1. Welcome, Guest
    Sekolah Blogger adalah sebuah situs yang didedikasikan bagi anda yang ingin mempelajari lebih lanjut seputar cara mendapatkan penghasilan di internet, terutama Blog.
    Dismiss Notice

Penghasilan dan Bukti Gajian Google Adsense Saya per Bulan-nya

Anak_Baru1May 18, 2016

  1. Anak_Baru1

    Anak_Baru1 Member

    Messages:
    295
    Like Diterima:
    7
    Trophy Points:
    18
    Joined
    Feb 14, 2016
    Hari gajian dari hasil kerja keras sendiri setelah melalui berbagai macam halangan pada saat ngeblog tentunya adalah hari yang paling dinantikan setiap orang yang merintis karirnya sebagai seorang blogger. Setelah melakukan segala usaha untuk meningkatkan traffic blog, mengalami belasan kali penolakan Adsense, dan akhirnya berhasil diterima menjadi publisher Google Adsense, mereka masih harus menunggu sampai saldo mencapai $100 untuk dapat melakukan payout.

    Nge-blog memang bukan merupakan cara instan untuk menjadi kaya, akan ada banyak rintangan yang harus dihadapi untuk dapat membuat blog yang kita kembangkan menghasilkan uang. Tak jarang seorang blogger yang tak kunjung diterima menjadi publisher Google Adsense memutuskan untuk berhenti ngeblog dan berakhir menghancurkan blognya sendiri dengan memasang iklan pop-up yang justru menyebabkan pengunjung merasa tidak nyaman, maka dari itulah hanya mereka yang memiliki pendirian dan dan tekad yang kuat dapat bertahan sampai akhirnya dapat menerima pendapatan dari blog mereka.
    Saya sendiri memulai karir saya sebagai seorang blogger sejak masih di bangku sekolah kejuruan (SMK) dan masih berlanjut hingga saat ini, dimana saya menjadikan ngeblog sebagai kerja paruh waktu selagi saya mengenyam pendidikan di universitas IT dan mengikuti jurusan MTI (Manajemen Teknik Informatika). Saya awalnya sama sekali tidak mengetahui bahwa ngeblog dapat dijadikan media untuk mendapatkan uang sampai akhirnya teman sekelas saya di masa SMK memperkenalkan saya dunia yang saat ini membantu menghidupi kehidupan pribadi dan kuliah saya.

    [​IMG]

    Sejak memulai karir sebagai seorang blogger, saya hanya memiliki 1 blog dan hanya itulah yang menjadi sumber penghasilan saya, dimana blog tersebut memiliki niche seputar pembahasan perkembangan teknologi, tak jarang pula saya menuliskan artikel tentang hal hal seputar Android, mengingat penggunaan Android saat ini yang semakin meroket dan cukup banyak diminati. Saya memilih niche ini dikarenakan hanya topik inilah yang saya rasa cocok dengan saya, mengingat dirumah saya tersedia cukup banyak majalah teknologi yang cukup menarik untuk dijadikan bahan pembahasan di blog saya, walaupun terkadang saya juga mengambil artikel dari situs luar dan menerjemahkannya kedalam bahasa Indonesia.

    Dalam hal perkembangan sendiri rasanya blog saya cukup lambat, pada 3 bulan pertama sejak blog terlahir, saya baru bisa mendapatkan traffic 400-600 pageview per hari, dan hal tersebut berlanjut hingga beberapa bulan selanjutnya, hasil yang dirasa cukup wajar, mengingat saya hanya mengupdate 2-3 artikel per minggu.

    Karena merasa bosan dengan blog yang dirasa tak kunjung mengalami peningkatan traffic, saya mencoba untuk serius serta mengganti domain menjadi TLD, dengan meningkatkan frekuensi menjadi 2-3 artikel per hari, mulai bulan ke-8 blog sudah menunjukan peningkatan pengunjung yang cukup signifikan, kalau tidak salah saat itu saya masih duduk di bangku kelas 2 SMK dan traffic blog sudah mencapai angka 1,500-2,500 pageview per hari.

    Pada saat itu saya masih menggunakan Blogger sebagai hosting blog saya (masih tetap sama hingga saat ini), jadi yang menjadi beban saya hanyalah biaya sewa domain TLD seharga 100 ribu per tahunnya, walaupun blog saya masih termasuk kedalam kategori non-profit, saya masih menutupi angka tersebut dengan menyisihkan uang jajan yang diberikan orang tua.

    Kemudian ketika blog sudah berumur kurang lebih 1 tahun, saya sudah mulai mencoba mendaftar menjadi publisher Google Adsense untuk memonetize blog, walaupun saya sudah cukup percaya diri akan konten yang saya hadirkan di blog saya, sebelum diterima menjadi publisher, saya tetap mendapatkan halangan dengan menerima 2 kali penolakan dengan alasan navigasi situs sulit.

    Sama seperti publisher Google Adsense lainnya, saya kemudian mulai menayangkan iklan di blog, melakukan verifikasi PIN, setting metode pembayaran dan menerima pembayaran. Walaupun penghasilan awal yang saya terima terbilang kecil, seiring dengan berjalannya waktu, penghasilan yang saya dapatkan mulai meningkat.
    [​IMG]

    Perlu saya ingatkan agar anda tidak terkejut, Google Adsense memang merupakan program pengiklan terbaik, entah itu jika dibandingkan dengan iklan CPM sekalipun, Google Adsense menjadi no.1 dalam bidang periklanan di Internet. Akan tetapi, walaupun menjadi program pengiklan terbaik, penghasilan Google Adsense tidaklah sebesar yang anda kira (setidaknya dalam kasus saya, penghasilan Adsense saya pikir kurang memuaskan). Jadi ada baiknya anda tidak usah terlalu memasang expectation yang tinggi tinggi. Selengkapnya, silahkan lihat screenshoot dan penjelasan dibawah ini:

    [​IMG]
    Screenshoot diatas saya ambil ketika saya mendaatkan full approve dibulan Mei tahun lalu, kalau tidak salah, saya menerima pesan approve pada tanggal 20 Mei 2015. Singkat cerita, dengan sisa waktu 10 hari sebelum memasuki bulan Juni, saya berhasil mendapatkan penghasilan 6 dollar. Kemudian di bulan bulan selanjutnya, saya mulai mendapatkan peningkatan penghasilan, mulai dari $13, $9, dan 20 per bulannya.

    Ketika saldo saya mencapai $10, saya diminta untuk melakukan verifikasi alamat, dimana pada saat itu Google seharusnya mengirimkan surat PIN ke rumah saya, namun setelah melakukan 3 kali request PIN, surat tak kunjung datang, untungnya, Google menyediakan fitur untuk memverifikasi PIN dengan menggunakan PIN
    Namun perlu dicatat pula, pada masa masa ini saya sedang galau untuk mengganti iklan Adsense saya dengan iklan iklan CPM lainnya karena merasa penghasilan Adsense yang saya dapatkan dirasa kurang memuaskan. Walau pada akhirnya pada bulan Oktober saya tidak memakai iklan lain selain iklan Google Adsense, alasannya karena saya sadar bahwa iklan Adsense adalah yang terbaik dan tidak menganggu kenyamanan pengunjung.

    [​IMG]
    Pada bulan september saya masih ragu, apakah saya akan konsen memasang iklan Google Adsense saja atau lebih memasang iklan lain (sempet pakai propellerAds, penghasilannya cukup besar, walaupun tidak sebesar Google Adsense). Seperti yang saya sebutkan diatas, saya memutuskan untuk fokus menggunakan Google Adsense untuk memonetize blog saya.

    Pada bulan Oktober, efek akhir tahun mulai berasa, dimana pengiklan berlomba lomba untuk menitipkan iklannya di Google Adsense, karena hal inilah, saya merasa sangat bahagia karena merasakan bayaran dimana saya mendapatkan harga $0,07-$0,08 untuk setiap klik yang terjadi pada iklan, ala hasil, mulai bulan Oktober sampai Desember saya merasakan puncak kebahagiaan saya menjadi publisher Google Adsense.

    Pada masa ini pula, saya dapat merasakan gajian pertama saya dari Google Adsense, dan pada saat itu saya menerima gaji sejumlah $150 atau setara dengan 2,1 juta rupiah (kurs pada bulan November tahun lalu menembus angka 14,000 untuk 1 dollar). Karena tak sabar menerima gaji pertama, saya segera meluncur ke kantor pos terdekat untuk mengambil gaji saya tersebut (saya memilih metode pembayaran Western Union)

    Gaji pertama saya dari Google Adsense

    bukti penghasilan google adsense saya 8.PNG
    Untuk dapat melakukan penarikan dengan menggunakan Western Union, anda memerlukan data data seperti: no. MTCN, nama pengirim, dan alamat pengirim. Jika anda sudah mengetahui data data tersebut, segeralah pergi ke kantor pos, Indomaret, atau toko toko yang memiliki logo Western Union:
    bukti penghasilan google adsense saya 4.PNG
    Seperti yang saya sebutkan diatas, efek akhir tahun sangatlah berpengaruh dalam penghasilan yang diterima oleh publisher Google Adsense, begitupula dengan saya. Untuk pertama kalinya, saya mendapatkan penghasilan lebih dari $100 semenjak pertama kali menjadi publisher Google Adsense.

    Akan tetapi, pada November-December tahun lalu terjadi perampasan ilegal oleh para publisher, dimana ada seorang blogger (nama facebooknya Sukirman) yang menemukan sebuah bug Adsense, yang menyebabkan pengiklan Google Adsense mengalami kerugian hingga ratusan juta rupiah (pada masa itu, MatahariMall yang menjadi korban yang mengalami kerugian tersebut) karena invalid click yang terjadi pada iklan Adsense. Karena hal inilah, penghasilan saya yang sudah cukup membuat saya bahagia setengah mati ini tidak dapat bertahan lama.
    Mulai bulan Januari, harga klik iklan (CPC) mulai berkurang menjadi $0,03-$0,05 karena efek awal tahun. Hal ini adalah siklus tahunan, dimana para pengiklan sudah kehabisan modal untuk mengiklan di Google Adsense, terutama insiden Bug Adsense yang terjadi pada bulan November-Desember 2015 cukup membuat pengiklan trauma untuk mengiklan di Google Adsense.

    Jika anda mengalami penurunan earning di awal tahun, itu adalah hal yang wajar, dan biasanya hal ini berlangsung dua sampai tiga bulan setelah awal tahun (sampai Februari atau Maret).

    Oh iya, saya juga mendapatkan merasakan gajian Google Adsense saya yang kedua pada bulan Januari, berikut SS-nya:

    Gaji kedua saya dari Google Adsense

    bukti penghasilan google adsense saya 7.PNG
    Gaji yang saya terima pada

    Ketika saya melakukan penarikan di kantor pos, saya menerima 2,8 juta rupiah.

    bukti penghasilan google adsense saya 5.PNG
    Karena efek tahun baru sudah mulai memudar, penghasilan yang saya dapatkan kembali ke nominal yang seharusnya, tak ada hal khusus yang perlu saya tuliskan disini.

    Untuk payout selanjutnya, saya akan dapat melakukannya pada tanggal 21 bulan ini. Dan saat ini saya memang menunggu saat saat ini datang. Bulan ini, saya akan dapat melakukan penarikan dengan jumlah $220 atau setara dengan 2,9 juta dengan kurs saat ini (1 USD = 13,300 IDR)

    Gaji pending yang masih menunggu hari gajian

    bukti penghasilan google adsense saya 6.PNG

    Jika anda masih belum puas dengan data data diatas dan masih penasaran dengan berapa jumlah penghasilan yang saya dapatkan perharinya, saya sudah menyiapkannya. Berikut ss-nya:

    Statistik penghasilan harian dari Google Adsense
    [​IMG]

    Saat ini, saya diberikan CPC dengan harga $0,05-$0,07 untuk setiap klik yang terjadi pada iklan. Penghasilan rata rata $2, dan yang membuatnya ngenes adalah pengunjung yang mengklik iklan saya sangatlah sedikit, dari ribuan pengunjung, yang bersedia mengklik iklan saya hanya kisaran 30-orang.

    Penutup
    Rasanya screenshoot dan data data diatas rasanya sudah cukup untuk memuaskan rasa keingintahuan anda yang masih belum memiliki akun Google Adsense atau mungkin ingin membandingkan earning satu sama lainnya.

    Jika dibandingkan dengan earning earning yang dimiliki para sesepuh Google Adsense, mungkin hasil ini tak lebih dari "seekor kucing yang meraung diantara para harimau", alias earning kecil sudah berani pamer. Namun saya membuat thread ini tak lebih untuk dijadikan referensi bagi anda yang ingin mengetahui lebih banyak tentang Google Adsense. Sekian thread saya kali ini, jika ada pertanyaan, silahkan tuliskan di kolom komentar.
     
    Last edited: May 19, 2016
  2. Pengajar

    Pengajar Administrator Staff Member

    Messages:
    179
    Like Diterima:
    2
    Trophy Points:
    18
    Joined
    Feb 3, 2016
    1
     
  3. ahroihan

    ahroihan New Member

    Messages:
    1
    Like Diterima:
    0
    Trophy Points:
    1
    Joined
    Aug 6, 2016
  4. Anak_Baru1

    Anak_Baru1 Member

    Messages:
    295
    Like Diterima:
    7
    Trophy Points:
    18
    Joined
    Feb 14, 2016
  5. Iman

    Iman New Member

    Messages:
    1
    Like Diterima:
    0
    Trophy Points:
    1
    Joined
    Nov 20, 2016
    mas, kayaknya iklan adsense sm jumlah PV nya gak sebanding. Paling kurang diatas $3 untuk PV seperti itu. Menurutku iklan adsensenya kurang dimaksimalkan. Maaf bukannya menggurui namun ini jika sy bandingkan dgn pendapatan rata2 sy dalam sehari di adsense PV dibawah 3000..
     
  6. Anak_Baru1

    Anak_Baru1 Member

    Messages:
    295
    Like Diterima:
    7
    Trophy Points:
    18
    Joined
    Feb 14, 2016
    Sebenarnya saya juga berfikiran demikian gan, tapi mau bagaimana lagi, saya rasa saya sudah mengoptimalkan iklan seoptimal mungkin. Bahkan, saya memasang iklan saya secara sticky di bagian sidebar.

    Dan sisanya, saya pasang di tengah dan akhir artikel.

    Setelah saya coba analisis, ternyata ini terjadi karena artikel yang mendatangkan banyak pengunjung terlalu panjang, sehingga visibilitas iklan menjadi berkurang, karena itu, berkurang deh jumlah klik iklannya.

    Gpp gan, soalnya banyak yang bilang gitu kok, termasuk temen-temen saya. Cuma sekedar share pengalaman aja sih, hehehe
     
.
Loading...
×
beli pulsa online dengan harga murah