1. Welcome, Guest
    Sekolah Blogger adalah sebuah situs yang didedikasikan bagi anda yang ingin mempelajari lebih lanjut seputar cara mendapatkan penghasilan di internet, terutama Blog.
    Dismiss Notice

Kriteria Blog Yang Disukai Oleh Google Adsense

Anak_Baru1May 16, 2016

  1. Anak_Baru1

    Anak_Baru1 Member

    Messages:
    295
    Like Diterima:
    7
    Trophy Points:
    18
    Joined
    Feb 14, 2016
    Dalam proses penerimaan publisher, Google Adsense menjadi salah satu ad network yang paling ketat dalam melakukan filter blog blog mana saja yang diperbolehkan untuk menayangkan iklan mereka, tak jarang seorang blogger berhenti ditengah jalan dalam karirnya sebagai seorang blogger karena tak kunjung diterima menjadi publisher Google Adsense, padahal masih banyak metode yang ditempuh untuk dapat menghasilkan uang dari blog.

    Namun sejujurnya, untuk diterima menjadi publisher Google Adsense bukanlah perkara mudah, mengingat tidak sembarang blog dapat diterima, jika anda membuat blog asal asal seperti blog dengan topik yang campur aduk / gado gado dan menawarkan download software yang memiliki lisensi hak cipta, ada baiknya anda mengundurkan niat anda untuk mendaftar menjadi publisher Google Adsense, sebab blog blog seperti itu tidak akan pernah diterima, mengingat blog blog tersebut sudah termasuk kedalam kategori situs yang melanggar TOS (Terms of Service) atau kebijakan paten yang telah ditetapkan Google.

    Maka dari itulah, mulai dari sekarang ada baiknya anda untuk mengikuti TOS yang telah ditetapkan oleh Google, itupun jika anda masih berniat untuk menayangkan iklan Google Adsense di situs anda, walaupun tergolong sulit, nantinya anda akan mendapatkan bayaran yang sepadan disaat anda merasakan gajian pertama setelah berhasil menjadi publisher Adsense.
    Seperti yang saya sebutkan diatas, Google Adsense adalah ad network yang sangat pilih pilih dalam hal menerima blog untuk menayangkan iklan yang mereka sediakan. Dan untuk meningkatkan peluang agar blog anda diterima menjadi publisher Adsense, tak ada salahnya untuk anda mengikuti saran-saran yang diberikan oleh blogger yang sudah berhasil menjadi publisher Adsense

    kriteria blog yang disukai adsense 2.png
    Untuk merangkum saran-saran yang diberikan oleh para pakar Google Adsense, saya akan mencoba merangkum beberapa hal yang saya pikir cukup logis dalam hal kriteria blog yang disukai Google Adsense. Berikut beberapa diantaranya:

    1. Blog yang fokus dengan 1 niche
    Penerapan niche pada suatu blog yang ingin mendaftar menjadi penerbit iklan Google Adsense adalah hal yang wajib dilakukan, Google tidak akan menerima sembarangan blog tanpa tujuan atau topik yang pasti, maka dari itu, jika blog yang anda miliki hanyalah blog gado gado, jangan harap unuk dapat diterima menjadi publisher Adsense, jikapun anda diterima, kemungkinannya sangatlah kecil.
    Saya sarankan, jika saat ini blog yang anda buat masih merupakan blog tanpa niche, alias blog gado gado, segera tinggalkan dan buat sebuah blog baru selagi artikel di blog anda masih sedikit, namun jika misalkan blog sudah terlanjur memiliki ratusan artikel/postingan, rasanya agak sayang untuk meninggalkan tersebut, solusinya, tinggalkan artikel artikel dengan niche yang anda rasa kurang menarik / kurang anda pahami konsep-nya dan fokuskan pembuatan artikel pada niche yang anda kuasai.

    Penggunaan niche ini juga dilakukan untuk membuat blog terlihat professional karena menunjukan keahlian sang author yang membagikan ilmunya. Selain agar diterima menjadi publisher Adsense, niche juga memegang peran penting dalam SEO untuk meningkatkan traffic blog.

    2. Memiliki traffic search engine yang stabil

    Mendapatkan traffic pengunjung blog yang stabil dengan sumber lalu lintas search engine seperti Google, Bing dan Yahoo memanglah bukan perkara mudah, dibutuhkan waktu, ketekunan dan kesabaran untuk membuat sebuah blog mendapatkan SERP yang baik di halaman pencari, akan tetapi, jika anda tidak memiliki traffic yang stabil, Google tidak akan percaya kepada blog anda dan melakukan penolakan.
    Jika misalkan sumber lalu lintas blog anda masih mengandalkan traffic social media, baik itu Facebook, Twitter, ataupun Google+ , otomatis Google akan merasa curiga dengan volume pengunjung yang terkadang naik dan terkadang turun.

    Terlebih lagi, bukan tidak mungkin Google merasa curiga karena sebagian besar klik (jika nanti sudah diterima menjadi publisher) yang terjadi pada iklan berasal dari pengunjung Facebook, jika jumlah klik mencapai batas tidak wajar, tidak aneh jika akun Adsense anda hanya akan berumur seumur jagung.

    3. Template

    Google Adsense adalah sebuah program pengiklan yang sangat memperhatikan kenyamanan client-nya (Pengiklan / Advertiser), untuk mewujudkan hal tersebut, Google Adsense ingin agar pihak penerbit memiliki template yang memenuhi standart kelayakan yang mereka tentukan.

    Sampai saat ini, 90% blogger yang diterima menjadi publisher Google Adsense memiliki kriteria template yang sama, yakni:
    1. Support mobile friendly
      Mobile friendly atau bersahabat dengan tampilan mobile adalah salah satu kesamaan yang dimiliki oleh semua publisher Google Adsense.

      Singkatnya, template mobile friendly adalah template yang bersahabat dan dapat diakses melalui mobile device, seperti smartphone dan tablet.

      Jika anda ingin mengecek apakah blog anda support mobile friendly atau tidak, anda dapat melakukan pengecekan di situs resmi Google dengan tool bernama Mobile Friendly Tester
    2. Responsive
      Sebuah template responsive juga merupakan kesamaan yang dimiliki oleh kebanyakan publisher Adsense. Karena jika template tidak responsive, pengunjung akan merasa tidak nyaman karena harus membaca artikel dengan ukuran yang sama dengan membacanya melalui PC / Laptop.

      Karena Google Adsense selalu mengedepankan penggunanya, template responsive adalah syarat wajib yang dimiliki sebuah template untuk dapat menjadi publisher Adsense.
    3. Light template
      Light template adalah sebuah template dengan tampilan terang (semua light template memiliki background putih) dan ringan.
    4. Memenuhi standart loading time
      Ketika sebuah template memiliki coding yang padat (J*vaScript dan jQuery yang berlebihan) dan berat, otomatis hal ini juga akan berdampak kepada seberapa ringan dan kecepatan loading sebuah blog. Untuk kenyamanan pengunjung blog, carilah template yang seringan mungkin.

      Untuk melakukan pengetesan sebetapa cepat loading sebuah template, anda dapat melakukannya dengan menggunakan tools gratisan yang dihadirkan Google, yakni PageSpeed Insight

      Usahakan untuk serendah rendahnya mendapatkan score 50/100, jika skor yang didapatkan lebih rendah dari itu, ada baiknya bagi anda untuk memikirkan melakukan pergantian template.
    Saat ini ada ribuan, bahkan jutaan template responsive dan mobile friendly yang dibagikan secara gratis oleh darmawan darmawan yang bersedia membagikan hasil kerja payahnya setelah melakukan coding siang dan malam. Kini anda hanya perlu memilih template template tersebut dan menerapkannya di blog anda.
    Saran saya, tidak usah mencari template dengan tampilan yang begitu menyeramkan (dalam hal ini, menyeramkan yang saya maksud adalah dekorasi tampilan yang terlihat berlebihan), cukup cari template sederhana namun memiliki tampilan dan navigasi situs yang mudah dimengerti, karena nantinya, Google juga ikut memperhitungkan "Mudah tidaknya navigasi situs untuk dimengerti" dan menjadikannya sebagai salah satu alasan penolakan pada saat melakukan pendaftaran menjadi publisher Adsense. .
    4. Konten yang fresh
    Google Adsense mengharapkan agar publishernya untuk kreatif, tekun, dan berinovasi. Maka dari itu mereka menginginkan agar situs yang menayangkan iklan dari situs mereka harus memiliki konten yang unik dan fresh untuk dapat diterima menjadi publisher.

    Dalam hal ini, konten yang unik dan fresh disini tidak hanya sekedar 'kemurnian' postingan karena faktor copy-paste saja, melainkan seberapa tinggi seorang blogger mampu menghadirkan konten konten baru dan bukan merupakan konten yang sudah banyak dibahas dan di posting oleh banyak blog, alias konten yang sudah mainstream tidak terlalu diminati oleh Google.
    Hal ini pernah saya baca di sebuah pembahasan di forum Google, dan kebetulan yang menjawab topik disana adalah sebuah akun yang mendapat label "Pakar" (dalam bahasa inggris 'Expert') pada akunnya , dengan kata lain, knowledge yang dimilikinya terkait Google Adsense cukup luas. Berikut isi jawabannya:
    Singkatnya, dia berasumsi bahwa unik (unique) dalam sistem perhitungan Google Adsense bukan hanya sekedar bagaimana seorang blogger membuat artikel baru yang merupakan ketikan sendiri, melainkan bagaimana anda menuliskan artikel dengan ide ide baru yang tidak pernah atau jarang dibahas di situs lain.

    5. Mengutamakan situs yang memprioritaskan iklan dari Google Adsense
    Google Adsense memang tidak pernah melanggar seorang publisher untuk memasang iklan lain (kecuali iklan popup, iklan ob*t kuat, dan iklan yang menampilkan konten yang melanggar TOS ) selain iklan dari mereka, akan tetapi, ada baiknya anda melepastikan iklan lain selain Google Adsense pada saat masa review berlangsung. Alasannya?

    Masa review adalah masa yang paling sensitif, sekaligus menjadi saat saat penentu apakah blog diterima menjadi publisher atau tidak, jika anda mencoba bermain main dengan Adsense, sebaiknya jangan lakukan pada masa review berlangsung.

    Berdasarkan pengalaman saya mendaftarkan blog pertama saya untuk menjadi publisher Google Adsense, saya lupa untuk melepaskan iklan Smaato yang sebelumnya menjadi penghasilan utama blog saya sebelum tertarik terhadap Google Adsense, singkatnya, pada saat saya lupa melepaskan iklan Adsense selama sehari pada saat review kedua berlangsung, saya mendapatkan penolakan di hari ketiga pada saat Google mengirimkan email pemberitahuan.
    Selanjutnya, seminggu kemudian saya sudah melepaskan script iklan lain selain Adsense pada saat review, namun hasilnya tetap sama, yakni ditolak. Entah apakah ini dikarenakan karena Google ngambek di-dua-in atau tidak, saya tetap tidak menyerah dan menunggu interval 1 bulan sebelum melakukan pengajuan selanjutnya. Hasilnya, saya diterima menjadi publisher Adsense.

    Saya tidak tahu apakah ini hanya kebetulan karena saya sudah tidak lagi menduakan Adsense atau tidak, mengingat dalam waktu sebulan tersebut, saya melakukan banyak hal baru, seperti mengganti template dan mengupdate artikel baru.

    Namun akan lebih baik anda melepaskan script iklan lain Adsense pada saat masa review, karena pada masa ini Google sangatlah sensitif akan semua perubahan yang terjadi pada blog.

    6. Blog yang update artikel secara berkala

    Saya rasa poin yang satu ini sudah banyak dibahas di banyak blog, baik dengan tujuan untuk meningkatkan jumlah pengunjung, Google Adsense juga mengharapkan publishernya memiliki frekuensi update yang teratur.
    Mereka tidak suka dengan blog yang mengupdate artikel secara massal pada 1 waktu, artinya, mereka tidak suka jika agan mempublish artikel dalam jumlah banyak secara bersamaan, karena mempublish dengan metode seperti ini dianggap sama seperti spam, dan Google sangat tidak menyukai spam

    Ada baiknya anda menentukan berapa banyak anda mengupdate artikel dalam jangka waktu tertentu. 1 artikel per hari? 3 artikel per minggu? 1 artikel per minggu? atau 1 artikel per bulan? Itu terserah anda, yang terpenting adalah buatlah suasana seakan akan blog anda masih aktif, karena blog yang jarang update agak sulit untuk menjadi publisher Google Adsense.

    7. Tidak mengandung konten yang melanggar TOS

    Terakhir, pastikan bahwa blog anda tidak mengandung konten yang melanggar TOS (Terms of Service) / Kebijakan yang telah ditetapkan oleh Google Adsense, jika saja blog anda melanggar satu dari TOS yang telah ditetapkan, sebaiknya edit atau hapus postingan tersebut, karena bisa jadi itu menjadi alasan blog anda mengalami penolakan. Berikut beberapa diantaranya:

    Konten yang tidak boleh ditayangkan ketika memasang iklan Google Adsense:
    • Konten p*rnografi, d*wasa, atau v*lgar
    • Konten kek*rasan
    • Perkataan yang mendorong kebencian (termasuk konten yang memprovokasi agar timbul kebencian atau mendorong kekerasan terhadap individu atau kelompok berdasarkan ras atau etnis asal, agama, kecacatan, jenis kelamin, usia, status veteran, atau orientasi seksual/identitas gender), pelecehan, penindasan, atau konten serupa yang menganjurkan untuk menyakiti seseorang atau suatu kelompok.
    • Konten tidak s*nonoh yang berlebihan
    • Konten peretasan/pengoprekan
    • Perangkat lunak atau konten lainnya yang melanggar Kebijakan Perangkat Lunak yang Tidak Diinginkan
    • Malware (perangkat lunak perusak) atau adware (perangkat lunak beriklan)
    • Konten obat-obatan terlarang dan peralatannya
    • Konten yang mempromosikan, menjual, atau mengiklankan produk yang didapat dari spesies langka atau terancam punah.
    • Penjualan bir atau minuman keras
    • Penjualan tembakau atau produk turunan tembakau.
    • Penjualan obat resep
    • Penjualan atau penyebaran tugas atau makalah kuliah
    • Konten seputar program yang mengompensasi pengguna untuk mengeklik iklan atau penawaran, melakukan penelusuran, menjelajah situs web, atau membaca email
    • Konten lainnya yang ilegal, mempromosikan aktivitas ilegal, atau melanggar hak hukum orang lain
    Penutup
    Sebenarnya, untuk memenuhi kriteria diatas cukup mudah, sekarang yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana tindakan anda. Jika anda sudah merasa memenuhi kriteria dan ciri ciri diatas, tak ada salahnya untuk mencoba mendaftarkan blog anda di Google Adsense.
    Intinya, dalam membuat blog anda disukai Google Adsense dan diterima menjadi publishernya, anda hanya harus konsen pada blog anda dan tidak mencoba hal hal aneh seperti melakukan praktek blackhat ataupun copy-paste, karena pada saatnya nanti, Google akan mengetahui kecurangan yang anda lakukan, dan menjatuhkan hukuman berupa penalty, baik itu penalty SERP yang membuat artikel blog jatuh dari halaman pencarian maupun penalty tidak diterimanya blog menjadi publisher.
     

    Attached Files:

  2. Pengajar

    Pengajar Administrator Staff Member

    Messages:
    179
    Like Diterima:
    2
    Trophy Points:
    18
    Joined
    Feb 3, 2016
    1
     
.
Loading...
×
beli pulsa online dengan harga murah