1. Welcome, Guest
    Sekolah Blogger adalah sebuah situs yang didedikasikan bagi anda yang ingin mempelajari lebih lanjut seputar cara mendapatkan penghasilan di internet, terutama Blog.
    Dismiss Notice

Tips Melakukan BLOGWALKING untuk MENINGKATKAN VISITOR

Anak_Baru1Jun 17, 2016

Tags: Add Tags
  1. Anak_Baru1

    Anak_Baru1 Member

    Messages:
    295
    Like Diterima:
    7
    Trophy Points:
    18
    Joined
    Feb 14, 2016
    Jika Anda baru masuk ke dunia blogging, pastinya Anda mendengar berbagai macam istilah baru yang tidak pernah Anda dengar sebelumnya, seperti SEO, backlink, pageview, dan masih banyak hal lainnya. Diantara ratusan istilah baru tersebut, pernahkah Anda mendengar istilah blogwalking?
    Blogwalking adalah sebuah kegiatan dimana seorang blogger berkunjung ke blog lain, berkomentar dan mempromosikan blog yang dikelolanya. Blogwalking dijadikan sebagai sebuah cara untuk membuat pondasi agar sebuah blog dapat tetap bertahan di search engine dengan memperkenalkan blog di blog milik orang lain.

    Jika misalkan blog Anda tak kunjung mendapatkan peningkatan volume pengunjung, blogwalking mungkin adalah sesuatu layak untuk dicoba.
    Saya sendiri biasa melakukan blogwalking ringan tepat setelah saya memposting sebuah artikel di blog, dengan tujuan untuk mendapatkan lebih banyak backlink dan meningkatkan SEO blog, saya selalu bersemangat untuk mempromosikan blog yang saya miliki di blog orang lain.

    Bisa dikatakan, blogwalking adalah sebuah kegiatan rutin yang dilakukan seorang blogger, termasuk saya tentunya.

    Akan tetapi, tidak sedikit orang yang melakukan blogwalking tidak tahu apa yang sebenarnya mereka lakukan.
    Ketika mereka berkomentar di blog orang lain, mereka hanya sekedar berkomentar tanpa melakukan promosi untuk blognya sendiri.

    Contoh:

    Ketika Anda melakukan blogwalking, Anda di berkunjung ke sejumlah blog, menggunakan akun gmail sebagai pilihan profil dan berkomentar "Wah keren gan, nice artikel", "Artikelnya sangat bermanfaat gan, thx", "keren nih artikelnya", dan semacamnya, jika Anda melakukan hal tersebut, Anda tidak mendapatkan keuntungan apapun, justru pemilik artikel itulah yang mendapatkan keuntungan, karena artikelnya mendapatkan feedback dari pengunjung.

    Hal itu dikarenakan Anda tidak melakukan komentar yang bertujuan untuk mempromosikan blog Anda.

    Untuk melakukan blogwalking yang bertujuan agar blog peningkatan pengunjung, Anda harus melakukan promosi blog atau artikel artikel yang dimuat di blog (yang Anda miliki), dimana ketika melakukan blogwalking, Anda wajib untuk meninggalkan link blog Anda dan menunggu sampai ada orang yang mengakses link yang Anda tinggalkan tersebut.

    Jika tujuan Anda melakukan blogwalking hanya sekedar untuk silaturahmi dengan blogger lain, komentar komentar seperti itu ("Nice artikel", "artikelnya sangat bermanfaat", "wah mantep gan artikelnya" dsb) boleh boleh saja, walaupun pemilik blog biasanya lebih mengharapkan dan senang apabila pengunjung bersedia berkomentar dengan topik yang relevan dengan artikel yang dibuatnya.

    [​IMG]

    Dalam melakukan blogwalking, ada beberapa teknik yang dapat Anda lakukan agar blogwalking yang Anda lakukan menghasilkan sesuatu yang positif terhadap blog (milik Anda), dan ada sejumlah hal yang perlu Anda hindari untuk menghindari habisnya waktu Anda untuk useless thing (hal yang tak berguna).

    Jika Anda tidak keberatan, silahkan ikuti dan terapkan teknik teknik blogwalking yang biasa saya lakukan pada saat Anda melakukan blogwalking, berikut adalah sejumlah tips untuk melakukan blogwalking yang baik dan benar:

    1. Lakukan blogwalking dengan menggunakan profil "Name/URLs"
    Setiap kali berkomentar di blog lain, usahakan berkomentar di blog yang menyediakan layanan komentar yang support dengan profil Name/URLs, karena dengan menggunakan pilihan profil ini, Anda akan mendapatkan peluang untuk meninggalkan link blog Anda pada saat berkomentar dan hal ini tidak merugikan kedua belah pihak, baik itu Anda ataupun pemilik blog (target blogwalking).
    Profil Name/URs adalah salah satu pilihan pemilihan profil dalam berkomentar di blog yang menggunakan platform blogger. Dengan menggunakan Name/URLs, Anda dapat berkomentar dengan nama sesuai dengan pilihan Anda (sesuai dengan value yang Anda ketikan) sekaligus meninggalkan URL blog Anda pada nama tersebut.

    Bingung?

    Kita praktek langsung!

    Cobalah untuk mengunjungi sebuah blog, dan pastikan blog tersebut menyediakan kolom komentar default blogger. Pada pemilihan profil komentar, pilih Name/URLs.

    cara melakukan blogwalking untuk meningkatkan pendapatan.jpg

    Untuk pengisian, isi saja bagian Name dengan nama blog Anda, sedangkan untuk URL, isi dengan alamat postingan atau artikel yang ingin Anda promosikan, jika sudah, pilih Continue dan cobalah untuk berkomentar.
    cara melakukan blogwalking untuk meningkatkan pendapatan 2.jpg
    Ketika komentar sudah di publish, Anda dapat mengakses alamat postingan yang Anda ketikan tadi pada link Nama yang Anda gunakan saat berkomentar.

    Perlu diketahui, tidak semua blog menyediakan komentar dengan profil Name/URLs, fitur ini tidak akan tersedia jika admin blog mendisable pilihan komentar Name/URLs.
    Dengan cara ini, Anda akan mendapatkan sebuah backlink tanpa merugikan pemilik blog dan metode ini dianggap cukup efektif untuk memancing orang orang mengklik link, yang nantinya akan membuat blog Anda kedatangan pengunjung dari link tersebut.

    2. Berkomentarlah dengan menggunakan link aktif
    Link aktif adalah sebuah link yang dapat diklik ketika Anda mengarahkan kursor Anda pada link tersebut. Contoh: http://sekolahblogger.net <-- Link dapat membawa Anda ke alamat tersebut jika mengklik link tersebut.

    Bagi sebagian orang, menggunakan link aktif adalah hal yang dilarang karena dianggap merugikan blog yang menjadi target blogwalking, dikarenakan jumlah link external pada blog tersebut akan bertambah dan itu tidak baik dalam SEO.

    Namun berbeda dengan blog yang menjadi target, pelaku atau pengguna blogwalking yang meninggalkan link aktif justru akan mendapatkan keuntungan, karena link tersebut akan akan terindex oleh Google dan akan menjadi sebuah backlink.

    Namun perlu Anda tahu, jika Anda hanya berkomentar secara asal-asalan di blog yang menggunakan platform Blogger, link tersebut tidak akan menjadi link aktif.

    Contoh:

    Misalkan jika Anda berkomentar di blogku.blogspot.com dan meninggalkan sebuah komentar dengan isi sebagai berikut:

    Wah keren artikelnya gan,
    Tolong kunjung balik yah di http://seoku.blogspot.com

    Di blogger, jika Anda meninggalkan link seperti diatas (seoku.blogspot.com), link tersbut tidak akan menjadi link aktif dan tetap menjadi link mati.
    Jika Anda berkomentar di blogger dan ingin meninggalkan link aktif, Anda harus menggunakan anchor text <a href=""></a> untuk berkomentar.
    Bagaimana caranya menggunakan achor text?
    Kunjungi sebuah blog, dan gunakan anchor text pada saat berkomentar.

    Contoh
    Wah keren artikelnya gan,
    Tolong kunjung balik yah di <a href="http://seoku.blogspot.com">Blog SEO</a>

    Sebenarnya, ini adalah sebuah dasar dalam pemprograman web dengan menggunakan HTML, jadi rasanya bagi Anda yang pernah belajar HTML, rasanya saya tidak perlu begitu menjelaskan tentang achor text ini.

    Namun bagi Anda yang tidak tau, atau masih sangat awam, berikut saya jelaskan.

    Jika Anda berkomentar dengan komentar diatas, kata kata Blog SEO akan menjadi sebuah menjadi link yang mengarah ke situs http://seoku.blogspot.com.

    Jadi, Anda dapat mengganti kata Blog SEO (dengan kata kata lain) dan http://seoku.blogspot.com (dengan alamat link artikel atau postingan Anda) sesuai keinginan Anda ketika ingin melakukan blogwalking.

    Dengan melakukan hal tersebut, Anda dinyatakan sudah mampu untuk membuat sebuah link aktif.

    Bagaimana dengan link mati?
    Anda juga dapat berkomentar dengan mempromosikan blog dengan menggunakan link mati, sama halnya dengan link aktif, Anda juga akan mendapatkan pengunjung dengan meninggalkan link mati (jika ada orang yang mengakses link yang Anda tinggalkan), namun jika Anda berkomentar dengan menggunakan link mati, Google tidak akan mengindex link tersebut sebagai sebuah backlink dan hanya menjadi link biasa.
    Maka dari itu, saya sendiri menyarankan untuk berkomentar dengan menggunakan link aktif, namun usahakan jangan terlalu banyak meninggalkan link, karena bisa jadi link yang Anda tinggalkan akan dianggap spam, baik oleh pemilik blog maupun Google.

    3. Lakukan blogwalking di blog yang memiliki topik serupa dengan blog Anda
    Jika Anda ingin melakukan blogwalking yang bermanfaat untuk blog,pastikan Anda melakukan blogwalking di blog yang membahas topik yang serupa dengan blog Anda.

    Hal ini dilakukan agar ketika ada pengunjung yang berkunjung ke blog target blogwalking (blog yang menjadi tempat Anda mempromosikan blog milik Anda), ada kemungkinan kalau mereka merasa artikel yang mereka baca tersebut tidak lengkap (kurang), kemudian mereka akan mencari informasi tambahan di kolom komentar dan mengakses link yang Anda tinggalkan tinggalkan, disanalah Anda akan mendapatkan pengunjung tambahan.

    Jika Anda melakukan blogwalking di blog yang memiliki topik yang berbeda dengan blog Anda, hanya sedikit kemungkinan Anda mendapatkan visitor dari blogwalking, karena mereka (pengunjung) tidak memiliki alasan untuk membaca artikel yang memang mereka tidak cari.

    4. Targetkan blogwalking pada blog bertraffic tinggi
    Selalu utamakan kualitas, bukannya kuantitas

    Blog bertraffic tinggi adalah sumber daya yang sangat ideal untuk menjadi sumber traffic, semakin besar traffic dari blog yang menjadi target blogwalking Anda, semakin besar pula peluang Anda mendapatkan visitor.

    Inilah yang disebut mengutamakan kualitas dibanding kuantitas.

    Dimana blog bertraffic tinggi 100 kali jauh lebih berharga dibandingkan blog bertraffic rendah.

    Untuk mengetahui apakah blog bertraffic tinggi atau tidak, silahkan gunakan Alexa browser add-on untuk mengeceknya.
    Jika tidak, cukup lakukan blogwalking pada blog yang muncul di halaman pertama Google, karena blog blog yang muncul di halaman pertama sudah dipastikan memiliki potensi yang jauh lebih besar dibandingkan blog blog yang muncul di halaman kedua, ketiga, dst.

    5. Usahakan menjadi orang yang pertama kali berkomentar
    Untuk membuat kualitas blogwalking semakin berkualitas, usahakan untuk menjadi orang yang pertamakali dalam berkomentar, karena dengan melakukan hal tersebut, kemungkinan Google untuk mengindeks link tersebut akan semakin tinggi untuk menjadi backlink.

    Selain itu, pengunjung cendrung untuk melihat komentar pertama dalam sebuah postingan, jadi semakin cepat Anda berkomentar pada sebuah artikel, semakin besar pula peluang Anda untuk mendapatkan pengunjung dari blogwalkig.

    Hal ini dikarenakan adanya faktor persaingan, dimana jika Anda gagal menjadi orang yang pertama kali dalam berkomentar, posisi Anda akan semakin merosot (di kolom komentar) jika ada orang lain yang berkomentar, jika hal tersebut terjadi, hanya ada sedikit peluang kalau link yang Anda tinggalkan akan mendapatkan pengunjung.

    Kalau bisa, jadilah orang yang pertama kali berkomentar, namun idealnya, kalau bisa jadilah 25 orang pertama dalam berkomentar jika Anda melakukan blogwalking di situs yang memiliki otoritas dan bertraffic tinggi.

    6. Hindari berkomentar dengan lebih dari 5 link aktif dalam sekali berkomentar
    Di blog dengan platform Blogger, Google telah mengaktifkan sistem spam dalam berkomentar, dimana seorang pengunjung hanya diperbolehkan untuk berkomentar dengan panjang 4.096 karakter dan maksimal 4/5 link aktif.

    Jika Anda berkomentar dengan lebih dari 5 link aktif, komentar memang akan dipublikasi di blog dan link akan tetap aktif, akan tetapi dengan adanya sistem spam ini, komentar Anda akan hilang secara otomatis dalam hitungan menit.

    Hal ini dilakukan Google untuk menghindari adanya promosi web dengan cara yang berlebihan (spam), maka dari itu, jika Anda ingin melakukan blogwalking, usahakan untuk tidak melakukan promosi dengan menggunakan link aktif secara berlebihan, karena tanpa Anda sadari, tindakan itu akan terdeteksi oleh Google dan komentar akan terhapus.

    Bagaimana dengan link mati?
    Untuk link mati, setahu saya Google tidak menerapkan sistem spam untuk link mati, jadi Anda dapat sebebasnya mempromosikan blog dengan blogwalking.

    7. Gunakan OpenID
    OpenID adalah salah satu pilihan yang dapat dipilih pada saat melakukan pemilihan profil untuk dapat berkomentar di blog yang menggunakan platform Blogger. Sebenarnya, berkomentar dengan menggunakan OpenID sama saja halnya dengan menggunakan Name/URLs.
    Untuk beberapa alasan tertentu, terkadang seorang admin blog memilih untuk menonaktifkan fitur Name/URLs. Nah pada saat admin blog mematikan fitur inilah, Anda dapat menggunakan menggunakan OpenID untuk berkomentar untuk mendapatkan backlink.
    8. Hindari berkomentar dengan melakukan SPAM
    Dalam melakukan blogwalking, tindakan SPAM adalah hal yang wajib Anda hindari.

    Spam yang dimaksud disini adalah berkomentar dengan cara yang berlebihan, mulai dari berkomentar lebih dari 1 kali pada sebuah artikel, meninggalkan terlalu banyak link aktif (yang merugikan pemilik blog target blogwalking), ataupun berkomentar dengan kata-kata yang tidak sesuai dengan topik yang dibahas pada artikel tersebut.

    Tindakan itu sangat salah!
    Blogwalking sebaiknya dilakukan sekedar hanya untuk melakukan silaturahmi sekaligus mempromosikan blog, dan bukan untuk menjatuhkan blog lain, jadi saya sarankan, lakukanlah blogwalking dengan cara yang sesopan mungkin.

    Selain itu, jika Anda melakukan blogwalking secara membabibuta (spam), rating blog Anda dimata Google ataupun pembaca yang mengetahui tindakan Anda tersebut akan menurun, seiring dengan buruknya perilaku Anda tersebut.

    9. Hargai pemilik blog
    Jika Anda ingin dihargai oleh orang lain, hargai lah orang lain terlebih dahulu

    Hal terakhir yang terkadang dilupakan seorang blogger dalam melakukan blogwalking adalah sikap untuk menghargai blog yang menjadi target blogwalking Anda.

    Dalam melakukan blogwalking, hindari untuk berkata kata kasar ataupun hal hal yang seharusnya tidak diucapkan pada saat berkomentar, paling tidak, cobalah untuk berkomentar dengan topik yang sesuai dengan apa yang dituliskan pada artikel yang Anda baca, baru setelah itu mempromosikan blog.

    Jika Anda tidak melakukan hal tersebut, bisa jadi usaha Anda untuk melakukan blogwalkin menjadi sia sia.

    1. Sistem moderasi sangatlah menakutkan
    Jika Anda tidak menghormati pemilik blog pada saat melakukan blogwalking, bisa jadi komentar yang Anda tinggalkan tidak akan dipublish oleh pemilik blog. Komentar tidak dipublish=blogwalking menjadi sia sia
    2. Komentar akan dihapus
    Walaupun Anda berkomentar sebanyak seribu kali, namun jika admin blog murka karena Anda berkomentar secara bertubi tubi, promosi blog yang berlebihan, berkomentar OOT (Out of topic), ribuan komentar Anda dapat dihapus dalam hitungan detik.
    Susah susah memecahkan CAPTHA (karena berkomentar secara Spam), kuota habis, tenaga habis namun semua usaha tersebut akhirnya menjadi sia sia tentunya adalah hal yang sangat menjengkelkan.

    Maka dari itu, jika ingin blogwalking Anda sukses, setidaknya, cobalah untuk pikirkan perasaan dari pemilik blog target blogwalking.

    Penutup
    Selain blogwalking, masih ada metode lain yang dapat Anda coba sebagai bentuk usaha untuk dapat meningkatkan visitor blog Anda, seperti memperbanyak jumlah backlink, melakukan optimasi seo on-page atau optimasi seo off-page, ataupun meningkatkan frekuensi update blog Anda.
    Blogwalking semata mata dilakukan hanya untuk promosi blog yang bertujuan untuk meningkatkan traffic blog, jadi, selain tips yang saya berikan diatas, silahkan buat atau kreasikan sendiri teknik blogwalking yang cocok untuk Anda.
     
    Last edited by a moderator: May 13, 2017
  2. Pengajar

    Pengajar Administrator Staff Member

    Messages:
    179
    Like Diterima:
    2
    Trophy Points:
    18
    Joined
    Feb 3, 2016
    D
     
.
Loading...
×
beli pulsa online dengan harga murah