1. Welcome, Guest
    Sekolah Blogger adalah sebuah situs yang didedikasikan bagi anda yang ingin mempelajari lebih lanjut seputar cara mendapatkan penghasilan di internet, terutama Blog.
    Dismiss Notice

Promosi Blog Untuk MENINGKATKAN VISITOR? Ini dia CARA-nya!

Anak_Baru1Sep 5, 2016

Tags: Add Tags
  1. Anak_Baru1

    Anak_Baru1 Member

    Messages:
    294
    Like Diterima:
    7
    Trophy Points:
    18
    Joined
    Feb 14, 2016
    aplikasi pengisian pulsa Dalam hal pemasaran, sebuah promosi ditujukan untuk mengenalkan sebuah produk, jasa, dan lain sebagainya kepada publik dengan tujuan untuk membuat produk tersebut dapat menghasilkan keuntungan yang lebih dengan cara memperkenalkan kelebihan, manfaat, dan hal-hal positif dari produk itu sendiri.

    Hal yang sama juga berlaku pada saat pengelolaan blog.

    Pada saat mengelola sebuah blog, Anda sebagai pengelola blog diharapkan mampu untuk membuat blog yang Anda kelola menjadi ramai dikunjungi pengunjung, dan untuk melakukan hal itu, selain memenuhi blog dengan artikel serta konten yang bermanfaat bagi pengunjung, Anda juga perlu melakukan sejumlah optimasi untuk membuat konten dari blog yang Anda kelola agar dikunjungi oleh ribuan, bahkan jutaan pengunjung per harinya, yang pada akhirnya akan mendatangkan Anda income yang besar.

    Dan salah satu optimasi yang dapat Anda lakukan untuk mewujudkan tujuan tersebut adalah dengan melakukan promosi.

    Saat ini, lebih dari 80% orang di Indonesia yang mengelola sebuah blog berfikiran dan menganggap bahwa search engine atau pengunjung yang berasal dari organic keyword adalah satu-satunya cara untuk mendatangkan pengunjung ke blog dengan cara yang alami.

    Jika Anda juga sempat berikiran demikian, tak ada salahnya untuk meluangkan waktu luang Anda untuk melihat screenshoot dibawah ini:

    menghasilkan uang dari promosi blog_compressed.jpg
    Contoh keberhasilan memakai Facebook Ads untuk melakukan promosi blog

    traffic blog dengan facebook ads.png
    Laporan statistik pengunjung blog yang menggunakan jasa periklanan Facebook Ads sebagai media promosi.

    Jika Anda berfikiran bahwa saya adalah seorang ahli SEO, atau mastah dalam dunia blogging, Anda salah!

    Saya sendiri baru memulai ngeblog tidak lebih dari setahun yang lalu, sehingga saya sendiri masih awam dalam bidang Search Engine Optimization, dan screenshoot diatas sendiri saya ambil dari salah satu blog yang baru berumur 3 bulan dengan sosmed sebagai sumber lalu lintas utama, dan bukan search engine.
    Hanya dengan bermodalkan sebuah blog yang telah berdomain TLD (Top-Domain-Level) dan template premium yang dibeli di Themeforest agar blog terlihat lebih professional, serta metode yang tepat untuk mempromosikan blog melalui social media, mendapatkan pengunjung dengan volume tersebut bukanlah hal yang tidak mungkin.
    Memang benar bahwa search engine dapat dijadikan cara untuk mendatangkan pengunjung dengan traffic yang lebih stabil dan bertahan dalam jangka waktu yang panjang, namun ada baiknya Anda melakukan optimasi, dan mendapatkan pengunjung dengan memanfaatkan resource lain yang tersedia.

    Dengan begitu, selain mendapatkan traffic yang tetap dari search engine, Anda juga akan mendapatkan pengunjung tambahan dari sumber lain, yang nantinya dapat mendatangkan Anda pendapatan tambahan.

    Jika Anda berniat ingin melakukan promosi dalam rangka untuk meningkatkan pengunjung, berikut adalah sejumlah metode yang sangat saya rekomendasikan, berikut diantaranya:

    1. Promosi melalui fanspage
    Sebagai situs sosmed dengan pengguna terbanyak di Indonesia, sekaligus situs dengan peringkat #3 dalam hal besarnya volume pengunjung berdasarkan survei yang dilakukan Alexa, Facebook adalah sebuah ladang yang sangat ideal untuk melakukan promosi untuk blog Anda.

    Dan untuk membuat jaringan blog Anda semakin luas, ada baiknya Anda sebuah fanspage khusus di Facebook, yang nantinya dapat Anda gunakan mempromosikan blog, membagikan tautan/link, atau hanya sekedar bersenda gurau dengan membagikan status/gambar yang menghibur fans.

    Bagi Anda yang belum tau fanspage, Fanspage sebuah halaman khusus layaknya blog yang menyediakan informasi yang beragam sesuai dengan keinginan pemiliknya, mulai dari perusahaan, pendidikan, layanan, produk fisik, artis, komunitas dan masih banyak lainnya

    tribun news_compressed.jpg
    Tampilan halaman fanspage Facebook yang telah diperbaharui pada pertengahan tahun 2016

    Tak ada syarat atau ketentuan khusus untuk dapat membuat sebuah fanspage. Hanya dengan bermodalkan sebuah akun Facebook, Anda sudah dapat membuat akun Facebook Anda sendiri.

    Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, dengan adanya fanspage ini, Anda dapat mempromosikan blog Anda dengan membagikan tautan blog dan mengirimnya ke Facebook, sehingga para fans dapat mengetahui bahwa Anda mengupdate artikel baru hanya dengan membuka Facebook.

    Semakin banyak orang yang meng-like fanspage Anda, semakin besar pula peluang Anda untuk mendapatkan banyak pengunjung.

    Adapun beberapa fakta yang perlu Anda ketahui adalah sebagai berikut:
    • Pada umumnya, hanya ada 10-15% orang dari jumlah total pengguna yang meng-like fanspage yang akan mengklik link yang Anda bagikan.
    • Pada umumnya, hanya ada 1-5% orang dari jumlah total pengguna yang meng-like fanspage yang akan membagikan (share) kiriman yang Anda bagikan (tergantung menarik atau tidaknya artikel yang dibagikan)
    • Faktor kepercayaan dan popularitas blog juga ikut mempengaruhi persentase klik dan share link
    • Untuk meningkatkan jumlah like, Anda juga dapat menambahkan widget fanspage Facebook di blog.
    • Anda juga dapat membagikan kiriman-kiriman menarik yang bertujuan untuk meningkatkan interaksi pengguna terhadap fanspage yang Anda miliki, yang nantinya pengunjung
    • Selain mendapatkan pengunjung, Anda juga dapat berinteraksi dengan para pembaca di setiap kiriman yang Anda kirimkan di fanspage. Hal ini dilakukan untuk memperdekat hubungan antara pembaca dengan penulis.
    • Fanspage adalah salah satu syarat untuk dapat beriklan menggunakan Facebook Ads

    Bayangkan saja, jika Anda memiliki sebuah fanspage yang telah di-like oleh 20,000 pengguna facebook, dan ada 15% pengguna yang mengklik link yang Anda share, dengan mudahnya Anda akan mendapatkan 3,000 pengunjung tambahan dari Facebook.

    Itupun hanya satu link, bayangkan jika Anda membagikan lebih dari 10 tautan per harinya, dapat Anda bayangkan sendiri betapa besarnya keuntungan menggunakan Facebook sebagai media promosi.

    2. Kirimkan artikel ke social bookmarking
    Social bookmarking adalah sebuah situs yang memungkinkan penggunanya untuk mensubmit link blog miliknya di situs social bookmarking.

    Dengan mensubmit artikel blog ke social bookmarking, Anda sebagai pengguna akan mendapatkan keuntungan berupa backlink, serta tambahan pengunjung yang mengunjungi blog ketika ada orang yang tertarik untuk membaca artikel selengkapnya.

    Seperti namanya, situs social bookmarking bekerja dengan cara membookmark setiap tautan yang disubmit oleh pengunjung. Setiap kali ada pengunjung yang mensubmit tautan ke situs social bookmarking, summary atau ringkasan dari artikel tersebut akan dipublikasikan di situs social bookmarking, dan jika misalkan ada orang yang membaca artikel di situs social bookmarking tersebut, mereka harus mengunjungi situs sumber dari artikel itu sendiri, yang tak lain adalah URL asli dari artikel itu sendiri.
    Jika Anda masih belum mengerti bagaimana mekanisme kerja dari sebuah situs social bookmarking, Anda dapat membaca salah satu artikel di Viva Log, yang merupakan salah satu situs social bookmarking terbesar di Indonesia.

    Disana, Anda akan mengenal bagaimana situs social bookmarking bekerja.

    mendapatkan pengunjung dari situs social bookmarking 2_compressed.jpg
    Contoh artikel yang disubmit ke situs social bookmarking Viva Log
    Source: Lima Risiko Mencengangkan Jadi Karyawan di Facebook

    Jika Anda sudah mengunjungi dan membaca salah satu artikel di situs tersebut, sebagai contoh Lima Risiko Mencengangkan Jadi Karyawan di Facebook, Anda pasti menyadari bahwa artikel tersebut hanya memperlihatkan beberapa paragraf saja, dan isi dari artikel tersebut dirasa belum lengkap. Disinilah bagaimana situs social bookmarking dapat bermanfaat bagi seorang blogger, dimana jika ada orang yang membaca keseluruhan artikel tersebut, mereka harus mengunjungi situs sumber.

    Dalam kasus Viva Log, mereka memberitahu pengunjung untuk mengklik link "Baca Selengkapnya" untuk membaca keseluruhan artikel di situs sumber.

    mendapatkan pengunjung dari situs social bookmarking_compressed.jpg
    Untuk dapat membaca keseluruhan artikel di Viva Log, Anda harus mengklik link "Baca Selengkapnya"

    Relatif.

    Dalam urusan besar-kecilnya pengunjung yang didapat, itu tergantung dari judul artikel, thumbnail serta tempat Anda mensubmit link Anda.

    Setiap situs social bookmarking memiliki mekanisme submit link yang berbeda-beda, ada yang hanya mengharuskan pengunjung men-submit link, sehingga judul, thumbnail, dan summary akan digenerate secara otomatis (menyesuaikan dengan isi artikel asli/sumber), dan ada pula yang harus submit artikel secara manual.
    Untuk membuat pengunjung berdatangan ke situs Anda, Anda harus membuat judul dan thumbnail yang semenarik mungkin, sehingga persentase bagi mereka yang mengunjungi situs social bookmarking, dan membaca artikel yang Anda submit semakin meningkat.

    Sebagai bukti bahwa social bookmarking benar-benar dapat mendatangkan pengunjung, berikut adalah laporan statistik pengunjung yang saya ambil setelah sehari artikel disubmit di Viva Log:

    meningkatkan pengunjung dari social bookmarking_compressed.jpg
    Blog bertopik kesehatan, teknologi, dan gaya hidup adalah niche blog yang memiliki potensi terbesar untuk mendapatkan pengunjung dari Viva Log

    Perlu diketahui pula, sejumlah situs social bookmarking juga mem-pagari dirinya dengan sistem moderasi untuk memfilter konten yang tidak layak untuk ditampilkan di situs mereka. Sebagai contoh, Viva Log tidak akan menerbitkan artikel berbau pornogr*fi, judi, cracking, hacking, download software berlisensi, dan konten konten yang melanggar UU ITE.

    Barangkali jika Anda tertarik untuk menggunakan social bookmarking untuk meningkatkan pengunjung blog, berikut adalah sejumlah situs social bookmarking yang paling berpotensi untuk mendatangkan pengunjung, berikut diantaranya:
    1. LensaInfo
    2. Azzhura
    3. NgetikNgetik
    4. LensaPost
    5. KameraBola
    6. BonaFeed.com
    7. Melintas
    8. IiniAda
    9. Begosip
    10. LintasTOP
    11. SocialbookMarkingWEB-ID
    12. BookmarkingWEB-ID
    13. Pulsk
    14. Lintas-Blog
    15. Sosbokberti
    16. Info303
    17. Senditq
    18. BookmarkIndonesia
    19. Muliabookmark
    20. DetikIndo
    21. GuePunya.com
    22. Sosbook.Temveoraig
    23. Kubagikan.com
    24. SocialBookmarkingIndonesia
    25. Bookmark.software-indo
    26. Majalah45
    27. Jadipopuler
    28. Liputanku
    29. SocialBookmarkIndonesia-ME
    30. Servicesitus
    31. Kancyl
    32. Bisik.us
    Namun perlu dicatat, dalam mensubmit link ke situs social bookmarking, akan sangat disarankan jika Anda hanya mensubmit link ke situs yang memiliki otoritas, traffic, dan kualitas yang tinggi.

    Hal ini dikarenakan jika Anda mensubmit link ke situs social bookmarking yang memiliki kualitas rendah, ditakutkan jika nantinya tidak akan ada pengunjung yang akan mengunjungi artikel Anda melalui situs social bookmarking tersebut, mengingat memang tak ada orang yang mengikuti perkembangan update artikel di situs tersebut.

    Dengan kata lain, prioritaskan kualitas dibanding kuantitas pada saat ingin memilih situs social bookmarking yang dijadikan sebagai media untuk mempromosikan situs Anda.

    Saya sendiri lebih menyarankan untuk menggunakan Viva Log sebagai layanan bookmarking pilihan Anda, mengingat setiap harinya Viva Log dikunjungi oleh jutaan pengunjung setiap harinya, selain sebagai situs social bookmarking, Viva.co.id juga merupakan salah satu situs berita yang dapat dipercaya di Indonesia, sehingga tak mengherankan jika ada banyak pengunjung yang berdatangan jika Anda mensubmit link ke Viva Log, mengingat mereka memiliki jutaan pengunjung yang mengunjungi situs mereka setiap harinya.

    dsadas_compressed.jpg
    Viva.co.id adalah situs yang berada di peringkat #70 dalam kategori situs dengan volume pengunjung terbesar di Indonesia.

    3. Manfaatkan forum signature untuk melakukan promosi
    Selain mendapatkan ilmu dan pengetahuan baru, berpartisipasi dalam diskusi di sebuah forum juga dapat dijadikan sebagai sebuah sarana untuk mempromosikan blog yang Anda miliki.

    Di situs forum, ada sebuah fitur yang dikenal dengan nama Signature, dan dengan signature inilah, Anda dapat mempromosikan blog Anda.

    Signature adalah sebuah fitur yang memungkinkan pengguna sebuah forum untuk meninggalkan kutipan berupa text, link, atau banner. Signature ini biasanya akan muncul dibawah posts atau kiriman, baik itu thread ataupun komentar yang dikirimkan oleh pengguna forum.

    Jika Anda masih bingung, atau belum paham tentang apa itu signature, Anda dapat melihat bagian bawah thread saya ini, disana, saya menuliskan sebuah signature yang bertuliskan "Kunjungi website saya di: Google.com"

    signature blog.PNG
    Forum signature

    Kurang lebih, itulah yang disebut dengan forum signature.

    Dengan forum signature ini, Anda dapat meninggalkan link blog Anda dengan harapan agar ada orang yang mengklik link tersebut, dan mengunjungi blog Anda.

    Biasanya, forum signature ini digunakan untuk melakukan promosi produk digital, seperti toko online, penjualan template, penjualan plugin, penjualan software, penjualan hosting & domain, personal blog dan hal hal serupa.

    Besar-kecilnya pengunjung yang didapat melalui metode promosi ini tergantung dari seberapa aktif aktivitas Anda di sebuah forum, semakin aktif Anda di sebuah forum, semakin banyak pula pengunjung yang Anda dapat.

    Hal ini dikarenakan sebuah signature akan muncul setiap kali seorang pengguna forum melakukan sebuah aktivitas. Sebagai contoh, jika seorang pengguna mengirimkan komentar sebanyak 1 kali, maka mereka hanya dapat meninggalkan satu signature; komentar sebanyak 2 kali, dua signature akan berhasil dibuat; komentar sebanyak 5 kali, 5 signature akan berhasil dibuat; dan seterusnya.

    Sebuah signature akan muncul secara otomatis setiap kali seorang pengguna forum berpartisipasi kedalam sebuah diskusi, baik itu membuat thread, atau hanya sekedar berkomentar.

    Agar ada banyak pengunjung yang mengunjungi blog Anda, dalam penulisan signature Anda harus membuat kata-kata yang cukup nge-bait (memancing klik) namun tidak berkesan berlebihan, atau alay.

    4. Bagikan tautan artikel blog di grup Facebook
    Selain fanspage & Facebook Ads, bergabung dan membagikan link kedalam sebuah grup di Facebook juga dapat dijadikan sebagai cara untuk mendapatkan pengunjung melalui social media.

    Di Facebook, sebuah grup adalah sebuah tempat untuk berkumpulnya pengguna-pengguna Facebook untuk membahas sebuah wacana tertentu. Sebagai contoh, Grup berkumpulnya pecinta Android adalah Android Indonesia.

    Untuk mendapatkan pengunjung dari grup Facebook, Anda hanya harus menuliskan kiriman yang mencantumkan link artikel blog Anda, dan mengirimkan kiriman tersebut kedalam grup yang Anda inginkan.

    Namun agar promosi Anda berjalan lebih mudah, saya memiliki sejumlah saran yang dapat Anda terapkan, berikut diantaranya:
    • Gunakan software pendukung untuk mempermudah promosi
    Agar Anda tidak perlu susah-susah bergabung dan mengirimkan satu-per-satu link blog Anda di grup Facebook, saya sarankan Anda untuk menggunakan software pendukung.

    Dalam hal ini, saya merekomendasikan Anda untuk menggunakan software Facebook Group Auto-joiner, sebuah software yang memungkinkan penggunanya untuk bergabung kedalam sebuah grup secara otomatis, dan Ninja Blaster, sebuah software Facebook Marketing terbaik saat ini, yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan auto comment, auto-joiner, email management dan masih banyak lainnya.

    software auto join group facebook_compressed.jpg
    Tools Auto Multiple Join Grup FB by RieqyNS13, sebuah software yang memungkinkan Anda untuk bergabung kedalam banyak grup Facebook secara otomatis.
    Download: Google Drive | Solidfiles | Kumpulbagi | MirrorCreator


    Download-Free-Ninja-Blaster-Facebook-Auto-Group-Poster-Software_compressed.jpg
    Ninja blaster, sebuah tools Facebook Marketing terbaik saat ini.
    Untuk menggunakan Ninja Blaster, Anda harus membayar lisensi yang dihargai seharga $9.55 per bulan atau $59 per tahun, atau $97 untuk lisensi yang berlaku selamanya. Namun, untuk menunjukan kehebatan tools mereka, Anda diberikan kesempatan untuk mencoba software mereka selama 3 hari trial.

    Trial & Download: Official Site
    Order software: Official Site
    Dengan kedua software ini pula, Anda dapat terhindar dari suspend atau banned yang diberikan Facebook, karena kedua software ini sudah dilengkapi dengan fitur interval waktu, sehingga Facebook tidak akan curiga walaupun Anda bergabung kedalam banyak grup atau membagikan banyak link.

    Selain itu, Anda juga dapat bergabung kedalam sebuah grup tertentu dengan mengetikan keyword atau kata kunci dari grup yang Anda inginkan.
    • Hanya bergabung kedalam grup yang berhubungan dengan topik yang dibahas di blog
    Agar ada banyak pengguna Facebook yang mengklik link yang Anda bagikan di sebuah grup, akan sangat direkomendasikan untuk bergabung kedalam grup yang memiliki kesamaan topik dengan blog Anda. Hal ini dilakukan agar grup dengan kiriman yang dibagikan menjadi nyambung, karena rasanya tidak lucu jika misalkan blog Anda yang membahas tentang video dewasa alias b*kep Anda bagikan di grup Front Pembela Islam (FPI).

    Selain itu, dengan bergabung kedalam sebuah grup yang hanya membahas topik yang sama dengan blog, persentase orang-orang yang bergabung di grup tersebut untuk mengklik link yang Anda bagikan menjadi lebih besar, dan Anda juga terhindar dari kemungkinan ditendang dari grup tersebut.
    • Jangan terlalu cepat bergabung dan melakukan share link
    Untuk mengurangi adanya pengguna yang melakukan spam, Facebook sering kali mengupdate algoritma sandbox dan anti-spam yang semakin canggih, yang akhirnya membuat pergerakan blogger yang menjadikan Facebook sebagai sumber lalu lintas menjadi sangat terbatas.

    Jika seorang pengguna Facebook terdeteksi melakukan aktifitas yang tidak wajar, Facebook tidak akan segan-segan untuk mem-banned mereka yang mencoba melakukan spam.

    Maka dari itu, saya sarankan Anda untuk menggunakan settingan berikut ini:
    • Interval join grup: 30 detik (jika Anda hanya ingin bergabung kedalam 20 grup dalam satu hari), 60 detik (jika Anda ingin bergabung kedalam 40 grup dalam satu hari), 120 detik (jika Anda ingin bergabung kedalam 80 grup dalam satu hari), 500 detik (jika Anda ingin menghidupkan laptop atau komputer 22/7 hari atau 24 jam tanpa terkena banned)
    • Interval post/share link: 30 detik (jika Anda ingin membagikan link kedalam 45 grup dalam satu hari), 60 detik (jika Anda ingin membagikan link kedalam 80 grup dalam satu hari), 120 detik (jika Anda ingin membagikan link kedalam 160 grup dalam satu hari), 500 detik (jika Anda ingin menghidupkan laptop atau komputer dalam satu hari)
    • Max join grup per hari: Kurang lebih 144 Grup
    • Max post to group per hari: Kurang lebih 210 grup
    Rumus diatas hanyalah hasil dari experiment yang saya lakukan baru baru ini, dan mengingat Facebook selalu mengupdate algoritmanya, ada baiknya Anda juga melakukan experiment sendiri untuk mengetahui angka akurat dari limit join dan post group Facebook.

    Potensi yang didapat dari promosi melalui grup Facebook sangatlah besar, karena setiap kali Anda mengirimkan link blog di sebuah grup, blog Anda akan dilihat oleh puluhan, hingga ribu orang yang bergabung kedalam grup tersebut (tergantung dari banyaknya member didalam sebuah grup).

    Dan berikut adalah hasil dari auto-post group Facebook dari akun yang telah bergabung dengan grup yang secara menyeluruh beranggotakan lebih dari 40,000 orang, dan 500 detik interval post (karena komputer hidup dan terkoneksi ke internet selama 22/7 per hari, disini saya memutuskan untuk menggunakan RDP untuk menghemat biaya):

    traffic yang didapatkan dari facebook_compressed.jpg
    Hasil dari auto-post Facebook

    5. Gunakan sosmed sebagai media promosi
    Sosmed atau social media kini telah menjadi salah satu sarana komunikasi utama saat ini, mulai dari anak kecil sampai kakek-nenek sudah biasa menggunakan sosial media untuk mengisi waktu luang, bersosialisasi dengan teman-temannya di dunia maya, atau hanya sekedar mencari hiburan semata.

    Terlebih lagi, lebih dari 75% orang yang memiliki perangkat elektronik seperti smartphone dan laptop dipastikan memiliki akun social media, baik itu Facebook, Twitter, Instagram, WhatsApp, BBM Messager, Line, dan masih banyak lainnya.

    memanfaatkan social media untuk mendapatkan pengunjung.png

    Dan dengan memanfaatkan sejumlah media inilah, Anda dapat melakukan promosi untuk blog yang Anda kelola.

    Khusus bagi Anda yang menggunakan platform Wordpress self-hosted, Anda juga menginstall plugin yang memiliki fungsi auto-publish post to social media, yang berfungsi untuk membagikan link artikel yang baru di update ke sejumlah social media. Jadi jika misalkan Anda mengupdate artikel, link artikel Anda akan di-share secara otomatis bersamaan dengan waktu Anda melakukan update artikel baru.

    Dengan memanfaatkan plugin ini, Anda tidak perlu repot-repot melakukan share artikel ke satu-per-satu social media.

    Dalam hal ini, saya merekomendasikan Anda untuk menginstall plugin Jetpack dan menginstall modul Jetpack Publicize, dimana dengan menggunakan plugin ini, Anda dapat membagikan link artikel Anda ke 6 social media berbeda secara otomatis, yakni Facebook, Twitter, LinkedIn, Tumblr, Path, dan Google Plus +.

    share artikel ke social media.png
    Untuk dapat membagikan link artikel di social media, Anda terlebih dahulu diminta untuk menghubungkan akun sosmed dengan situs Anda.

    mempublikasikan artikel secara otomatis.png
    Sebelum mempublikasikan artikel, Anda dapat mengetikan pesan apa saja yang akan dituliskan pada saat artikel dibagikan di social media.
    Untuk Anda yang masih menggunakan Blogger sebagai platform blog, nampaknya Anda masih harus melakukan share artikel secara manual, mengingat Blogger hanya support dengan layanan share artikel otomatis ke Google Plus saja.

    layanan share artikel otomatis ke google plus.PNG
    Untuk menyetting share artikel otomatis ke Google Plus, Anda dapat menyettingnya dengan mengakses menu Setelan--> pilih Pos, komentar, dan berbagi

    Jika Anda hanya mengandalkan Google Plus sebagai media untuk promosi share artikel otomatis, akan sangat direkomendasikan agar Anda mencari banyak followers, karena semakin banyak followers yang mengikuti akun Google Plus Anda, semakin banyak pula peluang yang Anda dapatkan untuk mendapatkan pengunjung.

    6. Lakukan blogwalking
    Blogwalking juga merupakan salah satu cara yang sangat umum dilakukan seorang Blogger untuk mempromosikan blog miliknya, mendapatkan backlink, serta melakukan silaturahmi dengan blogger lainnya.

    Seperti namanya, Blogwalking adalah sebuah istilah yang dapat diartikan sebagai "blog berjalan", dimana seorang pengelola sebuah blog akan berkeliling ke blog tetangga dengan tujuan untuk mempromosikan blog miliknya.

    Pada umumnya, jika seorang blogger ingin melakukan blogwalking, dan target blogwalkingnya adalah sebuah blog general (seperti Blogspot atau Wordpress), blogwalking dapat dilakukan hanya dengan meninggalkan komentar yang berisikan URL blog yang dimiliki oleh blogger tersebut.

    mendapatkan pengunjung dari blogwalking.PNG
    Contoh blogger yang berusaha untuk mendapatkan pengunjung melalui blogwalking

    Dengan meninggalkan URL blog di kolom komentar, diharapkan nantinya akan ada pengunjung yang mengunjungi blog Anda melalui URL yang Anda tinggalkan.
    Dan seperti yang saya sebutkan sebelumnya, dengan melakukan blogwalking, Anda juga dapat mendapatkan backlink, yang merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi posisi sebuah artikel di halaman pencari. Untuk mendapatkan backlink, Anda harus melakukan blogwalking dengan meninggalkan link aktif, dan bukan link mati.
    Dalam contoh diatas, pengunjung bernama Juniasta Datah meninggalkan sebuah komentar yang berisikan alamat blognya, namun link yang ditinggalkannya masih berupa link mati (link yang tidak dapat diklik) dan link seperti ini tidak dapat dihitung sebagai sebuah backlink oleh Google, karena Google hanya dapat meng-crawl link aktif sebagai sebuah backlink.
    Berdasarkan penerangan sejumlah pakar SEO, backlink dikatakan sebagai sebuah pondasi yang dapat membuat blog bertahan di posisi yang baik di halaman pencari. Backlink itu layaknya sebuah poin, dimana semakin banyak backlink yang dimiliki oleh sebuah blog, semakin baik pula sebuah blog dipandangan mesin pencari, baik itu Google, Yahoo, maupun Bing.

    Opini yang menyebutkan bahwa backlink merupakan salah satu faktor penentu SEO juga dikuatkan dengan fakta bahwa mayoritas blog yang memiliki traffic padat memiliki backlink yang jauh diatas blog pada umumnya.

    Contohnya, situs Sugeng.id yang dikenal sebagai salah satu situs yang memberi informasi yang sangat bermanfaat, serta menginspirasi blogger pemula. Dibalik kesuksesannya dalam menempatkan sejumlah artikel miliknya di halaman pertama mesin pencari dengan keyword-keyword yang sangat strategis, situs ini memiliki backlink sebanyak 2,1 juta, jumlah yang terbilang sangat gigantic jika harus dibandingkan dengan blog pada umumnya yang hanya memiliki 500-1k backlink saja.

    jumlah backlink sugeng id.PNG
    Berdasarkan laporan Ahrefs, sebuah situs yang memungkinkan penggunanya untuk menganalisis backlink sebuah website secara mendetail menjelaskan bahwa situs Sugeng.id memiliki backlink sebanyak 2.59 juta backlink.

    Tentunya, backlink ini hanyalah sebuah faktor pendukung yang menjadi penopang agar blog tersebut tetap muncul di halaman pertama mesin pencari, karena walau bagaimanapun, konten adalah faktor utama yang menjadi penentu apakah sebuah artikel bisa muncul di halaman pertama mesin pencari atau tidak.

    7. Buat channel khusus di YouTube
    Untuk melakukan promosi, Anda juga dapat memanfaatkan YouTube sebagai media untuk mempublikasikan serta mempromosikan blog yang Anda kelola kedalam bentuk video.

    Setelah itu, jika Anda memiliki blog yang memiliki niche tutorial, Anda juga dapat membuat sebuah channel khusus yang dikhususkan untuk men-support blog Anda.
    Jadi begini, jika misalkan Anda menuliskan artikel "mengedit wajah menjadi putih dan mulus di Photoshop", dan mengingat tutorial-tutorial seperti tutorial photoshop terkadang adalah hal sulit untuk dimengerti, terutama bagi kalangan pemula.

    Untuk memperjelas tutorial yang Anda berikan, selain memberikan tutorial berupa text dan gambar, Anda juga dapat menambahkan video YouTube kedalam artikel yang Anda buat.
    Selain membuat artikel terlihat menjadi lebih meyakinkan, Anda juga akan dapat mendapatkan penghasilan tambahan setelah melakukan monetize terhadap channel YouTube yang Anda miliki.

    Jadi, penghasilan yang Anda dapat akan menjadi 2 kali lipat, dari Blog dapet, dari YouTube juga dapet.

    Dan perlu Anda ketahui, penghasilan yang didapat dari YouTube lebih besar daripada penghasilan yang didapat dari Blog.

    Paling tidak, YouTube dan Blog memiliki perbandingan 3:1 dalam hal jumlah penghasilan (dengan jumlah visitor yang sama).

    Sebaliknya, selain dapat menambah jumlah viewer dengan memasukan video YouTube ke artikel blog, Anda juga dapat mendapatkan mendatangkan pengunjung dari YouTube dengan menuliskan URL blog Anda di bagian description pada saat mempublikasikan video.

    contoh promosi blog melalui youtube.png
    Contoh cara melakukan promosi blog melalui YouTube

    Sehingga kalau ada seseorang menonton video Anda di YouTube, dan ingin membaca versi artikelnya, mereka dapat melihat kolom description, melihat URL blog dan mengunjungi blog Anda, dan begitupula sebaliknya.

    8. Ikuti tanya-jawab di Yahoo Answer
    Yahoo Answer! adalah salah satu layanan yang disediakan oleh Yahoo yang dikhususkan untuk melakukan tanya-jawab.

    Bagi Anda yang sering browsingan, mungkin nama Yahoo Answer bukan lagi hal yang asing lagi, mengingat banyak percakapan tanya-jawab para penggunanya yang menduduki posisi pertama di halaman pencari.

    Sebagai salah satu situs yang memiliki otoritas tinggi di search engine, Anda dapat berpartisipasi kedalam tanya-jawab di YouTube, dan menggunakan kesempatan tersebut untuk mempromosikan blog yang Anda miliki.

    9. Sediakan layanan e-mail subcribe
    Salah satu layanan yang sering kali disepelekan oleh seorang blogger adalah layanan e-mail subcribe.

    Email subcribe adalah sebuah layanan yang memungkinkan seorang pengguna untuk berlanggan artikel dari sebuah situs dan memberitahu mereka bahwa situs tersebut telah mempublikasikan artikel baru.

    Biasanya, dalam email subcribe, sebuah situs hanya akan mengirimkan summary dari artikel yang baru diupdate dan untuk membaca keseluruhan artikel, mereka mengharuskan pengunjung untuk membacanya di situs mereka dengan mengklik link yang telah disediakan.

    Dan seperti fungsinya, email subcribe adalah layanan yang sangat membantu orang-orang yang berlanggan artikel di blog Anda, dan memberitahu bahwa Anda telah mengupdate artikel baru. Dengan adanya layanan ini, mereka tidak harus repot-repot mengecek blog Anda setiap hari, dan ketika ada artikel baru diupdate di blog Anda, mereka dapat langsung menuju ke TKP untuk membaca artikel yang Anda buat.
    Dalam hal pemasangan, Anda tidak dipungut biaya sepeserpun.

    Jadi tidak ada sisi negatif yang akan Anda rasakan dengan memasang email subcribe di blog Anda.

    Untuk keuntungannya sendiri, Anda akan mendapatkan keuntungan sesuai dengan banyaknya orang yang mengikuti layanan email subcribe ini.

    cara menambah visitor dengan email subcribe.PNG Sugeng.id adalah salah satu situs yang menyediakan layanan email subcribe dengan subcriber terbanyak.
    Berdasarkan rumor, karena dikenal sebagai situs yang memberikan informasi yang akurat, berkualitas, dan menginspirasi, saat ini Sugeng.id memiliki lebih dari 100k subcriber

    Sebagai contoh, jika ada 20,000 orang yang mengikuti layanan email subcribe, paling tidak, Anda hanya dapat mendapatkan pengunjung tambahan sebesar 5-10% dari jumlah orang berlanggan artikel di blog Anda.

    Nominal ini memang terbilang tidak cukup besar, namun setidaknya Anda dapat memfasilitasi situs dan pengunjung Anda dengan sebuah kemudahan, dimana mereka tidak harus bolak-balik ke blog Anda untuk mengecek artikel baru.

    11. Beriklan dengan Facebook Ads
    Jalan terakhir, sekaligus cara yang paling mudah untuk melakukan promosi yang sudah pasti dapat menghasilkan hasil yang memuaskan adalah dengan cara beriklan.

    Saat ini ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk dapat mengiklankan blog yang Anda miliki di Internet, mulai dari mengiklankan blog di Google Adwords, Twitter Ads, Yahoo Ads, dan masih banyak jaringan pengiklan lainnya.

    Namun sampai saat ini, saya pikir Facebook Ads adalah jaringan pengiklan terbaik, yang mampu menyebarkan konten artikel blog dengan jangkauan yang cukup luas dengan harga yang relatif murah.
    Sebagai jaringan pengiklan milik Facebook, Facebook Ads memberikan Anda kesempatan untuk beriklan tanpa pake ribet.

    Mulai dari segi pembayaran, Anda dapat melakukan pembayaran iklan dengan menggunakan PayPal dan transfer melalui rekening bank lokal.

    cara beriklan di facebook untuk mendapatkan uang.PNG
    Memulai kampanye di Facebook, mulai dari menentukan target audiance, durasi, menentukan jumlah anggaran yang diinginkan dan menentukan metode pembayaran.

    Anda juga dapat menentukan target audiance berdasarkan kriteria yang Anda inginkan, baik itu menentukan lokasi, umur, minat dan masih banyak lainnya.
    Dari segi harga, Anda sudah dapat beriklan di Facebook dengan bermodalkan 20,000 IDR per hari, dan dengan nominal tersebut, Facebook memberikan estimasi atau perkiraan bahwa kiriman yang Anda iklankan akan dilihat oleh 1,500-4,000 orang.

    Jika kiriman sudah mencapai target, iklan otomatis akan berhenti pada hari tersebut, dan akan berlanjut di hari berikutnya, itupun jika masih ada saldo yang tersisa di akun Facebook Anda.
    Tidak.

    Yang dimaksud dengan Facebook dengan dilihat adalah banyaknya orang yang melihat kiriman yang telah diiklankan di Facebook (Contohnya, jika ada seseorang yang melihat kiriman yang telah diiklankan di beranda Facebook miliknya, itu sudah dihitung sebagai 1 orang melihat kiriman), dan bukan jumlah orang yang mengklik dan mengakses situs Anda.

    Namun jangan salah sangka dulu, walaupun Facebook menuliskan estimasi bahwa kiriman yang telah diiklankan hanya akan dilihat oleh 1,500-4,000 orang, pengunjung yang mengunjungi situs Anda mungkin lebih besar daripada nominal tersebut.

    cara beriklan di facebook untuk mendapatkan uang 2.PNG
    Salah satu strategi yang paling sering digunakan oleh Facebook Marketer agar mereka mendapatkan keuntungan yang maksimal dengan beriklan di Facebook adalah dengan menambahkan video yang menarik dan unik.

    Hal ini mereka lakukan dengan dengan harapan akan ada orang yang menonton, merasa takjub, dan membagikan video tersebut.

    Hal ini dikarenakan pada saat kiriman masih berstatus diiklankan, banyak orang yang meng-share atau membagikan kiriman Anda. Jadi, walaupun kiriman sudah menyentuh target estimasi (dan kiriman sudah tidak berada dalam status diiklankan), Anda masih dapat mendapatkan banyak pengunjung dari artikel yang sudah dibagikan ratusan orang pada saat kiriman masih diiklankan.

    Maka dari itu, saya akan sangat menyarankan Anda untuk mengiklankan kiriman yang berisi artikel yang sedang viral saja, karena dengan mengiklankan kiriman-kiriman tersebut, persentase orang orang membagikan kiriman Anda akan menjadi semakin besar.

    Penutup
    Kurang lebih, itulah sejumlah metode yang dapat Anda tempuh untuk dapat mempromosikan blog dengan tujuan untuk meningkatkan pengunjung yang mengunjungi blog Anda.

    Jika Anda merasa ragu, atau bingung dengan penjelasan yang saya tuliskan diatas, jika berkenan, silahkan tinggalkan sebuah feedback di kolom komentar, jika memungkinkan, saya akan menjawab feedback yang Anda kirimkan secepat yang saya bisa.
     
    Last edited: Sep 13, 2016
  2. Anak_Baru1

    Anak_Baru1 Member

    Messages:
    294
    Like Diterima:
    7
    Trophy Points:
    18
    Joined
    Feb 14, 2016
    1
     
.
Loading...
Thread Terkait
  1. Anak_Baru1
    Replies:
    0
    Views:
    2,155
  2. Anak_Baru1
    Replies:
    0
    Views:
    2,669
  3. Anak_Baru1
    Replies:
    0
    Views:
    1,646
  4. Anak_Baru1
    Replies:
    1
    Views:
    1,805
  5. Anak_Baru1
    Replies:
    1
    Views:
    2,573
  6. Anak_Baru1
    Replies:
    2
    Views:
    2,859
  7. Anak_Baru1
    Replies:
    7
    Views:
    2,543
  8. Anak_Baru1
    Replies:
    1
    Views:
    1,754
  9. Anak_Baru1
    Replies:
    1
    Views:
    4,553
  10. Pengajar
    Replies:
    9
    Views:
    6,788
×
beli pulsa online dengan harga murah