1. Welcome, Guest
    Sekolah Blogger adalah sebuah situs yang didedikasikan bagi anda yang ingin mempelajari lebih lanjut seputar cara mendapatkan penghasilan di internet, terutama Blog.
    Dismiss Notice

FUNGSI dan Cara MEMASANG CDN CloudFlare Gratis: Lengkap

Anak_Baru1Jul 30, 2016

Tags: Add Tags
  1. Anak_Baru1

    Anak_Baru1 Member

    Messages:
    295
    Like Diterima:
    6
    Trophy Points:
    18
    Joined
    Feb 14, 2016
    Cloudflare adalah sebuah perusahaan yang menyediakan layanan CDN (Content Delivery Network) yang dapat digunakan secara gratis, walaupun gratis, kualitas layanan CDN yang satu ini tak kalah bagusnya dengan CDN premium yang harganya bisa mencapai 2 hingga 3 digit dalam kurs dollar USD.
    Bagi Anda yang belum tau, CDN (Content Delivery Network) adalah sebuah layanan yang digunakan untuk mendistribusikan konten dari sebuah website ke seluruh dunia melalui server CDN, dengan melakukan distribusi inilah, website akan menjadi lebih cepat diakses, walaupun diakses oleh pengunjung yang berasal dari jarak yang berjauhan dengan server utama Anda.
    Selain itu, dengan menggunakan sistem caching yang terdapat pada layanan CDN, Anda dapat melakukan penghematan bandwidth hosting, sehingga Anda tidak perlu khawatir kalau server hosting Anda di suspend karena terlalu banyak menggunakan resource.

    fungsi beserta cara memasang cloudflare.jpg
    Berkat adanya Cloudflare, penggunaan bandwidth terhemat up to 90%

    Tak hanya itu, yang mendapatkan keuntungan dengan sistem caching ini tidak hanya Anda, pengunjung yang mengunjungi situs Anda juga tidak perlu menghabiskan banyak kuota untuk dapat mengunjungi situs Anda, karena di browser mereka telah tersimpan cache berupa file-file statis, seperti text dan gambar yang diambil dari website Anda, sehingga ketika mereka melakukan kunjungan kembali ke situs Anda, mereka tidak perlu menghabiskan kuota untuk me-load gambar langsung dari sever utama Anda, karena secara otomatis sistem browser mereka akan mengambil cache website Anda untuk me-load gambar tersebut.
    Berbeda dengan halnya Incapsulai, yang juga merupakan sebuah layanan CDN gratis, Cloudflare mungkin adalah satu satunya layanan CDN yang memberikan layanan gratis dengan kualitas premium, dimana berbagai macam fitur dapat Anda nikmati jika menggunakan layanan CDN yang satu ini.

    Tentunya, jika Anda ingin mendapatkan CDN dengan performa yang lebih baik, Anda dapat beralih ke paket Pro, Business, ataupun Enterprise.


    fungsi beserta cara memasang cloudflare 2.jpg

    Namun jika Anda hanya sekedar menggunakan CDN Cloudflare untuk meningkatkan kecepatan akses website serta menghemat penggunaan bandwidth, rasanya paket free sudah lebih dari cukup untuk diterapkan di situs Anda.

    Selain meningkatkan kecepatan akses sebuah situs dan menghemat penggunaan bandwidth, Cloudflare memiliki beberapa fitur yang menjadi beberapa alasan kenapa Anda harus memasang layanan mereka di situs Anda, apa saja itu? Berikut diantaranya:

    1.) Caching System
    Cache adalah mekanisme penyimpanan data sekunder yang digunakan untuk menyimpan data / instruksi yang sering diakses.

    Sebagai contoh, jika Anda mengunjungi sebuah website, pada kunjungan pertama, website dirasa cukup lambat diakses karena banyaknya file gambar dan text, namun jika Anda berkunjung kembali ke situs tersebut, loading website akan dirasa lebih cepat daripada sebelumnya. Jika Anda bertanya apa yang menjadi penyebab terjadinya hal ini, ini adalah manfaat dari adanya cache, dimana browser Anda secara default akan menyimpan file statis seperti gambar dan text untuk sementara, kemudian jika Anda mengunjungi situs tersebut kembali, Anda tidak perlu menghabiskan banyak kuota untuk meload halaman tersebut, karena browser akan mengambil cache untuk menghemat query request terhadap website.

    Sebenarnya, sebuah website secara default memang memiliki sistem cache, hanya saja, cache yang tersimpan di browser pengunjung hanya bertahan dalam waktu singkat. Maka dari itu, Anda dapat memanfaatkan Cloudflare untuk memperpanjang durasi cache untuk tetap bertahan di browser.

    Cloudflare memiliki fitur untuk melakukan penyetelan cache, dimana Anda dapat mengatur berapa lama cache sebuah website disimpan di sebuah website.


    fungsi beserta cara memasang cloudflare 3.jpg
    Setelan cache browser

    Anda dapat mengatur lamanya cache bertahan sesuai dengan selera Anda, jika Anda jarang melakukan modifikasi terhadap website Anda, seperti melakukan modifikasi CSS, JavaScript, dan lain lain, Anda dapat mengatur setelan cache dengan value 1 tahun, seperti halnya Saya. Sebaliknya, jika Anda cukup sering melakukan pengeditan terhadap website yang Anda kelola, akan lebih baik Anda mengatur setelan cache menjadi 1 minggu saja.

    Semakin lama durasi cache yang Anda pilih, semakin hemat pula penggunaan bandwidth hosting Anda. Selain itu, seperti yang saya sebutkan diatas, cache juga dapat berfungsi untuk mempercepat loading sebuah website jika pengunjung sering mengunjungi website Anda.

    2.) Always Online
    Always online adalah salah satu fitur yang dapat Anda nikmati jika Anda menggunakan layanan Cloudflare. Dengan menggunakan layanan ini, Anda dapat membuat website Anda tetap dapat diakses walaupun server hosting Anda sedang mengalami gangguan, down, bahkan mati sekalipun.
    Secara logika, mengakses sebuah website dengan server yang mati adalah hal yang mustahil untuk dilakukan, namun seiring dengan berjalannya waktu, perkembangan teknologi kini dapat membuat suatu hal yang dianggap mustahil menjadi mungkin untuk dilakukan.

    Salah satu yang pihak yang membawa kemustahilan tersebut menjadi nyata adalah Cloudflare, dimana mereka dapat membuat sebuah situs tetap dapat diakses walaupun server website tersebut sedang down.


    fungsi beserta cara memasang cloudflare 4.jpg
    Dengan fitur Always Online, Cloudflare dapat membantu agar website Anda tetap dapat diakses walaupun server hosting Anda sedang mengalami down
    Tentunya, hal ini tidak dapat dilakukan begitu saja, ada beberapa kondisi yang harus terpenuhi agar fitur Always Online dapat berjalan dengan baik (agar website tetap dapat diakses walaupun server down).

    Kondisi pertama
    , Anda harus memastikan bahwa fitur Always Online di Cloudflare sudah aktif; dan kondisi kedua, pengunjung harus memiliki cache (Bagi Anda yang belum tau, cache didapatkan dan simpan secara otomatis di browser ketika ada pengunjung mengunjungi sebuah website) dari website Anda sebelum server mengalami down.

    Ketika kedua kondisi tersebut sudah terpenuhi, pengunjung dapat mengakses website Anda walaupun server Anda sedang down, hanya saja, mereka hanya dapat mengakses halaman yang sebelumnya pernah mereka kunjungi.
    Pada dasarnya, fitur Always Online memanfaatkan cache agar seorang pengunjung dapat mengunjungi sebuah halaman yang pernah mereka akses sebelumnya, jika pengunjung tersebut tidak memiliki cache dari halaman yang ingin mereka kunjungi saat server website tersebut down, otomatis fitur Always Online tidak dapat berjalan pada halaman situs tersebut. .

    3.) Free SSL
    Cloudflare juga membagikan lisensi SSL agar website Anda menjadi lebih aman dari serangan hacker yang mencoba melakukan hal-hal buruk terhadap website Anda, karena dengan menggunakan SSL, Anda dapat beralih dari http ke protokol https, sehingga data-data seperti username dan password akun pengguna menjadi terenkripsi, sehingga keamanan situs Anda menjadi lebih baik.

    Sayangnya, perlu dilakukan sedikit konfigurasi di server hosting Anda agar protokol https dapat berjalan di website Anda, karena jika tidak, lisensi SSL yang diberikan Cloudflare akan menjadi percuma karena Anda akan dialihkan ke protokol http jika Anda tidak melakukan konfigurasi. Untuk selengkapnya, Anda dapat meminta bantuan kepada pihak CS tempat Anda menghosting website Anda, mengirimkan tiket, dan meminta mereka untuk mengkonfigurasi hosting Anda agar dapat menggunakan https.

    Oh iya, mengingat ini adalah free SSL, jadi lisensi yang diberikan berjenis shared-SSL.

    4.) DDOS and SPAM Protection
    Tidak hanya untuk meningkatkan kecepatan akses sebuah website ataupun menghemat penggunaan bandwidth, Cloudflare juga dapat membantu Anda untuk mengatasi adanya penyerangan hacker yang berusaha menyerang situs Anda, dan disinilah, Cloudflare bertindak layaknya sebuah firewall, yang akan menghambat setiap penyerangan terhadap situs Anda.


    fungsi beserta cara memasang cloudflare 5.jpg
    Setiap harinya, Cloudflare berhasil menghentikan lebih dari 3000 penyerangan terhadap situs yang saya kelola

    Seperti yang Anda tahu, seperti halnya layanan CDN lainnya, ketika seorang pengunjung mengunjungi sebuah website yang menggunakan CDN, mereka terlebih dahulu akan mengunjungi server CDN, baru kemudian pengunjung tersebut akan dialihkan ke situs Anda.

    Nah, untuk mencegah terjadinya hal-hal buruk yang mungkin menimpa server website utama, seperti adanya kemungkinan serangan dengan DDOS, SPAM, SQL Injection, brute force login, mayoritas layanan CDN, seperti Cloudflare telah melengkapi dirinya dengan sistem pertahanan untuk mencegah terjadinya penyerangan.

    Jika misalkan ada IP Address yang terdeksi melakukan hal hal yang mencurigakan, Cloudflare secara otomatis akan menghentikan IP tersebut di halaman "Attention Required Cloudflare", dan membuktikan apakah IP tersebut digunakan oleh bot atau manusia dengan menyelesaikan CAPTHA sederhana, jika pengunjung tersebut bisa menyelesaikan CAPTHA tersebut, mereka akan dipersilahkan untuk melanjutkan kegiatan mereka untuk mengunjungi situs Anda, sedangkan jika pengunjung tersebut tidak dapat menyelesaikan CAPTHA walaupun sudah berkali kali mencoba, dapat dipastikan bahwa itu adalah IP yang dikendalikan oleh bot yang berusaha untuk melakukan penyerangan terhadap situs Anda.


    fungsi beserta cara memasang cloudflare 6.jpg
    Halaman dimana Cloudflare menghentikan segala macam penyerangan yang dilakukan terhadap situs Anda

    Barangkali, jika Anda tidak terlalu paham tentang sistem keamanan sebuah server, ada baiknya Anda memasang Cloudflare sebagai sebuah sistem pertahanan dasar, setidaknya ini dapat membantu memanimalisir adanya pihak yang mencoba mensabotase server Anda.

    5.) Visitor statistic
    Cloudflare juga menyediakan statistic pengunjung yang mengunjungi blog Anda.

    Sama halnya dengan statistik pengunjung pada umumnya, dengan menggunakan statistik pengunjung Cloudflare ini, Anda dapat mengetahui asal-usul pengunjung, jumlah pengunjung, browser yang digunakan, device yang digunakan, dan lain lain.

    Yang membedakan statistik Cloudflare dengan statistik pada umumnya adalah, dengan menggunakan statistik yang diberikan oleh Cloudflare, Anda dapat melihat banyaknya bandwidth yang digunakan dan melihat statistik yang menghadirkan laporan banyaknya penyerangan (threats) yang dilakukan IP Address mencurigakan terhadap situs Anda.


    fungsi beserta cara memasang cloudflare 7.jpg
    Statistik penggunaan bandwidth yang di generate oleh Cloudflare

    Dengan memanfaatkan statistik ini, Anda tidak perlu repot-repot mengakses panel hosting Anda, karena semuanya telah disajikan dengan detail di statistik Cloudflare
    .
    6.) Rocket Loader
    Salah satu fitur yang tak kalah bagusnya yang diberikan oleh Cloudflare adalah Rocket Loader.


    fungsi beserta cara memasang cloudflare 8.jpg

    Rocket Loader secara otomatis akan mengoptimalkan halaman website dan memastikan script pihak ketiga tidak membuat loading halaman lebih lambat.

    Contoh script pihak ketiga adalah script tracking seperti Google Analytic, histat, dan script iklan.

    Bagaimana caranya?

    Normalnya, web yang tidak memakai CloudFlare akan melakukan loading sampai semua request berhasil diterima. Web yang memakai CLoudFlare, request yang pertama di loading adalah elemen internal website, stop, lalu ketika visitor request script lain, script lain tersebut akan di loading.

    Jika diibaratkan orang yang sedang makan. Web yang tidak memakai CloudFlare adalah orang memakan semua makanan yang ada dalam sekali makan tidak peduli dia ingin atau tidak. Web yang memakai CloudFlare adalah orang yang memakan makanan ketika dia menginginkannya.

    Untuk lebih jauhnya tentang Rocket Loader, kamu bisa membaca Rocket Loader CloudFlare.

    7.) Redirect mobile visitor to subdomain
    Saya pikir, mayoritas blogger lebih memilih membuat alamat website di tampilan daskop dan mobile menjadi satu kesatuan, akan tetapi, untuk beberapa alasan tertentu, di luar sana juga terdapat blogger yang memilih untuk memisahkan tampilan browser dengan mobile.

    Jika Anda ingin melakukan hal tersebut, Anda dapat memanfaatkan Cloudflare untuk mempermudah pekerjaan Anda, dimana Cloudflare memiliki sebuah fitur yang berfungsi untuk me-redirect pengunjung yang mengunjungi situs Anda melalui mobile device ke sub-domain dari situs Anda.


    fungsi beserta cara memasang cloudflare 9.jpg
    Untuk menyetting settingan Mobile Redirect, Anda dapat melakukannya dengan mengakses menu Speed

    Sebagai contoh, Anda memiliki sebuah domain dengan alamat root (utama) example.com, jika Anda ingin memisahkan tampilan, antara tampilan deskop dan mobile, Anda dapat menggunakan example.com untuk menghandle pengunjung yang mengakses situs dari deskop device seperti PC dan Laptop, sedangkan untuk menghandle pengunjung yang berasal dari mobile device, Anda dapat meredirectnya ke subdomain.example.com.


    8.) Mengurangi penggunaan resource hosting
    Seperti yang saya bahas pada poin ke 4, dengan memasang Cloudflare di sebuah situs, Anda dapat mencegah adanya penyerangan terjadi terhadap server hosting Anda, dimana sebelum mengakses server utama website Anda, pengunjung terlebih dahulu akan mengakses server CDN, baru kemudian dialihkan ke server utama website Anda.
    Jika sebuah website tidak memasang Cloudflare, otomatis server akan memproses semua query yang berasal dari pengunjung, entah itu memang visitor asli ataupun bot yang berniat jahat terhadap website Anda, dengan begitu server akan menjadi sangat terbebani.

    Namun dengan menggunakan Cloudflare, pengunjung yang mengunjungi situs Anda akan difilter, jika pengunjung tersebut benar benar bersih, mereka akan dapat mengunjungi situs Anda tanpa mengalami halangan sedikitpun, namun jika yang mengunjungi situs Anda hanyalah bot-bot jahat seperti DDOS dan SPAM, mereka akan dihentikan oleh Cloudflare dan tidak dapat mengakses website Anda.
    Terlebih lagi, dengan adanya sistem caching, server juga tidak perlu memproses request query dari pengunjung untuk meload file file statis seperti gambar dan text secara langsung, karena secara otomatis browser pengunjung akan meload file file tersebut dan mengambilnya dari cache browser itu sendiri, sehingga server Anda tidak akan terlalu dibebani dengan ribuan, bahkan jutaan pengunjung yang mengunjungi website Anda setiap harinya.

    9.) Content Delivery Network
    Seperti halnya layanan CDN lainnya, Cloudflare memiliki fungsi utama untuk mendistribusikan konten artikel dari sebuah situs ke seluruh belahan dunia melalui server CDN mereka.

    Dengan adanya pendistribusian inilah, pengunjung yang mengakses situs Anda dari jarak yang berjauhan dengan server utama Anda tidak akan mengalami kesulitan dalam mengakses situs Anda, dimana pada umumnya jika ada seorang pengunjung yang mengunjungi sebuah situs yang memiliki server dengan jarak yang berjauhan dengan server utama, maka loading dari website tersebut akan menjadi sedikit lebih lambat.


    fungsi beserta cara memasang cloudflare 11.jpg
    Tanpa menggunakan CDN, pengunjung harus mengakses server utama secara langsung, sedangkan ketika menggunakan CDN, pengunjung dapat mendapatkan data cache dari server CDN terdekat, yang telah tersebar di berbagai belahan dunia akan membantu pengunjung mendapatkan akses ke situs dengan lebih cepat.
    Dan dengan lahirnya CDN, dimanapun letak sebuah server, pengunjung dapat mengakses sebuah website dengan cepat

    Kurang lebih, itulah sejumlah fitur yang dapat Anda nikmati jika Anda memasang Cloudflare sebagai CDN website Anda.

    Seperti yang saya sebutkan, tak ada persyaratan khusus untuk dapat menggunakan layanan Cloudflare, hanya dengan bermodalkan sebuah email untuk melakukan pendaftaran, Anda sudah dapat menggunakan layanan CDN secara gratis.

    Sebenarnya, dalam hal pemasangan, Cloudflare dapat dipasang dengan cepat melalui cPanel hosting, namun mengingat saya tidak menggunakan cPanel sebagai panel hosting, melainkan Webuzo, sebuah panel VPS yang dapat digunakan secara gratis, berbeda dengan halnya cPanel yang harganya setinggi langit.

    Sayangnya, Webuzo tidak memiliki fitur pemasangan Cloudflare seperti halnya cPanel, maka dari itu, pada panduan kali ini, Saya akan menuliskan tutorial pemasangan Cloudflare dengan melakukan pendaftaran langsung di situs resmi dan mengganti nameserver blog Anda dengan Cloudflare, sehingga Anda dapat menggunakan Cloudflare.

    Jangan khawatir, karena tak ada perbedaan dalam hal kualitas pelayanan antara pemasangan Cloudflare melalui cPanel ataupun mendaftar langsung di situs resminya.

    Jika Anda tertarik untuk menggunakan Cloudflare, berikut panduannya:
    .
    Part 1: Membuat akun dan menyetting domain di Cloudlfare
    Untuk dapat menggunakan Cloudflare, Anda akan diminta untuk melakukan pendaftaran sebagai anggota resmi Cloudflare, dan melakukan sedikit penyetelan dasar di Cloudflare, berikut panduannya:
    1. Langkah pertama, silahkan kunjungi halaman pendaftaran untuk membuat sebuah akun Cloudflare

      fungsi beserta cara memasang cloudflare 12.jpg
    2. Masukan email dan password untuk akun Cloudflare baru Anda, kemudian centang "I agree to CloudFlare's terms and conditions and privacy policy." dan klik Create Account
    3. Setelah Anda berhasil membuat sebuah akun, Anda akan dialihkan secara otomatis ke halaman konfigurasi dasar Cloudflare

      fungsi beserta cara memasang cloudflare 13.jpg
      Pada bagian pertama, silahkan ketikan alamat domain Anda, kemudian klik Scan DNS Records untuk mencan nameserver yang digunakan situs Anda.
      fungsi beserta cara memasang cloudflare 14.jpg
      Jika Sudah, silahkan tunggu 30-60 detik hingga Cloudflare selesai melakukan scan terhadap situs Anda, jika proses scan sudah selesai, langsung saja klik Continue
    4. Disini, Cloudflare akan memperlihatkan daftar record (A Record, CNAME Record, MX Record, TXT Record) website Anda.

      fungsi beserta cara memasang cloudflare 15.jpg
      Jika Anda ingin menambahkan record baru, Anda dapat melakukan penambahan atau penghapusan disini.

      Namun jika Anda tidak tau bagaimana cara melakukan konfigurasi Record Domain, silahkan biarkan Record default, sesuai dengan hasil scan Cloudflare (tidak usah diedit), dan langsung klik Continue
    5. Selanjutnya, Anda akan diminta untuk memilih paket Cloudflare untuk situs Anda, mulai dari Free Website, Pro Website, Business Website, sampai Enterprise Website

      fungsi beserta cara memasang cloudflare 16.jpg
      Namun mengingat kita tidak memiliki modal untuk membeli paket Premium, silahkan pilih paket Free Website saja, kemudian klik Continue
    6. Selanjutnya, silahkan catat nameserver yang diberikan oleh Cloudflare. Nantinya, nameserver ini akan digunakan untuk mengganti nameserver lama di domain Anda.

      fungsi beserta cara memasang cloudflare 17.jpg

      Dalam kasus ini, saya mendapatkan nameserver dengan domain bob.ns.cloudflare.com dan deb.ns.cloudflare.com (setiap orang akan mendapatkan nameserver yang berbeda)
    Jika sudah, langkah terakhir yang perlu Anda lakukan adalah mengganti nameserver domain Anda dengan nameserver yang diberikan oleh Cloudflare.

    Tidak tau bagaimana caranya? Berikut panduannya:

    Part 2: Mengganti nameserver lama dengan nameserver Cloudflare
    Perlu Anda ketahui, setiap penyedia layanan registar domain memiliki tampilan yang berbeda dalam penyettingannya, namun intinya sama saja, dimana kita hanya harus mengganti nameserver lama Anda dengan nameserver yang diberikan oleh Cloudflare.

    Disini, saya akan memberikan tutorial bagaimana cara mengganti nameserver dengan menggunakan domain yang saya daftarkan di Niagahoster, berikut panduannya:
    1. Langkah pertama, silahkan login ke member area Niagahoster
    2. Selanjutnya, silahkan kelola domain yang ingin Anda ketikan pada saat pendaftaran di Cloudflare

      fungsi beserta cara memasang cloudflare 18.jpg
    3. Masuk ke menu Nameserver, kemudian ganti nameserver lama Anda dengan nameserver yang diberikan oleh Cloudflare (contoh: bob.ns.cloudflare.com dan deb.ns.cloudflare.com)

      fungsi beserta cara memasang cloudflare 19.jpg

    4. Langkah terakhir, silahkan klik Update untuk menyimpan perubahan.
    Jika Anda sudah melakukan langkah-langkah diatas, Anda dinyatakan sudah berhasil memasang Cloudflare di situs Anda, hanya saja, dibutuhkan beberapa waktu sampai proses propagasi selesai dan membuat Cloudflare berjalan dengan baik, pada umumnya, proses propagasi ini dapat berlangsung hingga 1x24 jam.

    Berbeda dengan mengganti nameserver pada umumnya, jika Anda mengganti nameserver untuk Cloudflare, tidak ada downtime yang terjadi pada server Anda, jadi Anda tidak perlu khawatir kalau visitor Anda akan berkurang karena memasang Cloudflare.

    Selagi menunggu proses propagasi selesai, Anda dapat login ke Cloudflare untuk melihat fitur fitur apa saja yang tersedia disana.

    Jika pada dashboard Cloudflare memperlihatkan bahwa status website masih pending, itu menandakan bahwa proses propagasi belum selesai (domain belum sepenuhnya terhubung dengan Cloudflare) atau Anda memang belum mengganti nameserver lama Anda dengan nameserver yang diberikan oleh Cloudflare (contoh: bob.ns.cloudflare.com dan deb.ns.cloudflare.com)

    fungsi beserta cara memasang cloudflare 21.jpg
    Status masih pending

    fungsi beserta cara memasang cloudflare 22.jpg
    Status telah aktif, Cloudflare telah sepenuhnya aktif.
    Sebenarnya, pada titik ini, Anda dinyatakan sudah berhasil melakukan pemasangan Cloudflare dan Cloudflare juga sudah memberikan settingan standart agar Anda dapat menikmati layanan mereka. Fitur caching dan Always Online secara default akan aktif ketika Anda melakukan pemasangan Cloudflare, namun jika Anda ingin melakukan konfigurasi agar website menjadi lebih optimal, berikut adalah beberapa konfigurasi yang biasa Saya terapkan untuk website yang Saya kelola:

    *Konfigurasi 1: Menghemat resource, meningkatkan loading website, dan menghemat bandwidth
    Untuk dapat Menghemat resource, meningkatkan loading website, dan menghemat bandwidth menggunakan Cloudflare, semuanya dapat dilakukan hanya dengan menyetting satu fitur saja, yakni Browser Cache Expiration.

    Browser Cache Expiration
    adalah salah satu fitur yang tersedia di Cloudflare yang memungkinkan Anda untuk menentukan lamanya cache website Anda disimpan di browser pengunjung dan server Cloudflare. Seperti yang saya bahas sebutkan sebelumnya, cache yang disimpan di browser ini dapat berupa file statis seperti gambar dan text.


    fungsi beserta cara memasang cloudflare 23.jpg
    Fitur browser Cache Expiration dapat diatur di menu Caching--> Browser Cache Expiration
    Dalam penyettingan Browser Cache Expiration, Anda dapat mengganti durasi cache dengan ketentuan, semakin lama value yang Anda pilih, semakin besar pula resource dan bandwidth yang Anda hebat, sehingga Anda tidak perlu mengkhawatirkan kalau Anda harus disuspend dari hosting karena penggunaan CPU dan RAM Usage mencapai 100% atau website yang tidak dapat diakses karena kehabisan bandwidth.

    Namun perlu dicatat, jika Anda masih sering melakukan pengeditan tampilan, seperti CSS, favicon (icon blog), dan segala hal yang bertujuan untuk melakukan pengeditan tampilan blog, ada baiknya Anda memilih waktu Browser Cache Expiration yang lebih kecil.
    Jika Anda menyetting Browser Cache Expiration dengan value yang cukup besar, ada saat-saat dimana perubahan yang Anda lakukan pada saat melakukan pengubahan penampilan tidak akan berubah.

    Sebagai contoh, jika Anda mengubah Browser Cache Expiration dengan waktu 1 tahun, dan pada masa tersebut Anda mengganti favicon blog, ada kemungkinan tampilan favicon tidak akan berubah, karena browser akan mengambil cache gambar dari browser Anda. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda harus menghapus cache browser Anda atau menunggu cache tersebut menjadi expired (kadaluarsa), yakni menunggu hingga waktu satu tahun.

    Namun jangan khawatir, karena fenomena ini hanya terjadi pada saat-saat tertentu saja, tergadang walaupun Anda mengganti CSS, atau tampilan website dengan Browser Cache Expiration 1 tahun, tampilan akan tetap berubah jika Anda mengubahnya.

    Sebagai contoh, Saya sendiri menyetel Browser Cache Expiration dengan waktu 1 tahun, dan tak ada masalah berarti yang Saya hadapi sampai titik ini.

    *Konfigurasi 2: Mengaktifkan SSL
    SSL digunakan khusus bagi Anda yang ingin meningkatkan keamanan situs, sehingga para hacker akan mengalami kesulitan untuk meretas username dan password akun yang tersimpan di website Anda.

    Jika Anda ingin mengaktifkan SSL di Cloudflare, Anda dapat mengekonfigurasinya di menu Crypto dan pada bagan SSL, silahkan pilih Flexible.


    fungsi beserta cara memasang cloudflare 24.jpg

    Setelah Anda melakukan hal tersebut, SSL sudah aktif di situs Anda, hanya saja diperlukan beberapa konfigurasi khusus di server hosting Anda agar website di-redirect ke https. Mengingat setiap penyedia hosting menggunakan web server (Apache, Nginx, LightTPD, dan lain lain) yang berbeda beda, dan memerlukan tutorial yang cukup panjang, maka hal ini tidak akan saya bahas disini.

    Anda dapat mencari panduan di Google atau meminta bantuan tim costumer service di tempat Anda menghosting website Anda untuk membantu Anda melakukan konfigurasi ini

    Penutup

    Jika Anda merasa bingung atau ragu dengan apa yang saya tuliskan dalam ulasan diatas, jika berkenan, silahkan tinggalkan feedback yang berisikan rasa ragu Anda di kolom komentar, jika memungkinkan, Saya akan menjawab feedback Anda secepat yang Saya bisa.
     
    Last edited by a moderator: May 13, 2017
  2. Wahyu_Aji

    Wahyu_Aji New Member

    Messages:
    4
    Like Diterima:
    0
    Trophy Points:
    1
    Joined
    Jul 30, 2016
    Hmmm, ternyata banyak juga yah fungsi dari CDN, sayangnya saya masih pake Blogspot :v

    Kalau blogspot perlu gak pake CDN Cloudflare gan?
     
  3. Anak_Baru1

    Anak_Baru1 Member

    Messages:
    295
    Like Diterima:
    6
    Trophy Points:
    18
    Joined
    Feb 14, 2016
    Jika Anda masih menggunakan Blogspot, rasanya tidak perlu pakai gan.

    Blogspot itu adalah salah satu website dengan server tercepat di dunia, namanya juga milik Google.

    Selain itu, blogspot tidak memiliki batasan bandwidth.

    Singkat cerita, CDN itu hanya ditujukan bagi mereka yang menghosting webnya di servenya sendiri (self-hosted, seperti website Wordpress.
     
  4. Belajar

    Belajar New Member

    Messages:
    9
    Like Diterima:
    0
    Trophy Points:
    1
    Joined
    Jun 8, 2016
    Gan, mau nanya nih, gimana cara mengaktifkan SSL di website?

    Saya sudah ikuti panduan Agan untuk mengaktifkan SSL gratis dengan mengatur SSL menjadi Flexible, tapi protokol website saya masih http, ada solusi gak?
     
  5. Mas Alma

    Mas Alma New Member

    Messages:
    6
    Like Diterima:
    0
    Trophy Points:
    1
    Joined
    Jul 24, 2016
    Ijin bookmark :)
     
  6. Alma_Toran

    Alma_Toran New Member

    Messages:
    6
    Like Diterima:
    0
    Trophy Points:
    1
    Joined
    Jul 24, 2016
    Kirain cuma buat menghemat bandwidth dan mempercepat kecepatan website aja, ternyata bisa dapet SSL gratis juga toh :v
     
  7. Mendaftarkan1

    Mendaftarkan1 New Member

    Messages:
    8
    Like Diterima:
    0
    Trophy Points:
    1
    Joined
    May 15, 2016
    Jujur saja, saya sendiri mengakui kalau Cloudflare memang memiliki kualitas yang bagus banget. Yang membuat saya heran, kenapa Cloudflare memberikan layanana secara gratis?

    Padahal kan biaya operasionalnya besar banget, (pasang server di data center sampai bayar teknisi), kira kira ini apa yah alasan Cloudflare memberikan penggunanya CDN secara cuma cuma?

    Jujur, saya gak keberatan kalau saya disuruh bayar $1 per bulannya buat bayar CDN dengan kualitas yang sama dengan yang gratis
     
  8. JakRizki

    JakRizki New Member

    Messages:
    7
    Like Diterima:
    0
    Trophy Points:
    1
    Joined
    Jul 24, 2016
    Mungkin ini adalah strategi marketing gan, sekarang dikasih gratis, nanti kalau penggunanya sudah banyak, mereka bakal mematok harga untuk penggunaan layanan mereka

    #keknya
     
  9. Anak_Baru1

    Anak_Baru1 Member

    Messages:
    295
    Like Diterima:
    6
    Trophy Points:
    18
    Joined
    Feb 14, 2016
    Tentu saja, mereka mendapatkan keuntungan dari pengguna premium atau berbayar (Paket Pro, Business, dan Enterprise).
    Perkiraan Anda salah, CEO Cloudflare, Matthew Prince menyatakan bahwa dirinya akan tetap memberikan layanan Cloudflare secara free untuk selamanya. Berikut 5 adalah alasan kenapa dia melakukan hal tersebut:
    Intinya, Matthew mengatakan bahwa Cloudflare saat ini sudah dapat dikatakan sebagai perusahaan yang cukup ber-profit. Setidaknya, revenue yang didapatkannya per bulan (mungkin) cukup untuk membeli satu desa.

    Jadi, untuk membuat pengguna layanan mereka puas, mereka akan menyediakan paket free untuk selamanya.

    Hal ini disampaikannya di http://webmasters.stackexchange.com...are-offer-a-free-cdn-with-unlimited-bandwidth
     
  10. Anak_Baru1

    Anak_Baru1 Member

    Messages:
    295
    Like Diterima:
    6
    Trophy Points:
    18
    Joined
    Feb 14, 2016
    Kan saya sudah sampaikan diatas, ada settingan khusus di hosting yang perlu di setting agar website ter-redirect ke https. Untuk selengkapnya, silahkan tanyakan pihak CS tempat Anda menghosting.
     
  11. JakRizki

    JakRizki New Member

    Messages:
    7
    Like Diterima:
    0
    Trophy Points:
    1
    Joined
    Jul 24, 2016
    oh, jadi gitu yah gan.

    Soalnya saya juga curiga, kenapa mereka memberikan layanan dengan kualitas premium secara gratis, ternyata ada alasannya toh
     
  12. Yuki

    Yuki New Member

    Messages:
    2
    Like Diterima:
    0
    Trophy Points:
    1
    Joined
    Jan 14, 2018
    Gan kenapa ya pas udah pasang CF Situs sy bisa di akses cepat menggunakan www tapi error pas di akses tanpa www. Mohon bantuannya?
    Dan untuk di menu speed tepatnya di
    Auto Minify apa perlu kita mencentang ketiganya, yaitu Java script, css dan html?
     
  13. Yuki

    Yuki New Member

    Messages:
    2
    Like Diterima:
    0
    Trophy Points:
    1
    Joined
    Jan 14, 2018
    Screenshot_20180114-005230.png
     
Verifikasi
Draft saved Draft deleted
.