain, dan blog akan terlihat lebih professional dengan TLD.

    Memang murah, cukup sisihkan uang jajan selama sebulan, blog akan menjadi lebih professional dengan domain sendiri.

    dampak ganti domain_blog.jpg

    Namun setelah Anda mengganti domain blog, akan ada sejumlah hal yang terjadi pada blog yang Anda kelola, baik itu dari segi negatif maupun positif.

    Dari segi positif yah, sederhananya blog Anda akan terlihat lebih professional karena menggunakan domain yang berakhiran dengan .com, .net, .org, .info, dan lain sebagainya, serta menghilangkan brand blogspot pada blog Anda.

    Namun seperti yang saya sebutkan diatas, ada dampak negatif yang akan Anda rasakan setelah mengganti domain blog.

    Dan salah satunya adalah traffic blog yang menurun.

    Traffic blog yang menurun setelah pergantian domain adalah hal yang biasa terjadi, bahkan lebih dari 90% orang yang mengganti domain blog mereka yang masih menggunakan blogspot dan kemudian menggantinya dengan domain TLD mengalami fenomena ini, termasuk saya tentunya.

    Jadi jangan heran apabila misalkan traffic blog Anda mengalami penurunan setelah melakukan pergantian domain.

    Nah, untuk mengulas lebih lanjut tentang apa saja hal yang (mungkin) akan terjadi jika Anda mengganti domain blog, silahkan baca ulasan berikut ini:

    a. Dampak positif

    1. Blog akan terlihat professional


    Dampak pertama dan yang sudah pasti Anda rasakan tepat setelah mengganti domain blog menjadi TLD adalah blog yang terlihat menjadi professional.

    Lebih dari 90% dari blog/web terkenal yang beredar saat ini sudah menggunakan domain sendiri pada URL blog mereka, jadi jika misalkan Anda ingin membuat blog Anda Go-Pro, maka mengganti domain menjadi TLD dapat menjadi satu langkah kedepan untuk mencapai tujuan tersebut.

    Selain itu, dengan menggunakan domain TLD blog tidak akan terlihat pasaran, karena Anda sudah menggunakan domain sendiri dan membuang embel-embel .blogspot.co.id atau .blogspot.com yang telah digunakan oleh jutaan situs lain.

    2. Alamat blog menjadi lebih mudah diingat


    Dengan mengganti domain menjadi TLD, otomatis embel-embel domain .blogspot.co.id atau .blogspot.com pada URL blog Anda hilang, yang membuat alamat blog menjadi lebih pendek dan mudah diingat.

    Jika misalkan alamat blog Anda awalnya adalah caramembuatblog.blogspot.com yang terdiri dari 28 karakter, maka setelah Anda mengganti domain menjadi caramembuatblog.com yang hanya terdiri 19 karakte, pengunjung tidak perlu panjang-panjang mengetikan alamat blog Anda di address bar pada browser untuk mengunjungi blog Anda.

    Dengan begitu, URL blog akan menjadi lebih friendly dimata pengunjung karena mudah diingat.

    3. Siap dipindahkan ke Wordpress kapanpun Anda mau


    Salah satu hal yang ditakutkan oleh kebanyakan orang yang menghosting blognya di Blogger.com adalah adanya kemungkinan kalau blog dihapus oleh Google, baik itu karena pemilik blog memang melakukan pelanggaran kebijakan ataupun kesalahan teknis.

    Namun apapun penyebabnya, Blogger bisa saja menghapus blog kapanpun mereka mau.

    Nah, untuk mengantisipasi hal ini sampai terjadi, biasanya seorang blogger akan mengganti domain mereka menjadi TLD. Dengan begitu, walaupun blog mereka dihapus sekalipun oleh Google, dengan menggunakan file backup yang mereka punya mereka masih dapat melakukan migrasi ke Wordpress self-hosting, tanpa kehilangan traffic ataupun penurunan SERP sedikitpun di halaman pencari, seperti Google dan Bing.

    Ini hanyalah tindakan pencegahan, jadi walaupun Anda tidak memiliki niat untuk bermigrasi ke Wordpress, ada baiknya Anda mengganti domain blog Anda menjadi TLD untuk mencegah hal ini sampai terjadi.

    b. Dampak negatif

    1. Traffic blog menurun


    Salah satu hal yang pasti Anda alami pada saat Anda melakukan pergantian domain ke TLD, Anda akan merasakan sensasi dimana traffic pengunjung blog akan berkurung.

    Hal ini akan terjadi beberapa waktu setelah Anda mengganti domain, paling tidak, diminggu pertama Anda akan merasakan penurunan traffic sebesar 15 hingga 30 persen, dan ini akan berlangsung selama beberapa waktu.

    Jadi ketika Anda mengganti domain, kemudian traffic blog mengalami turun, maka itu wajar, dan usahakan jangan panik, karena ini adalah hal yang biasa terjadi.

    Berdasarkan pengalaman saya, setelah blog melakukan pergantian domain, traffic blog pasti akan mengalami penurunan traffic karena penurunan SERP di sejumlah keyword, dengan jumlah yang seperti yang saya sebutkan sebelumnya.

    dampak dari pergantian blog menjadi tld.png
    Contoh penurunan traffic blog akibat pergantian domain blog, seperti yang dialami oleh Emiscara.com

    Namun dalam waktu dua hingga tiga bulan kedepan, traffic blog pasti akan kembali stabil seperti sediakala, jadi jangan khawatir.

    Setelah saya menanyakan teman-teman saya yang kebetulan memang pernah mengganti domain blog mereka menjadi TLD, ternyata mereka mengalami hal serupa, dan menyarankan saya untuk "jangan khawatir", seperti apa yang saya sarankan kepada Anda.

    Singkat cerita, penurunan traffic ini hanya bersifat sementara.

    Selama masa-masa ini berlangsung, Anda dapat membuat artikel/postingan seperti biasa untuk meningkatkan jumlah konten di blog Anda.

    Oh iya, alexa rank Anda juga akan kembali turun ke angka jutaan setelah mengganti domain, namun ini juga bersifat sementara, jadi jangan khawatir.

    2. Domain Authority (DA), Page Authority (PA), dan Page Rank (PR) akan tereset


    Tentu saja, setelah sebuah blog melakukan pergantian domain, Domain Authority (DA), Page Authority (PA), dan Page Rank (PR) akan kembali tereset menjadi 0.

    Bagi Anda yang belum tau, domain authority, page autority, dan page rank sendiri adalah indikator penentu yang memperlihatkan estimasi otoritas yang dimiliki oleh sebuah situs di mesin pencari, dimana semakin besar nilai domain authority, page authority, dan page rank, semakin baik pula posisi sebuah situs di mesin pencari.

    Dan ketika Anda mengganti domain, maka otomatis nilai nilai ini akan tereset menjadi 0 atau 1.

    dampak ganti domain bagi blog yang perlu diketahui 3.JPG
    Domain Authority dan Page Authority sebelum mengganti domain

    dampak ganti domain bagi blog yang perlu diketahui 4.JPG
    Domain Authority dan Page Authority sesudah mengganti domain

    Namun jangan khawatir, karena DA dan PA masih dapat ditingkatkan dengan melakukan optimasi SEO, meningkatkan jumlah backlink, dan memperbanyak konten blog, sedangkan untuk PR sendiri sudah tidak dapat ditingkatkan, sebab Google sudah mematikan parameter PR ini sejak akhir tahun 2014.

    4. Adanya beban perpanjangan domain


    Ketika Anda masih menggunakan domain .blogspot.com atau .blogspot.co.id, Anda mungkin tidak perlu membingungkan permasalahan uang pada saat mengembangkan blog, namun ketika Anda sudah mengganti domain blog menjadi TLD, uang adalah menjadi hal yang perlu diperhitungkan.

    Sama halnya pada saat Anda membeli domain untuk pertamakalinya, Anda harus memperpanjang durasi domain agar domain tetap dapat digunakan, karena jika tidak, domain akan dinonaktifkan dan dijual kepada pembeli lain.

    Jika hal tersebut sampai terjadi, otomatis blog Anda tidak akan dapat diakses

    Biasanya, Anda akan membutuhkan biaya sebesar 100-120 ribu untuk perpanjangan domain .com, .net, .org, dan .info yang akan berlaku untuk 1 tahun kedepan. Namun jika Anda menggunakan domain dengan ekstensi lain, .id contohnya, maka Anda harus mempersiapkan biaya lebih, karena pasalnya domain .id membutuhkan biaya sebesar 250 ribu per tahunnya.

    dampak ganti domain bagi blog yang perlu diketahui.JPG
    Harga pasaran domain TLD saat ini, seperti yang ditawarkan oleh pihak IdCloudHost

    Walaupun harga ini masih dapat dikatakan 'terjangkau' bagi semua kalangan, namun jika blog Anda tidak kunjung dapat mendatangkan penghasilan, mungkin biaya sewa domain ini hanya akan menjadi beban bagi Anda.

    4. Tidak dapat dimonetisasi dengan menggunakan akun Adsense hosted


    Hal terakhir yang ingin saya sampaikan disini terkait "dampak dari pergantidan domain blog menjadi TLD pada blog" adalah mengingatkan bahwa Anda tidak lagi dapat menggunakan akun Adsense berjenis hosted di blog setelah mengganti domain menjadi TLD.

    Ketika Anda memaksakan ingin memasang iklan Adsense dari akun hosted, percuma saja, karena iklan akan tampil dengan tampilan blank atau ruang kosong.

    Hal ini dikarenakan karena akun Google Adsense hosted hanya dapat dipasang di blog yang masih menggunakan brand milik mitra Google, seperti Blogger dan YouTube.

    Walaupun pada dasarnya Anda masih menggunakan layanan Blogger, namun karena Anda menghilangkan brand milik Google, yakni penamaan domain .blogspot.co.id atau .blogspot.com, maka Anda tidak lagi berhak untuk menayangkan iklan Adsense dari akun hosted.

    Namun jangan khawatir, karena Anda masih dapat menayangkan iklan Adsense dengan mengupgrade akun Adsense yang Anda miliki.

    dampak mengganti domain blog menjadi tld 2.png
    Salah satu langkah untuk mengupgrade akun hosted menjadi non-hosted

    Upgrade ini sendiri bertujuan untuk mengubah status akun dari "hosted" menjadi "non-hosted", dengan begitu akun Adsense yang Anda miliki dapat dipasang di situs manapun yang Anda miliki.
    Sayangnya, ada kemungkinan kalau permintaan Anda untuk mengupgrade akun akan ditolak oleh Google, seperti saat Anda mendaftar Google Adsense untuk pertamakalinya.

    Penutup
    Kurang lebih, itulah sejumlah hal yang dapat saya sampaikan terkait apa saja dampak positif dan negatif dari pergantian domain blog.

    Jika Anda merasa ragu atau bingung dengan apa yang saya jelaskan diatas, jika berkenan, silahkan tinggalkan sebuah feedback di kolom komentar, dan jika memungkinkan, saya akan menjawab feedback Anda secepat yang saya bisa.
     
    Last edited: Jan 2, 2017
.
Loading...
×
beli pulsa online dengan harga murah